Dengar Curhatan Pelaku Ekraf di Bintan, Menparekraf Hadirkan Inovasi Ciptakan Produk Berkualitas

Oleh : Ridwan | Senin, 18 September 2023 - 07:30 WIB

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Bintan
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Bintan

INDUSTRY.co.id - Bintan - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno hadir memberikan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Event tersebut diikuti 200 pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Kabupaten Bintan merupakan lokasi ke-32 (tiga puluh dua) dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023.

Menparekraf mengatakan, program KaTa Kreatif ini diciptakan untuk menampung masukan-masukan, serta memperkuat ekosistem para pelaku ekonomi kreatif (ekraf).

"Melalui kegiatan ini, kami ingin mendengar masukan dan harapan dari pelaku ekraf, sehingga nantinya dapat meningkatkan usaha mereka dan menciptakan lapangan kerja," kata Menparekraf di Kabupaten Bintan (17/9).

Dijelaskan Sandi, Kabupaten Bintan memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor fesyen, kuliner, kriya dan fofografi. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf 

Selain itu, Bintan juga masuk posisi tiga besar sebagai destinasi pariwisata favorit bagi wisatawan mancanegara (wisman) setelah Bali dan Jakarta.

"Potensi ini harus dimanfaatkan pelaku ekraf dengan sebaik-baiknya melalui inovasi produk-produk, sehingga nantinya bagaimana bisa menciptakan lapangan kerja yang luas untuk kebangkitan ekonomi pascapandemi," terangnya.

Menurut Menparekraf, produk-produk pelaku ekraf di Kabupaten Bintan memiliki kualitas yang sangat baik, bahkan ada beberapa yang kualitasnya internasional. Namun, ada juga beberapa yang harus ditingkatkan mulai dari sisi kemasan produk, aspek branding nya, dan juga dari aspek permodalannya.

"Tadi ada beberapa pelaku ekraf yang 'curhat' terkait bantuan permodalan yang polanya bukan pinjaman, ada juga yang menginginkan adanya pembinaan. Sebenarnya yang dibutuhkan itu adalah bimbingan, sehingga nantinya mereka mampu menciptakan produk-produk yang berkualitas, dan dapat menjaga stabilitas ekonominya agar beban hidup masyarakat yang meningkat ini dapat mereka atasi dengan peningkatan usaha mereka," paparnya.

Menteri Sandiaga Uno menegaskan bahwa pihaknya terus mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dengan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya. 

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga terus memberikan penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kabupaten Bintan dengan komitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat.

Berbeda dengan kegiatan Workshop sebelumnya, pada kesempatan ini dilakukan kolaboraksi kegiatan dengan Direktorat Manajemen Industri dari Deputi Bidang Industri dan Investasi yang hadir mengenalkan sistem Online Single Submission (OSS) pada pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Bintan. 

Tak hanya disitu saja, pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Bintan berkesempatan untuk mendapatkan pendampingan dalam mendaftarkan usahanya dan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara langsung di lokasi.

"Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Bintan ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat berdaya saing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya, serta dapat meningkatkan sinergisitas antar pemangku kepentingan dalam rangka penguatan jejaring diantara para pelaku ekonomi kretaif," tandas Menparekraf.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bintan Roby Kurniawan mengapresiasi kehadiran Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Kabupaten Bintan. 

Menurutnya, kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno mampu menghadirkan inovasi-inivasi yang sangat luar biasa untuk meningkatkan UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Bintan.

"Tentunya dengan kegiatan ini kami harapkan UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Bintan dapat naik kelas, tidak hanya go nasional tetapi go internasional," tutup Roby.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…

Komunitas Rumpies Hadiri Perayaan Cap Gomeh sebagai Bentuk Penghormatan Terhadap Tradisi dan Budaya

Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:41 WIB

Komunitas Rumpies Hadiri Perayaan Cap Gomeh sebagai Bentuk Penghormatan Terhadap Tradisi dan Budaya

Cap Gomeh adalah perayaan Tionghoa yang dirayakan pada hari kelima belas bulan pertama dalam kalender Tionghoa, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek.