SMESCO Membawa UKM Tradisional ke Era Digital

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 21 Juli 2017 - 16:05 WIB

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dalam sebuah kegiatan Harkopnasdi Tulungagung (Foto Fadli)
Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dalam sebuah kegiatan Harkopnasdi Tulungagung (Foto Fadli)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan perhelatan “SMESCO Business Festival 2017” sebagai acara utama dari peringatan satu dasawarsa SMESCO Indonesia yang diselenggarakan pada  18-21 Juli 2017 di gedung SMESCO Jakarta.  Acara ini bertujuan untuk mendukung perluasan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Selama pelaksanaan Business Festival 2017, SMESCO mengundang lebih dari 1.500 UKM untuk bertemu dengan para buyer dan reseller dalam acara business deal meeting, yang terbagi dalam 3 sesi yaitu: business match-making, retail business penetration dan online marketing.

Keseluruhan kegiatan ini dimaksudkan untuk membuka peluang akses pasar ke ekspor, ritel modern dan akses pasar online. Serangkaian acara yang juga digelar dalam acara ini antara lain adalah Gelar Seni dan Budaya, SMESCO Fashion Show,  Pesta Kuliner Nusantara, dan Lomba Street Music Festival.

Dalam kesempatan ini, sebagai bagian dari komitmen SMESCO untuk memberdayakan dan meningkatkan kemampuan pelaku UMKM, diselenggarakan pula workshop industri kreatif dan serangkaian seminar yang terbuka untuk publik, dengan pembicara dari berbagai perusahaan TI seperti Facebook, Line, dan Verisign. Acara ini memberikan peluang bagi pemilik UKM untuk memahami pentingnya memiliki  situs web untuk mempromosikan bisnis mereka di internet dan bagaimana membuat strategi marketing online yang efektif dan sukses menggunakan nama domain, seperti .com dan .net yang telah dikenal secara global.

Ahmad Zabadi, Direktur Utama LLP-KUKM mengatakan bahwa, “Internet telah menjadi platform terbaik bagi UKM untuk menjangkau audiens mereka secara lokal maupun global. Bisnis yang ingin sukses jangan sampai ketinggalan tren terbaru agar bisa mempertahankan daya saing bisnis mereka.”

Ahmad Zabadi juga menjelaskan bahwa  saat ini, UKM terhubung dengan calon pelanggan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Sedangkan untuk media komunikasi, platform LINE dan WhatsApp lebih sering digunakan. UKM juga harus memilih nama domain yang sesuai sebagai langkah pertama dalam membangun kehadiran online yang andal dan sukses, karena kehadiran online lebih dari sekedar memiliki alamat internet,  tetapi juga sangat terkait dengan semua aktivitas bisnis dan pengembangan brand – sesuatu yang menjadi landasan reputasi dan kredibilitas brand.

Lebih lanjut Ahmad Zabadi menjelaskan bahwa dengan membuat layanan yang bisa diakses menggunakan perangkat mobile, visibilitas bisnis bisa menjangkau audiens yang lebih luas sekaligus meningkatkan daya saing mereka. Ini harus dipahami dan dimanfaatkan oleh pemilik UKM saat ini, di tengah upaya untuk mewujudkan Indonesia menjadi Negara digital ekonomi terbesar pada 2020.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke 4 dunia sebanyak 256 juta jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut, menurut Bank Dunia, penduduk yang termasuk kelas menengah diperkirakan mencapai 134 juta jiwa dengan pendapatan US$ 2 – US$ 20 per hari. Sekitar 1,65% diantaranya adalah pengusaha atau entrepreneur.

Pemerintah bertekad meningkatkan jumlah entrepreneur hingga mencapai kisaran 5% dari jumlah penduduk karena persentase ini merupakan indikator kekuatan ekonomi sebuah Negara. Untuk itu, di tengah era digital saat ini, salah satu upaya untuk mendorong terciptanya entrepreneur adalah dengan memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan dari pemasaran online.

Ade Syah Lubis, Direktur Niagahoster, salah satu peserta pameran SMESCO Business Festival 2017 mengatakan, “Untuk mendapatkan kehadiran online yang kuat perlu memiliki situs web yang sukses menggunakan nama domain yang tepat. Khusus bagi bisnis dengan visi menjangkau pasar global, .com dan .net senantiasa dipercaya berkat ketersediaan, kredibilitas, serta kestabilannya yang tinggi selama lebih dari 18 tahun. UKM di Indonesia belum sepenuhnya memanfaatkan potensi ini dan kontribusi utama SMESCO adalah membawa UKM tradisional ke era digital. Kami pun dengan senang hati akan terus mendukung SMESCO termasuk program pemerintah ‘100.000 UKM Go Online’.”

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…