Menperin Bertemu Dubes Norwegia Bahas Larangan Biofeul

Oleh : Ridwan | Jumat, 21 Juli 2017 - 14:47 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Norwegia untuk Indonesia, Hilde Solbakken
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Norwegia untuk Indonesia, Hilde Solbakken

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga hartarto hari ini menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Norwegia untuk Indonesia, Hilde Solbakken di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta (21/7/2017).

Airlangga mengatakan, dalam pertemuan tersebut kami membahas rencana peraturan pemerintah Norwegia yang melarang pembelian minyak biofuel berbasis kelapa sawit.

"Norwegia mungkin akan menjadi negara pertama du dunia yang akan menetapkan peraturan tersebut. Aturan tersebut akan berlaku sesegera mungkin," ungkap Airlangga.

Seperti diketahui, biofuel berbasis sawit kembali mendapatkan penolakan dari negara Eropa. Kali ini datang dari sidang anggota Parlemen Norwegia yang melakukan voting pada Rabu, (13/6/2017). Mereka mengusulkan kepada pemerintah Norwegia untuk mengatur kebijakan biofuel Norwegia, beberapa di antaranya dirancang untuk menghapus penggunaan minyak sawit dalam biodiesel.

Kebijakan ini didasarkan pada laporan Rainforest Foundation Norway yang menyatakan bahwa bioufuel yang berasal dari CPO dianggap lebih buruk dari bahan bakar fosil karena menimbulkan terjadinya perubahan penggunaan lahan (deforestasi) yang lebih besar dan berbahaya sehingga efeknya terhadap perubahan iklim juga semakin besar.

Airlangga khawatir apabila seruan larangan sawit itu dibiarkan maka hubungan dagang Indonesia dengan negara-negara di Eropa akan terganggu.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

President Director PT Duta Pratama Konsulindo, Eddy Faisal, Kandidat Terkuat Ketua Umum IKPI 2019—2024

Senin, 19 Agustus 2019 - 21:37 WIB

Eddy Faisal Kandidat Terkuat Ketua Umum IKPI 2019—2024

Jakarta-Kongres XI Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), dengan tema “Memperkuat Profesi Konsultan Pajak Indonesia yang Profesional, Bebas, Mandiri dan Bertanggung Jawab,” akan digelar…

Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:35 WIB

Pegadaian Gandeng 18 Perguruan Tinggi Cetak SDM Unggul Bersertifikat

PT Pegadaian (persero) berkomitmen membangun kapasitas sumber daya manusia (SDM) unggul yang dicanangkan pemerintah, ditandai dengan  penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) Program Magang…

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Faktor Penunjang Peretumbuhan Ekonomi Tahun Ini

Secara rata-rata pertumbuhan melambat selama dua triwulan sebelum Pemilu dan menguat rata-rata sebesar 0,7% dalam dua triwulan berikutnya.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.(Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Kuat Pada Paruh Pertama 2019

Penggerak utama pertumbuhan pada triwulan kedua 2019 adalah konsumsi masyarakat maupun swasta.

Serah terima pemberian bantuan multivitamin anak di Palangkaraya. (Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:54 WIB

Kalbe Lakukan Aksi Peduli Bencana Asap Kabut di Palangkaraya

Pemberian masker, multivitamin kesehatan, dan permen pelega tenggorokan kepada masyarakat umum dan beberapa sekolah TK/SD di sekitar Palangaraya.