President University Terima Hibah Alat Peringatan Dini Gempa Bumi Berbasis AI dan Sistem Pemantauan Keamanan Struktur Bangunan dari P-Waver

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 September 2023 - 12:41 WIB

President University Terima Hibah Alat Peringatan Dini Gempa Bumi Berbasis AI dan Sistem Pemantauan Keamanan Struktur Bangunan dari P-Waver (Foto: JB Susetiyo).
President University Terima Hibah Alat Peringatan Dini Gempa Bumi Berbasis AI dan Sistem Pemantauan Keamanan Struktur Bangunan dari P-Waver (Foto: JB Susetiyo).

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Pada Rabu, 30 Agustus 2023 lalu, President University (Presuniv) menerima hibah perangkat peringatan dini gempa bumi (EEW) berbasis kecerdasan buatan (AI) serta pemantauan keamanan struktur bangunan (SHM) pasca gempa dari P-Waver. 

Penandatangan serah terima hibah dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr.-Ing Erwin Sitompul, M.Sc., dan Dr. Pei-Yang Lin, CEO of P-Waver, dan disaksikan oleh Rektor Presuniv Prof. Dr. Chairy. 

Hibah perangkat senilai Rp. 1,7 miliar ini diprakarsai oleh Prof. Ika Bali, Ph.D. selaku Kepala laboratorium Rekayasa Gempa Presuniv. Hingga saat ini, hibah peralatan yang canggih ini menjadi satu-satunya hibah yang diberikan ke kampus di Indonesia oleh P-Waver.

Prof. Ika Bali mengungkapkan apresiasi tinggi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada P-Waver yang terdorong menyumbangkan peralatan tersebut dengan alasan kemanusiaan untuk membantu mengurangi korban bencana gempa bumi di Indonesia yang dimulai melalui komunitas kampus President University.

"Ini merupakan suatu hibah yang luar biasa dan kesempatan yang langka yang diterima President University sebagai satu-satunya universitas di Indonesia yang menerima hibah peralatan peringatan dini gempa berbasis AI dan pemantauan keamanan struktur bangunan pasca gempa dari P-Waver," kata Prof. Ika Bali kepada INDUSTRY.co.id, Kamis (7/9/2023).

Prof. Ika mengungkapkan bahwa perangkat yang dihibahkan oleh P-Waver terdiri dari satu perangkat alat peringatan dini gempa bumi (EEW) dan pemantauan keamanan struktur bangunan (SHM), berikut dengan tiga sensor-nya. Nilai alat tersebut ditaksir sebesar Rp.1,7 Miliar.

Adapun manfaat perangkat tersebut, menurut Prof Ika, akan mendukung mahasiswa program studi teknik sipil dan dosen, menjadi laboratorium Rekayasa Gempa untuk pembelajaran dan penelitian. "Perangkat ini juga akan memberikan perlindungan terhadap bencana gempa bumi bagi komunitas kampus dan sekitar kampus melalui peringatan dini gempa dan penilaian keamanan struktur bangunan pasca gempa," imbuhnya.

Sebagai informasi, perangkat ini dapat memberikan peringatan dini sebelum orang merasakan guncangan gempa, melalui alarm suara dan lampu untuk memberi tahu orang-orang di mana harus berlindung. Setelah guncangan, perangkat pemantauan keamanan struktur bangunan akan memberikan penilaian keamanan struktur berdasarkan tiga sensor seismik di lantai 1, lantai 2 dan atap. Orang-orang bisa segera dievakuasi jika hasil asesmen berbahaya.

Perangkat EEW dan SHM yang dipasang di Gedung A Kampus Presuniv ini sekaligus menjadi laboratorium Rekayasa Gempa, Program Studi Teknik Sipil, President University, yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran dan penelitian. 

Selain itu dengan adanya peralatan ini, memberikan nilai tambah bagi Presuniv menjadi kampus cerdas yang dapat melindungi komunitas akademik di kampus dan berikutnya komunitas di sekitar kampus, melalui peringatan dini gempa bumi dan penilaian keamanan struktur bangunan pasca gempa bumi.

"Semoga perangkat ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen untuk pembelajaran dan penelitian, serta mengurangi korban bencana gempa bumi bagi komunitas kampus dan sekitarnya," pungkas Prof. Ika Bali.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…