Hati-Hati Modus Penipuan Melalui Call Center Palsu

Oleh : Herry Barus | Kamis, 14 September 2023 - 06:50 WIB

Bank Danamon
Bank Danamon

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Social engineering atau rekayasa sosial adalah bentuk ancaman yang ditujukan bukan kepada sistem komputer, melainkan kepada penggunanya yaitu manusia. Banyaknya penipuan berupa social engineering mengharuskan masyarakat lebih waspada dan teliti. Salah-salah, penipu dapat menipu nasabah untuk mengeksploitasi informasi pribadi dan mengakses data keuangan nasabah. Serangan ini bisa terjadi online maupun offline, atau kombinasi keduanya.

Baru-baru ini, telah ditemukan call center palsu yang diklaim penipu sebagai call center Danamon. Penipu menempatkan informasi palsu mengenai call center Danamon di Google Maps untuk mengelabui calon korban yang ingin mencari alamat cabang Danamon dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Korban pun menghubungi call center palsu tersebut dan diarahkan penipu untuk melanjutkan pembicaraan melalui chat WhatsApp. Setelah itu, penipu mengirimkan file .apk yang ketika diklik memberikan akses kepada data nasabah di bank agar penipu dapat mengosongkan saldo tabungan korban.

“Seiring dengan makin berkembangnya technologi dan digitalisasi, kejahatan perbankan juga makin marak dengan modus yang makin beragam. Oleh karena itu, Danamon mengimbau seluruh Nasabah dan masyarakat untuk melindungi data pribadi dengan senantiasa berhati-hati  dan waspada, serta tidak sembarangan menyerahkan informasi terkait data pribadi kepada pihak-pihak yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Terkait Modus penipuan dengan menggunakan call center palsu ini, Nasabah dan masyarakat diharap mencari dan mengonfirmasi nomor call center sebuah perusahaan di sumber yang terpercaya, seperti Call 108, atau media resmi lainnya antara lain situs resmi perusahaan tersebut. Penting juga untuk diperhatikan bahwa Nasabah tidak sembarangan meng-klik file mencurigakan yang dikirimkan melalui e-mail, WhatsApp, atau SMS,” imbau Kristiani Siwi, Service Quality & Contact Center Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Call center Danamon, yang dinamakan Hello Danamon, merupakan salah satu channel bagi nasabah untuk memperoleh informasi mengenai produk dan layanan, serta menyampaikan keluhan. Dalam rangka memenuhi ekspektasi dan memberikan solusi terbaik kepada nasabah, Danamon senantiasa memberikan pembekalan berupa kemampuan customer service yang mumpuni dan berkelanjutan kepada para agent Hello Danamon. Metode yang dilakukan antara lain melalui pelatihan Service Development, dan berbagai program dan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan, engagement, serta memberikan motivasi dan apresiasi bagi para agent yang berprestasi.

 

Apabila nasabah memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut terkait perbankan, nasabah dapat menghubungi call center Hello Danamon di 1-500-090. Perlu diingat bahwa Danamon tidak pernah meminta data pribadi nasabah, baik password, PIN, ataupun OTP (One-Time Password). Adapun petugas Hello Danamon hanya akan meminta data pribadi nasabah jika nasabah melakukan panggilan ke call center untuk mengajukan permohonan bantuan atau keluhan tertentu.

Seluruh komunikasi resmi Danamon hanya dilakukan melalui media komunikasi resmi berikut:

•             WhatsApp: Danamon Chat 0858-1-1-500-090 (akun terverifikasi dengan centang hijau)

•             Facebook: Bank Danamon (akun terverifikasi dengan centang biru)

•             Twitter: @danamon (akun terverifikasi dengan centang biru)

•             Instagram: @mydanamon (akun terverifikasi dengan centang biru)

•             YouTube: Bank Danamon

•             LinkedIn: PT Bank Danamon Indonesia Tbk

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penerima penghargaan Industry Award 2025

Minggu, 27 Juli 2025 - 11:52 WIB

Warta Ekonomi dan INDUSTRY.co.id Gelar Industry Award 2025: Apresiasi Ketangguhan dan Inovasi Industri Nasional

Di tengah ketidakpastian global akibat konflik geopolitik dan tekanan ekonomi internasional, Warta Ekonomi Group bersama media INDUSTRYcoid menggelar Industry Award 2025 “Strengthening Resilience,…

Volvo memamerkan lima model elektrifikasi andalannya di GIIAS 2025.

Minggu, 27 Juli 2025 - 11:33 WIB

Volvo Car Indonesia Hadir di GIIAS 2025: Tawarkan Mobil Listrik Premium dengan Harga Baru dan Brand Ambassador Marc Klok

Volvo Car Indonesia hadir di GIIAS 2025 dengan harga baru untuk mobil listrik, lima model elektrifikasi unggulan, dan penunjukan Marc Klok sebagai brand ambassador.

(dari kanan) Jony Yuwono - Ketua GP Jamu bersama Irene Umar - Wakil Menteri Ekonomi Kreatif RI di pembukaan Acaraki Jamu Festival Juli 2025.

Minggu, 27 Juli 2025 - 11:14 WIB

Acaraki Jamu Festival Edisi Juli 2025: Hidupkan Tradisi Lewat Permainan Nusantara, Aksara, dan Fashion

Acaraki Jamu Festival Juli 2025 hadirkan semangat baru pelestarian budaya lewat funwalk, permainan tradisional, petisi aksara, dan fashion show bertema Mbok Jamu.

Logo CFX

Minggu, 27 Juli 2025 - 05:52 WIB

Transaksi Derivatif Kripto di Bursa CFX Tembus Rp33,54 Triliun

PT Central Finansial X (CFX) sebagai bursa aset keuangan digital termasuk aset kripto pertama dan satu-satunya di Indonesia mencatat total nilai transaksi derivatif kripto nasional berhasil…

1 Dekade program EDGE untuk Sertifikasi Bangunan Hijau dari IFC di Indonesia.

Sabtu, 26 Juli 2025 - 22:58 WIB

Sertifikasi Bangunan Hijau EDGE dari IFC Capai 10 Tahun, Dorong Perubahan Besar di Indonesia

Program EDGE dari IFC merayakan 10 tahun sertifikasi bangunan hijau di Indonesia. Lebih dari 200 proyek tersertifikasi, termasuk Masjid Istiqlal, berkontribusi mengurangi emisi dan mendorong…