Dengar Curhatan Pelaku Ekraf di Bintan, Menparekraf Hadirkan Inovasi Ciptakan Produk Berkualitas

Oleh : Ridwan | Senin, 18 September 2023 - 07:30 WIB

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Bintan
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Bintan

INDUSTRY.co.id - Bintan - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno hadir memberikan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Event tersebut diikuti 200 pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Kabupaten Bintan merupakan lokasi ke-32 (tiga puluh dua) dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023.

Menparekraf mengatakan, program KaTa Kreatif ini diciptakan untuk menampung masukan-masukan, serta memperkuat ekosistem para pelaku ekonomi kreatif (ekraf).

"Melalui kegiatan ini, kami ingin mendengar masukan dan harapan dari pelaku ekraf, sehingga nantinya dapat meningkatkan usaha mereka dan menciptakan lapangan kerja," kata Menparekraf di Kabupaten Bintan (17/9).

Dijelaskan Sandi, Kabupaten Bintan memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor fesyen, kuliner, kriya dan fofografi. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf 

Selain itu, Bintan juga masuk posisi tiga besar sebagai destinasi pariwisata favorit bagi wisatawan mancanegara (wisman) setelah Bali dan Jakarta.

"Potensi ini harus dimanfaatkan pelaku ekraf dengan sebaik-baiknya melalui inovasi produk-produk, sehingga nantinya bagaimana bisa menciptakan lapangan kerja yang luas untuk kebangkitan ekonomi pascapandemi," terangnya.

Menurut Menparekraf, produk-produk pelaku ekraf di Kabupaten Bintan memiliki kualitas yang sangat baik, bahkan ada beberapa yang kualitasnya internasional. Namun, ada juga beberapa yang harus ditingkatkan mulai dari sisi kemasan produk, aspek branding nya, dan juga dari aspek permodalannya.

"Tadi ada beberapa pelaku ekraf yang 'curhat' terkait bantuan permodalan yang polanya bukan pinjaman, ada juga yang menginginkan adanya pembinaan. Sebenarnya yang dibutuhkan itu adalah bimbingan, sehingga nantinya mereka mampu menciptakan produk-produk yang berkualitas, dan dapat menjaga stabilitas ekonominya agar beban hidup masyarakat yang meningkat ini dapat mereka atasi dengan peningkatan usaha mereka," paparnya.

Menteri Sandiaga Uno menegaskan bahwa pihaknya terus mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dengan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya. 

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga terus memberikan penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kabupaten Bintan dengan komitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat.

Berbeda dengan kegiatan Workshop sebelumnya, pada kesempatan ini dilakukan kolaboraksi kegiatan dengan Direktorat Manajemen Industri dari Deputi Bidang Industri dan Investasi yang hadir mengenalkan sistem Online Single Submission (OSS) pada pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Bintan. 

Tak hanya disitu saja, pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Bintan berkesempatan untuk mendapatkan pendampingan dalam mendaftarkan usahanya dan mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara langsung di lokasi.

"Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Bintan ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat berdaya saing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya, serta dapat meningkatkan sinergisitas antar pemangku kepentingan dalam rangka penguatan jejaring diantara para pelaku ekonomi kretaif," tandas Menparekraf.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bintan Roby Kurniawan mengapresiasi kehadiran Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Kabupaten Bintan. 

Menurutnya, kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno mampu menghadirkan inovasi-inivasi yang sangat luar biasa untuk meningkatkan UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Bintan.

"Tentunya dengan kegiatan ini kami harapkan UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Bintan dapat naik kelas, tidak hanya go nasional tetapi go internasional," tutup Roby.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:18 WIB

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Jakarta – Dalam rangka memperluas penggunaan produk perbankan syariah Bank DKI, khususnya di dunia pendidikan, Bank DKI bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta sepakat menjalin kerja…

UMKM binaan BRI yang mendapatkan pendampingan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 03:55 WIB

Portofolio Kredit UMKM Terbesar di Indonesia, Peran Nyata BRI Topang Perekonomian Nasional

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan komitmen dalam menopang perekonomian nasional melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).