Jadi Ketua TPN Ganjar Pranowo, Asosiasi Dunia Usaha Sarankan Ketua Umum Kadin Non Aktif Sementara

Oleh : Herry Barus | Kamis, 14 September 2023 - 09:51 WIB

Anggawira
Anggawira

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral dan Batubara dan Energi Indonesia (ASPEBINDO) memberikantanggapan terkait berita yang menyebutkan keterlibatan Ketua KADIN, Bapak Arsjad Rasjid, dalam rapat TPN Ganjar Pranowo. Menurut Anggawira, penting bagi asosiasi dunia usaha seperti KADIN untuk menjaga sikap netral demi kestabilan ekonomi nasional.

"Kami sangat memahami dan menghargai komitmen individu dalam berkontribusi pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, asosiasi seperti KADIN memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, dan kestabilan ekonomi sangat tergantung pada kestabilan politik. Oleh karena itu, sangat penting bagi KADIN untuk tidak terlalu terlibat dalam dinamika politik praktis," ujar Anggawira di Jakarta (14/9).

Lebih lanjut, Anggawira menambahkan bahwa jika Arsjad Rasjid tetap ingin memegang posisi sebagai Ketua Tim Pemenangan, ada baiknya beliau menonaktifkan diri sementara dari kepengurusan KADIN.

"Ini untuk memastikan bahwa tidak ada benturan kepentingan dan agar KADIN tetap menjaga integritasnya sebagai wadah bisnis yang netral," jelas Sekretaris Jendral Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) itu.

Dia juga menekankan pentingnya dukungan konstruktif dari kalangan usaha.

"Dukungan dari kalangan usaha terhadap pemerintah atau figur politik tidak selalu harus berwujud keterlibatan langsung dalam dinamika politik. Dukungan bisa diwujudkan melalui usulan program konkrit, inovasi, maupun kerjasama sektoral yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat."

Keterlibatan tokoh bisnis dalam dinamika politik nasional selalu menarik perhatian publik. Namun kejelasan posisi dan batasan antara dunia bisnis dengan dunia politik tentu menjadi harapan banyak pihak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…