Pencegahan Kanker Serviks Lebih Optimal dengan Vaksinasi HPV Multivalen

Oleh : Herry Barus | Selasa, 12 September 2023 - 15:21 WIB

Ilustrasi Kanker Serviks (Ist)
Ilustrasi Kanker Serviks (Ist)

INDUSTRY.co.id - Karawaci – RS Siloam Lippo Village, salah satu rumah sakit dalam jaringan Grup RS Siloam, menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker serviks dan mendorong deteksi dini dengan mengadakan seminar edukasi serta media gathering terkait vaksinasi HPV multivalent untuk masyarakat umum.

Menurut World Health Organization (WHO), kanker serviks menjadi tantangan kesehatan global dan memengaruhi perempuan di seluruh dunia. Menurut data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, kanker serviks berada pada urutan ke-4 untuk jumlah kasus kanker pada wanita Indonesia di tahun 2019. Padahal, dengan pencegahan dan pengobatan yang teratur, kanker serviks sangat mungkin untuk dicegah. Kanker serviks secara utama disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) dan dapat dicegah melalui vaksinasi terhadap HPV serta pemeriksaan rutin, termasuk tes pap smear. Meskipun langkah-langkah pencegahan ini sudah tersedia, banyak perempuan yang belum rutin melakukan pemeriksaan medis.

Mengutip dari dr. Alexy Oktoman Djohansjah, SpOG (K) Onk, Dokter Spesialis Kebindanan dan Kandungan Konsultan Onkologi dari RS Siloam Lippo Village  selasa ( 12/9/2023)  mengatakan, selain pemeriksaan rutin, kanker serviks dapat dicegah dengan vaksin, terutama vaksin HPV multivalen. Vaksin ini adalah alat yang penting dalam upaya pencegahan kanker serviks dan penyakit lain yang terkait dengan HPV. Saat ini RS Siloam Lippo Village telah menyediakan vaksin HPV multivalen (9-valent) yang dirancang untuk melindungi terhadap infeksi virus HPV dengan 9 jenis strain HPV yang berbeda. Adapun, vaksin HPV multivalen ini dirancang untuk melindungi terhadap HPV tipe 6, 11, 16, 18, 31, 33, 45, 52, dan 58. Di antara tipe-tipe ini, HPV 16 dan 18 dikenal sebagai yang paling berisiko dan sering kali terkait dengan kanker serviks.

“Vaksinasi HPV biasanya direkomendasikan untuk remaja dan orang dewasa muda sebelum mereka terpapar virus HPV melalui aktivitas seksual. Vaksinasi dapat dimulai pada usia yang lebih muda, sekitar usia 9 tahun, hingga usia 45 tahun pada wanita yang belum divaksinasi sebelumnya dengan pengawasan dokter spesialis. Vaksin ini telah terbukti efektif dalam mencegah infeksi HPV dan mengurangi risiko perkembangan penyakit seperti kanker serviks, kanker vulva, kanker vagina, serta kondisi prakanker”, ujar dr. Alexy.

Untuk mendukung layanan medis dalam bidang kanker, RS Siloam Lippo Village telah dilengkapi dengan tim multidisiplin yang memiliki kompetensi internasional serta peralatan medis dan ruang perawatan dengan teknologi terbaru. Layanan ini juga menerapkan pelayanan yang komprehensif, termasuk metode minimal invasive surgery hingga perawatan pasca operasi. Terlebih lagi, RS Siloam Lippo Village juga menyediakan pilihan paket Medical Check Up yang difokuskan pada deteksi dini kanker.

RS Siloam Lippo Village merupakan rumah sakit pertama dari Grup RS Siloam dan telah berkembang menjadi pusat layanan kesehatan untuk berbagai penyakit dengan tingkat kompleksitas yang bervariasi. Memiliki lebih dari 250 tempat tidur operasional, rumah sakit ini mampu melayani hingga 1.500  pasien rawat inap serta lebih dari 20.000 pasien rawat jalan setiap bulannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…