Menparekraf: Gelaran Bintan Golf Challenge Mampu Ciptakan Perputaran Ekonomi Capai USD 400 Ribu

Oleh : Ridwan | Senin, 18 September 2023 - 06:00 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno

INDUSTRY.co.id - Bintan - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengikuti gelaran turnamen golf berkelas internasional bertajuk 'Bintan Golf Challenge' di Ria Bintan Golf Club. 

Tahun ini adalah kali ketiga event ini diadakan setelah kesuksesan pergelaran yang pertama di Bali Golf Challenge dan yang kedua di Belitung Golf Challenge.

Turnamen golf paling prestisius ini diikuti lebih dari 400 pegolf dari nusantara maupun mancanegara. 

Menparekraf menyebut bahwa event berskala international ini sebagai bagian dari upaya mendorong pemulihan kunjungan wisatawan khususnya di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Setelah pandemi, pariwisata di Bintan dan Kepri belum sepenuhnya pulih, namun sudah mulai menggeliat. Oleh karena itu, melalui momentum Bintan Golf Challenge ini diharapkan dapat membuka peluang usaha, meningkatkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga Uno di Bintan, Kepri (17/9).

Dijelaskan Sandiaga Uno, event Bintan Golf Challenge ini juga bagian daripada menggerakkan 1,2 - 1,4 miliar wisatawan nusantara (wisnus), sehingga dapat menggerakkan ekonomi lokal khususnya di Kabupaten Bintan yang memang dahulu menjadi andalan.

"Tantangan ini kita jawab dengan event-event berkualitas dan diharapkan ini akan terus bergulir agar ekonomi di Kepri dapat kembali bangkit. Kepri ini memiliki banyak potensi dan didukung dengan SDM yang sudah terlatih, diharapkan dengan kolaborasi pemerintah pusat dan daerah dapat membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi di Kepri," papar Sandiaga Uno.

Menparekraf memperkirakan perputaran ekonomi dari gelaran 'Bintan Golf Challenge' ini mencapai 300 - 400 ribu dolar AS. 

"Kalau kita hitung antara 1000 dolar per pack, maka event ini akan menghadirkan perputaran ekonomi mencapai 300 - 400 ribu dolar AS," ucapnya.

Dirinya juga menyebut bahwa salah satu cara untuk memulihkan pariwisata adalah dengan menggelar event wisata minat khusus atau wisata olahraga (sport tourism), agar market dari negara tetangga bisa tertarik untuk datang.

“Golf ini biasanya ramai di akhir pekan, tapi ada beberapa pekerjaan rumah terkait VoA dan entry fee yang perlu kita terus upayakan supaya lebih terjangkau agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Bintan. Bukan hanya wisata minat khusus saja tapi juga peningkatan ekonomi bagi UMKM,” ujarnya.

Menurut Sandiaga Uno, wisata golf menjadi wisata yang berkualitas karena waktu kunjungan (length of stay) seorang wisatawan menjadi lebih lama karena ingin bermain golf beberapa kali.

Terlebih golf juga membuat quality of spending atau jumlah biaya yang dikeluarkan oleh seorang wisatawan menjadi lebih tinggi sehingga sangat berpengaruh terhadap kebangkitan pariwisata.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Press Conference Telapak

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:09 WIB

Sebut Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PTVI, Telapak Sampaikan Rekomendasi

Perkumpulan Telapak Indonesia (Telapak), sebuah perkumpulan aktivis LSM, praktisi bisnis, akademisi, afiliasi media, serta masyarakat adat, menyampaikan rekomendasi kepada tiga pihak yakni PT…

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:42 WIB

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Cedera olahraga seringkali menjadi kendala yang menghalangi para atlet dan olahragawan, bahkan sport enthusiast, untuk mencapai performa terbaiknya. Namun, dengan pendekatan penanganan yang…

Ritel modern (Ist)

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:10 WIB

Kemenperin Beberkan Sulitnya Produk IKM Masuk Ritel Modern

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membeberkan permasalahan sulitnya produk-produk hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) masuk ke ritel modern di Tanah Air.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Jumat, 14 Juni 2024 - 13:48 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima dari Courtesy Call (CC) Commanding General United States Army Pacific,Jenderal Samuel J. Paparo, yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan pertamanya…

HokBen Berkolaborasi dengan PMI Gelar Aksi Donor Darah di 39 Mall di Indonesia

Jumat, 14 Juni 2024 - 13:31 WIB

HokBen Berkolaborasi dengan PMI Gelar Aksi Donor Darah di 39 Mall di Indonesia

enyambut Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 Juni, HokBen berkolaborasi dengan PMI (Palang Merah Indonesia) mengadakan kegiatan donor darah di 39 Mall Partner yang tersebar…