Rakor Asosiasi dan Komunitas Literasi 2023, Deputi Perpusnas: 'Penguatan Literasi Jadi Prioritas Pembangunan'

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 07 September 2023 - 16:39 WIB

Rakor Literasi 2023.
Rakor Literasi 2023.

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Literasi harus jadi kesatuan dalam membentuk perilaku gemar membaca meski masih terkendala fiskal. Komitmen ini muncul di Rakor Asosiasi dan Komunitas Literasi 2023 di Jakarta (7/9/2023).

"Penguatan kapasitas masyarakat terus dibangun agar literasi semakin kuat," ujar Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar.

Penguatan literasi yang dilakukan pemerintah diakui Adin sudah masuk dalam RPJMN 2020-2024 dan menjadi prioritas pembangunan.

"Kalau ini dikerjakan secara holistik, maka penguatan literasi bisa terus dikawal," tambah Adin.

Secara daring, Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO Ismunandar menambahkan aktivitas literasi adalah kegiatan yang produktif.

Bukan melulu soal baca. Kemampuan berpikir manusia yang kompleks hanya bisa dilakukan ketika rajin membaca dengan serius.

Sedangkan, kedua narasumber lain, yakni Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Fitriana dan Bunda Literasi Kabupaten Bandung Emma Dety Permanawati masing-masing memberikan praktik baik (best practise) penggunaan literasi di masyarakat.

Di Sumsel, Fitriana menjelaskan mengapa pihaknya telah menelurkan sejumlah peraturan daerah (Perda) mau pun peraturan gubernur (Pergub) sehingga literasi bisa diselenggarakan secara massif.

"Dan satu program literasi unggulan dari Sumatera Selatan adalah Bunda Kece, yakni Bunda Literasi Kecamatan Sampai Desa," ungkap Fitriana.

Sedangkan, Bunda Literasi Kabupaten Bandung Emma Dety Permanawati juga melakukan sejumlah inovasi literasi di masyarakat. Salah satunya dengan mengukuhkan Bunda Literasi hingga di tingkat RW.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas Dewi Kartikasari mengatakan bahwa asosiasi dan komunitas literasi memiliki peran penting dalam pembudayaan kegemaran membaca dan literasi masyarakat.

Rakor Literasi dihadiri tidak kurang 150 peserta dari berbagai forum, asosiasi, komunitas, pegiat literasi bergerak, pustakawan, dan diikuti ratusan peserta melalui zoom.

Sejumlah narasumber yang dihadirkan, antara lain Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adon Bondar, Duta Besar/ Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO Ismunandar.

Hadir juga Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Fitriana, Bunda Literasi Kabupaten Bandung Emma Dety Permanawati, dan pegiat literasi Deasy R Tirayoh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…