Build Terbaru, Endless OS Tambahan Dukungan untuk Developer dan Code Base GNOME Terbaru

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Juli 2017 - 13:05 WIB

Endless OS (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Endless OS (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Endless umumkan ketersediaan Endless OS 3.2, pembaharuan sistem operasi desktop dan laptop andalannya. Endless OS 3.2 menawarkan peningkatan pengalaman penggunaan desktop, App Center, fitur baru notifikasi terintegrasi, dan penyempurnaan Endless Desktop Search untuk pencarian informasi yang lebih baik.

Dibuat dengan code base GNOME yang diperbaharui dan sudah termasuk ribuan fitur terkini, versi OS terbaru ini memampukan para pengembang untuk memasang aplikasi dengan lebih mudah, didukung pula oleh IDE multifungsi dan fitur penting lainnya yang memperkaya kemampuan para pengembang aplikasi.

“Pembaharuan Endless OS adalah wujud kepercayaan kami terhadap open source sebagai roda inovasi yang menyatukan individu, ide, dan organisasi terbaik dari seluruh dunia untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar menarik bagi pengguna,” ujar Matt Dalio, CEO and Founder, Endless Computers melalui keterangan resmi diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (21/7/2017).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan lebih dari 50 aplikasi tambahan untuk pasar tujuan kami termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Brazil, Amerika Latin, dan Amerika Utara.

Kini pengguna juga bisa mengintegrasikan akun-akun daring populer seperti Facebook, Google, Microsoft, dan layanan web lainnya dengan Endless OS. Navigasi desktop dibuat lebih mudah dan ada juga opsi pembuatan akun pengguna desktop baru tanpa kata kunci.

Sejak pertama kali dinyalakan, Endless OS menyediakan semua yang pengguna butuhkan untuk belajar, bekerja, dan berekreasi, termasuk berbagai aplikasi pendukung hiburan, permainan, kesehatan, hingga riset, pendidikan, dan usaha kecil.

“Kami telah membuat sistem operasi yang luar biasa mudah dan dapat diandalkan, cocok untuk siapa pun yang ingin meninggalkan sistem berbayar atau yang hanya berguna ketika terhubung dengan internet. Dengan fitur-fitur baru di versi 3.2 seperti pengalaman pengguna yang lebih sederhana, kontrol sistem lebih intuitif dan investasi teknis yang memperkaya penawaran aplikasi, Endless sekali lagi menetapkan standar tinggi sebagai sistem operasi termudah yang pernah Anda gunakan,” ungkap Dalio.

Para pengembang juga akan menyukai kemampuan baru Endless OS 3.2 yang mempercepat pemasangan aplikasi-aplikasi khusus dan sesuai dengan kebutuhan berbagai target pasar.

Hampir semua aplikasinya bekerja tanpa membutuhkan koneksi internet, sehingga menjamin keseluruhan Endless OS bekerja baik dalam keadaan offline serta di area-area minim bandwith maupun dalam keadaan online. Pengembang aplikasi pun disuguhi dengan penyempurnaan aplikasi Builder dan Flatpak, termasuk kemampuan instalasi aplikasi Flatpak dari pihak ketiga.

“Endless OS dibuat di atas hasil kerja komunitas peranti lunak gratis dan open-source selama beberapa dekade, dan kami berhutang banyak kepada mereka,” kata Cosimo Cecchi, Director of Core Engineering, Endless Computers.

Dengan investasi jangka panjang komunitas pada Flatpak serta pengubahan arsitektur Endless OS, penyebaran aplikasi ke platform kini jauh lebih mudah sehingga memperbesar potensi jumlah pengguna aplikasi. Endless OS 3.2 mempermudah para pengembang untuk berkontribusi dengan adanya lingkungan pengembangan yang jauh lebih aman dan andal dibandingkan sebelumnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 15:39 WIB

Kemenperin Bongkar Kasus SPK 'Bodong' Senilai Rp80 Miliar di Direktorat IKFH

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berhasil membongkar kasus Surat Perintah Kerja (SPK) fiktif di Direktorat Industri Kimia Hilir dan Farmasi (Direktorat IKFH) Tahun Anggaran 2023.