BPS: Ekspor Pertanian Agustus 2023 Meningkat

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 16 September 2023 - 11:07 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekspor pertanian pada Agustus 2023 meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Peningkatan disebut mencapai 3,36 persen.

"Sektor pertanian memberikan kontribusi sebesar 390,2 juta dolar AS," ungkap Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti pada saat memberikan keterangan pada konferensi pers BPS, Jumat, 15 September 2023, secara daring.

Tercatat pada bulan Juli 2023, ekspor pertanian mencapai 377,5 juta dólar AS. Sehingga terdapat kenaikan sebesar 12,7 juta dólar AS pada kinerja ekspor pertanian bulan Agustus 2023.

Amalia mengatakan, ekspor non migas di bulan Agustus 2023 mencapai 20,69 miliar dolar AS atau mengalami kenaikan sebesar 5,35 persen apabila dibandingkan bulan sebelumnya. Kinerja ekspor bulan Agustus ini didorong oleh kenaikan ekspor non migas terutama untuk kelompok biji logam, lemak dan minyak hewan nabati.

BPS juga menyoroti adanya kenaikan pada ekspor minyak kelapa sawit. Amalia menyebut, nilai ekspor minyak kelapa sawit pada Agustus 2023 mengalami kenaikan sebesar 5,32 persen dibanding bulan sebelumnya dengan total share mencapai 11,60 persen.

”Kenaikan nilai ekspor minyak kelapa sawit secara bulanan dikontribusikan oleh peningkatan volume ekspor yang naik sekitar 27,74 ton," sebut Amalia.

Diketahui, kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan Indonesa yang dikelola Kementerian Pertanian (Kementan) melalui program peremajaan sawit rakyat (PSR). Sementara pada tahun 2022, sektor perkebunan juga merupakan penyumbang ekspor terbesar yang mencapai Rp. 600,5 triliun atau berkontribusi sebesar 88,11 persen.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan bahwa komoditas perkebunan selama ini menjadi andalan ekspor untuk memperkuat perekonomian nasional. Perkebunan juga berkontribusi terhadap lapangan kerja di seluruh Indonesia.

"Komoditas-komoditas unggulan perkebunan seperti kelapa sawit, karet, kelapa, kopi, kakao, teh, rempah-rempah dan lainnya tetap menjadi komoditas yang kami unggulkan untuk peningkatan ekspor," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…