Pentingnya Public Speaking dalam Berwirausaha : OK OCE Selenggarakan Seminar Offline

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 16 September 2023 - 10:48 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dalam era yang semakin terhubung secara global dan teknologi yang terus berkembang, kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) telah menjadi keterampilan yang sangat berharga, tak terkecuali pada bidang wirausaha. Oleh sebab itu, OK OCE Indonesia menyelenggarakan seminar offline  Speak, Lead, Success: Mastering the Business of Public Speaking yang bertemakan “Menguasai Bisnis melalui Public Speaking” pada Kamis (09/15) di kantor OK OCE Kemanusiaan. Acara ini dihadiri oleh sejumlah kalangan mahasiswa dan umum. 

Ariel menyoroti bahwa era di mana public speaking hanya dilakukan di depan banyak orang telah berubah. Kini, kita sering berbicara di depan perangkat genggam kita, seperti dalam siaran langsung di TikTok. Ini mencerminkan perubahan dramatis dalam cara bisnis beroperasi, terutama dengan munculnya model bisnis online shop yang lebih sederhana, murah, dan populer.

Selain itu, dalam diskusi menariknya Ariel berpendapat bahwa seperti bermain bola, hanya memiliki pengetahuan teoretis tentang public speaking tidak akan cukup. Ariel mendorong individu untuk mengambil tindakan nyata dan terlibat secara praktis dalam public speaking, bahkan jika itu berarti memulai dari level dasar. Menurutnya, praktik rutin, pengembangan outline materi yang baik, pemahaman yang mendalam tentang audiens, dan menjadi diri sendiri dalam berbicara di depan umum adalah langkah-langkah penting dalam menguasai keterampilan berbicara di depan umum.

Menurutnya, hal yang paling penting dalam menguasai bisnis melalui public speaking adalah storytelling. Namun, sebagai pengusaha, kita tetap harus memiliki tujuan yang jelas, value, dan membangun hubungan emosional dengan pelanggan sehingga apa yang kita sampaikan nantinya tersampaikan dengan baik. Selain itu, dalam komunikasi bisnis, kita juga harus tau apa yang ingin kita promosikan, menjelaskan dengan baik alasan mengapa harus membeli produk kita, serta apa yang membedakan produk kita dengan yang lain sehingga dapat dikatakan unik.

Tidak Menguasai Materi : Penyebab Stuttering

Komunikasi terjalin dua arah, beberapa peserta seminar pagi itu mengutarakan pendapatnya serta mempertanyakan apa keluh kesahnya saat melakukan public speaking.  Anggara, salah satu peserta seminar, bertanya “kalau public speaking tidak selalu prepare dan belum buat outline, bagaimana mengatasi stutter saat nge-blank dan bagaimana melatih gesture saat public speaking agar audience lebih tertarik dan stay focused?”

Ariel menekankan bahwa saat kita mendadak harus berbicara, yang terpenting adalah kita mengetahui kegiatannya dan kita menguasai materi dengan baik. “Penyebab stuttering adalah ketika pembicara tidak menguasai materi, sehingga mereka bingung dan mati gaya” tambahnya. Oleh karena itu, tips public speaking yaitu mengetahui dan memahami apa yang ingin kita utarakan, jangan terlalu kaku, dan saat jangan melakukan gestur yang berlebihan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…