Amvesindo Tampil dengan Wajah Baru, Konsisten Tumbuhkan Industri Modal Ventura

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 15 September 2023 - 09:05 WIB

Eddi Danusaputro, Ketua Umum AMVESINDO
Eddi Danusaputro, Ketua Umum AMVESINDO

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) memperkenalkan logo baru sejalan dengan pertumbuhan ekonomi digital yang berkembang pesat di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara, termasuk peningkatan wirausaha dan profil demografi yang mayoritas adalah usia produktif.

Ekonomi digital Indonesia yang diperkirakan memiliki potensi 8 milyar dolar AS pada tahun 2030 sesuai yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI - Airlangga Hartarto, merupakan 41% dari populasi Asia Tenggara memperkuat posisi Amvesindo sebagai pendukung inovasi serta venture capitalists dan founders / entrepreneur generasi selanjutnya.

“Indonesia dengan demografi muda mengindikasikan akan adanya venture capitalists dan entrepreneur baru yang terus bertumbuh dan menghadirkan inovasi yang mendorong perubahan. Karena itu, Amvesindo memutuskan untuk memperbaharui logo kami, agar kehadiran industri modal ventura lebih terasa kuat dan konsisten dalam menumbuhkan ekosistem pendukung inovasi dan founders / entrepreneurs,” Ketua Amvesindo, Eddi Danusaputro, mengatakan.

“Pembaruan logo merupakan salah satu inisiatif strategis yang dijalankan di tahun 2023 oleh kepengurusan Amvesindo tahun 2022 – 2025. Amvesindo memiliki keinginan kuat bahwa sebagai asosiasi industri venture capital, kami menjadi bagian dari perjalanan Indonesia tentang bagaimana kemajuan, kesejahteraan dan semangat kita turut membentuk masa depan Indonesia, di kompetisi yang pesat di Indonesia, kawasan Asia Tenggara dan global,” Eddi Danusaputro melanjutkan.

Logo Amvensindo memiliki filosofi, yaitu logo yang berwarna biru dan hijau dengan huruf V yang merefleksikan kenaikan, dimaknai dengan kolaborasi, agility atau tangkas serta terus menerus belajar yang merupakan salah satu karakter penting bagi founder, dan startup life cycle.

Kolaborasi ditandai dengan elemen interkonektivitas, sebagai simbo dari partnership, kepercayaan dan harmoni. Sementara huruf A dalam logo Amvesindo yang mengartikan professional, timeliness dan modern. Agility atau Tangguh ditandai oleh warna yang menandai kedalaman atau depth dan memiliki perspektif yang kuat, sedangkan Startup life cycle ditandai oleh grafik dalam logo, yang menandai founders melewati tahap-tahap dalam menumbuhkan startup nya.

Program yang dilaksanakan bersamaan dengan logo baru diantaranya adalah melanjutkan kerjasama dan memberikan pandangan tentang industri modal ventura kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mempermudah akses kepada para anggota untuk berelasi kepada Perusahaan Modal Ventura (PMV)/Venture Capital (VC), networking untuk kolaborasi, promosi perusahaan anggota di kanal Amvesindo dan program Amvesindo Institute dalam bentuk mentorship dan edukasi untuk penguatan industri modal ventura dan generasi selanjutnya venture capitalist dan founder.  

Amvesindo konsisten mencapai visinya yaitu menjadi organisasi yang berperan aktif membangun industri modal ventura secara profesional dan berkontribusi signifikan dalam pertumbuhan UMKM dan Perusahaan rintisan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Sedangkan misi Amvesindo adalah:

1.      Membangun komunikasi dan menjadi wadah kerjasama antar anggota yang saling

menguntungkan agar tercipta suatu organisasi yang sehat.

2.      Menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan industri modal ventura di

Indonesia.

3.      Meningkatkan kepercayaan UMKM dan perusahaan rintisan digital terhadap sektor

perusahaan modal ventura.

4.      Membangun kemampuan dalam industri Modal Ventura untuk melaksanakan sikap

“good corporate citizenship”.

Industri modal ventura mencatatkan kinerja positif pada Semester 1 Tahun 2023, dimana terdapat peningkatan aset secara konsisten yang mencapai total 27,35 Triliun Rupiah pada Juni 2023 sebagai gabungan aset Perusahaan Modal Ventura (PMV) konvensional dan PMV syariah, serta meningkat dari 25,94 Triliun Rupiah pada Desember 2022.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…