3 Cara Membangun Branding Bisnis dengan Website

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 September 2023 - 11:52 WIB

Ilustrasi Internet (Ist)
Ilustrasi Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, hampir semua orang mengenal website. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dan banyaknya layanan pembuatan website yang tersedia, untuk digunakan untuk sebagai profil perusahaan, media online, portofolio, blog, maupun bisnis online.

Bagi pemilik website bisnis online, meningkatkan penjualan menjadi tujuan utama. Salah satu kunci untuk mencapai hal tersebut adalah membangun branding bisnis, seperti dengan beli domain yang sesuai dengan nama brand, sehingga pelanggan yang sudah setia maupun calon pelanggan yang belum pernah membeli akan lebih mengenal dan mengingat merek tersebut.

Namun, sebelum membahas cara mudah membangun branding bisnis di website, penting untuk memahami konsep dari branding itu sendiri. Keberhasilan dari branding mengacu pada tingkat pemahaman dan kesadaran pelanggan tentang suatu merek atau produk. Dengan memahami konsep branding pada suatu bisnis, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

Pentingnya Membangun Branding Bisnis

Membangun branding sangatlah penting dalam mendukung kesuksesan sebuah bisnis. Dalam era digital seperti saat ini, terdapat beberapa alasan mengapa penting untuk membangun branding bisnis.

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan yang diberikan oleh orang lain merupakan aset berharga yang harus dijaga. Sebuah bisnis tidak dapat berkembang tanpa mendapatkan kepercayaan dari orang lain, termasuk para pelanggan Anda.

Memperkuat branding bisnis secara efektif dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan tingkat kepercayaan tersebut. Dengan branding bisnis yang kuat, orang lain akan lebih percaya dan mendukung peran serta mereka.

2. Menambah Value Brand Bisnis

Alasan lain yang mendasari pentingnya pengelolaan branding bisnis adalah untuk membangun value brand. Hal ini membantu menciptakan identitas yang unik dan menarik bagi orang lain. Tidak peduli seberapa mahal produk Anda, jika pelanggan sudah percaya, mereka pasti akan mengerti bahwa brand Anda worth to buy karena value-nya yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

3. Membentuk Loyalitas Pelanggan

Kekuatan branding bisnis juga bisa dimanfaatkan untuk menarik pelanggan setia. Misalnya, bagi seorang pekerja kreatif, sering memamerkan karya terbaru dapat dinikmati oleh lebih banyak orang, termasuk dalam konteks membangun branding pada sebuah bisnis. Dengan konsistensi yang dikelola dengan baik, pelanggan setia akan datang dan mendukung dalam jangka panjang.

Cara Membangun Branding Bisnis dengan Website

Lalu, bagaimana caranya membangun branding dengan website? Berikut ini beberapa tips untuk membuat branding dengan memanfaatkan website bisnis.

1. Tampilan Website yang Menarik

Aspek tampilan merupakan salah satu faktor krusial dalam upaya branding. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan secara matang tata letak dan tampilan website agar sesuai dengan citra merek yang ingin Anda bangun.

Sebagai contoh, apabila Anda memiliki karakter yang simpel dan modern, Anda dapat menggunakan layout yang sederhana dengan tone yang sesuai dengan logo brand Anda. Sementara itu, Anda bisa menambahkan elemen-elemen gambar yang memeriahkan tampilan website.

2. Penyajian Konten Sesuai Kebutuhan Audience

Setelah website selesai dibangun dengan tampilan yang menarik, langkah selanjutnya adalah mengisi konten website dengan materi yang bermanfaat. Konten bermanfaat tak harus merangkum seluruh bidang, namun Anda dapat fokus menuliskan pengalaman, portofolio, atau keahlian yang relevan.

