Menparekraf: Gelaran Bintan Golf Challenge Mampu Ciptakan Perputaran Ekonomi Capai USD 400 Ribu

Oleh : Ridwan | Senin, 18 September 2023 - 06:00 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno

INDUSTRY.co.id - Bintan - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengikuti gelaran turnamen golf berkelas internasional bertajuk 'Bintan Golf Challenge' di Ria Bintan Golf Club. 

Tahun ini adalah kali ketiga event ini diadakan setelah kesuksesan pergelaran yang pertama di Bali Golf Challenge dan yang kedua di Belitung Golf Challenge.

Turnamen golf paling prestisius ini diikuti lebih dari 400 pegolf dari nusantara maupun mancanegara. 

Menparekraf menyebut bahwa event berskala international ini sebagai bagian dari upaya mendorong pemulihan kunjungan wisatawan khususnya di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Setelah pandemi, pariwisata di Bintan dan Kepri belum sepenuhnya pulih, namun sudah mulai menggeliat. Oleh karena itu, melalui momentum Bintan Golf Challenge ini diharapkan dapat membuka peluang usaha, meningkatkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga Uno di Bintan, Kepri (17/9).

Dijelaskan Sandiaga Uno, event Bintan Golf Challenge ini juga bagian daripada menggerakkan 1,2 - 1,4 miliar wisatawan nusantara (wisnus), sehingga dapat menggerakkan ekonomi lokal khususnya di Kabupaten Bintan yang memang dahulu menjadi andalan.

"Tantangan ini kita jawab dengan event-event berkualitas dan diharapkan ini akan terus bergulir agar ekonomi di Kepri dapat kembali bangkit. Kepri ini memiliki banyak potensi dan didukung dengan SDM yang sudah terlatih, diharapkan dengan kolaborasi pemerintah pusat dan daerah dapat membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi di Kepri," papar Sandiaga Uno.

Menparekraf memperkirakan perputaran ekonomi dari gelaran 'Bintan Golf Challenge' ini mencapai 300 - 400 ribu dolar AS. 

"Kalau kita hitung antara 1000 dolar per pack, maka event ini akan menghadirkan perputaran ekonomi mencapai 300 - 400 ribu dolar AS," ucapnya.

Dirinya juga menyebut bahwa salah satu cara untuk memulihkan pariwisata adalah dengan menggelar event wisata minat khusus atau wisata olahraga (sport tourism), agar market dari negara tetangga bisa tertarik untuk datang.

“Golf ini biasanya ramai di akhir pekan, tapi ada beberapa pekerjaan rumah terkait VoA dan entry fee yang perlu kita terus upayakan supaya lebih terjangkau agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Bintan. Bukan hanya wisata minat khusus saja tapi juga peningkatan ekonomi bagi UMKM,” ujarnya.

Menurut Sandiaga Uno, wisata golf menjadi wisata yang berkualitas karena waktu kunjungan (length of stay) seorang wisatawan menjadi lebih lama karena ingin bermain golf beberapa kali.

Terlebih golf juga membuat quality of spending atau jumlah biaya yang dikeluarkan oleh seorang wisatawan menjadi lebih tinggi sehingga sangat berpengaruh terhadap kebangkitan pariwisata.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…

Komunitas Rumpies Hadiri Perayaan Cap Gomeh sebagai Bentuk Penghormatan Terhadap Tradisi dan Budaya

Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:41 WIB

Komunitas Rumpies Hadiri Perayaan Cap Gomeh sebagai Bentuk Penghormatan Terhadap Tradisi dan Budaya

Cap Gomeh adalah perayaan Tionghoa yang dirayakan pada hari kelima belas bulan pertama dalam kalender Tionghoa, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek.