SILO Berkomitmen Pacu Layanan Digital
Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 September 2023 - 15:10 WIB

RS Siloam (Foto ist)
INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor pelayanan kesehatan, berkomitmen meningkatkan layanan digital melalui aplikasi MySiloam untuk memberikan pelayanan yang terintegrasi terhadap pasien.
Presiden Komisaris SILO sekaligus Group CEO LPKR John Riady Jumat ( 15/9/2023) nmenyampaikan bahwa SILO terus berinvestasi dalam kemampuan dan keterlibatan platform pasien digital untuk lebih meningkatkan pengalaman pasien. Tujuannya agar pasien mendapatkan layanan yang lebih prima dan terintegrasi.
Saluran digital ini termasuk Aplikasi MySiloam, situs web Siloam, pusat kontak khusus, dan nomor WhatsApp khusus. Seiring dengan meningkatnya popularitas saluran digital SILO, jumlah pasien yang diperoleh secara digital juga meningkat. Saluran Digital Siloam termasuk Live Chats dan WhatsApp berkontribusi 19% atau sekitar 300.000 pemesanan terhadap total Kunjungan Rawat Jalan pada Semester I/2023. Per Juni 2023, aplikasi MySiloam telah diunduh lebih dari 1,7 juta pengguna. Rata-rata pengguna aktif bulanan mencapai 135.000 pasien dan rata-rata tingkat engagement lebih dari 77%.
Peningkatan saluran digital MySiloam turut mendorong SILO mencatatkan kinerja positif pada paruh pertama 2023. Kinerja SILO ini tentu saja berimbas positif terhadap induk usahanya LPKR yang merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 58,05%.
Seperti diketahui, SILO membukukan pendapatan sebesar Rp4,09 triliun, naik 19,1% YoY pada Semester I/2023. EBITDA juga tumbuh menjadi Rp1,2 triliun, naik 47,6% YoY dan laba bersih Rp516 miliar melonjak 142,5% YoY. Volume Penerimaan Rawat Inap, Hari Rawat Inap, dan Rawat Jalan pada Semester I/2023 tercatat 142.961 pasien, 451.518 hari, dan 1.835.666 pasien, dan masing-masing tumbuh 33,7%, 22,7%, dan 29,9% dibandingkan dengan 1H/2022.
Selama pandemi Covid-19 tercatat peningkatan yang signifikan dalam adopsi platform digital MySiloam dengan jumlah unduhan aplikasi yang terus meningkat. Saluran pasien digital Siloam telah dikonsolidasikan dan pasien sekarang dapat mengakses pemeriksaan dan pengujian medis. Aplikasi MySiloam juga memungkinkan pasien untuk membuat janji temu dan mendapatkan keuntungan yang signifikan mengenai informasi tentang daftar lengkap perawatan yang tersedia di Rumah Sakit Siloam
Selain layanan teleconsultation dengan MySiloam App, SILO menyediakan layanan homecare untuk pasien yang secara fisik tidak dapat datang mengunjungi dokter. Dengan fasilitas ini, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter Siloam dalam kenyamanan rumah mereka. Kemampuan layanan digital Siloam seperti express check-out, rekam medis digital, laboratorium digital dan radiologi digital, tele-chat dan tele-konsultasi telah mempertahankan posisi SILO sebagai terdepan di industri kesehatan. SILO saat ini mengoperasikan 41 rumah sakit yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia.
Baca Juga
Siapkan Buyback Saham Rp300 Miliar, SIG Tegaskan Fundamental Kuat…
Top! Pendapatan Kobexindo Tractors (KOBX) Tumbuh 7,1% Sepanjang 2024,…
Proyek Pengendali Banjir DAS Serang Rampung, Lindungi Kawasan Strategis…
Digiland Kembali Digelar Mei 2025, Hadirkan Ajang Lari Berstandar…
Permintaan Produk Beton Precast Meningkat, WSBP Catatkan Pertumbuhan…
Industri Hari Ini

Sabtu, 19 April 2025 - 13:58 WIB
Dana Aman, Transaksi Non-Tunai KJP Plus Tetap Lancar Lewat EDC Bank DKI
Bank DKI memastikan layanan transaksi non-tunai bagi penerima manfaat Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus tetap berjalan normal, khususnya untuk transaksi menggunakan mesin EDC milik Bank DKI.

Sabtu, 19 April 2025 - 12:28 WIB
Penghapusan Kuota Impor Bikin 70% Pengusaha Tekstil Pilih Banting Setir jadi Pedagang
Wakil Ketua Umum API, Ian Syarif mengatakan kebijakan penghapusan kuota impor berpotensi membuat pengusaha tidak lagi berminat pada industri tekstil nasional. Dirinya memperkirakan sekitar 70%…

Sabtu, 19 April 2025 - 10:08 WIB
Dorong Kolaborasi Multi Sektor dalam Upaya Konservasi Hulu ke Hilir, AQUA Terapkan Pembayaran Jasa Lingkungan
Melihat langsung proses konservasi berbasis Daerah Aliran Sungai (DAS) dan implementasi skema Pembayaran Jasa Lingkungan (PJL) yang dikembangkan oleh AQUA Klaten bersama mitra di Sub DAS Pusur,…

Sabtu, 19 April 2025 - 09:37 WIB
Kinerja Mandiri Utama Finance (MUF) Kuartal I-2025 Menunjukkan Ketahanan di Tengah Tantangan Ekonomi
Jakarta– PT Mandiri Utama Finance (MUF), anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang bergerak di sektor pembiayaan, memperkuat posisinya dengan kinerja solid sepanjang kuartal pertama tahun…

Sabtu, 19 April 2025 - 09:05 WIB
Menperin Agus Rayu Arab Saudi Tingkatkan Investasi di Sektor Industri Petrokimia Hingga Hilirisasi Mineral
Indonesia dan Arab Saudi terus berupaya meningkatkan kerja sama yang komprehensif di berbagai bidang, termasuk di sektor industri. Kedua negara telah memiliki hubungan diplomatik yang sudah…
Komentar Berita