Sebagai contoh, jika bisnis Anda bergerak dalam bidang kepenulisan, Anda bisa menampilkan contoh-contoh hasil tulisan untuk klien-klien sebelumnya. Selain itu, jika Anda memiliki pengalaman unik, tak ada salahnya untuk berbagi melalui artikel, video, atau gambar yang dapat dinikmati oleh para pengunjung website bisnis Anda.

3. Mencantumkan Kontak dan Aktif Berinteraksi dengan Pelanggan

Di samping tampilan website dan konten, Anda dapat menyertakan informasi kontak dalam halaman khusus untuk menunjukkan kredibilitas. Isi dari halaman informasi kontak tidak perlu terlalu detail, cukup mencantumkan alamat email, kota domisili, nomor WhatsApp (opsional), akun media sosial, serta formulir kontak.

Selain itu, interaksi dengan pelanggan juga sangat penting agar mereka menjadi lebih setia dan menantikan konten-konten berikutnya. Pelanggan akan cenderung lebih percaya dengan keahlian dan branding yang Anda bangun jika Anda lebih rajin berinteraksi dengan mereka.

Kesimpulan

Branding bisnis bukanlah sekadar hal yang menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat nyata dalam mendukung kesuksesan pribadi maupun profesional. Membangun kepercayaan, menciptakan nilai sebuah brand, dan membangun loyalitas pelanggan adalah beberapa alasan utamanya. Untuk itu, manfaatkan platform email hosting berkualitas seperti DomaiNesia untuk membuat website yang dilengkapi dengan domain dan SSL gratis untuk kebutuhan branding dan keamanan akses website bisnis Anda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat bertemu jajaran direksi Hozon Energy Automobile Co., Ltd. (Hozon),

Senin, 17 Juni 2024 - 07:40 WIB

Menperin Agus Temui Bos Neta Sampaikan Hal Ini

Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi kepada perusahaan otomotif asal China, Hozon Energy Automobile Co., Ltd. (Hozon), yang telah merealisasikan investasinya melalui bendera PT Neta Auto…

Talk Show Nobar Film Tegar (kanan kiri), Edy Karyanto SVP Human Capital Development PT Pertamina (Persero), Binziad Kadafi - Ketua Bidang SDM Komisi Yudisial RI, Marthella Sirait - Ketua Konekin, Erlangga Gaffar - Deputy Director PT Kideco Jaya Agung

Senin, 17 Juni 2024 - 06:31 WIB

Kideco Mantapkan Komitmen Perjuangkan Hak Penyandang Disabilitas

Wakil Direktur Legal & Corporate Affairs Kideco, Erlangga Gaffar menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menaikkan level inklusivitas di lingkungan perusahaan. Hal itu tidak hanya dilakukan…

Press conference Indonesian Television Awards 2024 di Summarecon Mall Serpong, 14 Juni 2024.

Minggu, 16 Juni 2024 - 17:48 WIB

Kembali Digelar RCTI, Ini Daftar Lengkap Nominasi Indonesian Television Awards (ITA) 2024

Malam Puncak ITA 2024 akan disiarkan langsung di RCTI dan GTV pada 10 Juli 2024 mulai pukul 21.00. Keesokan harinya, 11 Juli 2024 akan digelar Concert Celebration ITA 2024 mulai pukul 21.30.

Cintaquran dan snackvideo

Minggu, 16 Juni 2024 - 15:40 WIB

SnackVideo dan Cinta Quran Berkolaborasi Meriahkan Idul Adha dengan Kompetisi Konten Kreatif

Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha, SnackVideo, platform media sosial berbasis video pendek, berkolaborasi dengan salah satu lembaga Independent terkenal Cinta Quran Foundation membantu…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo

Minggu, 16 Juni 2024 - 14:31 WIB

Demi Ketertiban Umum, Jangan Biarkan Pisau Hukum Tumpul

MASYARAKAT hanya bisa prihatin dan mengeluh ketika melihat dan merasakan semakin tumpulnya pisau penegakan hukum yang nyata-nyata berakibat pada menurunnya derajat ketertiban umum. Rasa keadilan…