Jadi Ketua TPN Ganjar Pranowo, Asosiasi Dunia Usaha Sarankan Ketua Umum Kadin Non Aktif Sementara

Oleh : Herry Barus | Kamis, 14 September 2023 - 09:51 WIB

Anggawira
Anggawira

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral dan Batubara dan Energi Indonesia (ASPEBINDO) memberikantanggapan terkait berita yang menyebutkan keterlibatan Ketua KADIN, Bapak Arsjad Rasjid, dalam rapat TPN Ganjar Pranowo. Menurut Anggawira, penting bagi asosiasi dunia usaha seperti KADIN untuk menjaga sikap netral demi kestabilan ekonomi nasional.

"Kami sangat memahami dan menghargai komitmen individu dalam berkontribusi pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, asosiasi seperti KADIN memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, dan kestabilan ekonomi sangat tergantung pada kestabilan politik. Oleh karena itu, sangat penting bagi KADIN untuk tidak terlalu terlibat dalam dinamika politik praktis," ujar Anggawira di Jakarta (14/9).

Lebih lanjut, Anggawira menambahkan bahwa jika Arsjad Rasjid tetap ingin memegang posisi sebagai Ketua Tim Pemenangan, ada baiknya beliau menonaktifkan diri sementara dari kepengurusan KADIN.

"Ini untuk memastikan bahwa tidak ada benturan kepentingan dan agar KADIN tetap menjaga integritasnya sebagai wadah bisnis yang netral," jelas Sekretaris Jendral Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) itu.

Dia juga menekankan pentingnya dukungan konstruktif dari kalangan usaha.

"Dukungan dari kalangan usaha terhadap pemerintah atau figur politik tidak selalu harus berwujud keterlibatan langsung dalam dinamika politik. Dukungan bisa diwujudkan melalui usulan program konkrit, inovasi, maupun kerjasama sektoral yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat."

Keterlibatan tokoh bisnis dalam dinamika politik nasional selalu menarik perhatian publik. Namun kejelasan posisi dan batasan antara dunia bisnis dengan dunia politik tentu menjadi harapan banyak pihak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…