3 Cara Membangun Branding Bisnis dengan Website

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 September 2023 - 11:52 WIB

Ilustrasi Internet (Ist)
Ilustrasi Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, hampir semua orang mengenal website. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dan banyaknya layanan pembuatan website yang tersedia, untuk digunakan untuk sebagai profil perusahaan, media online, portofolio, blog, maupun bisnis online.

Bagi pemilik website bisnis online, meningkatkan penjualan menjadi tujuan utama. Salah satu kunci untuk mencapai hal tersebut adalah membangun branding bisnis, seperti dengan beli domain yang sesuai dengan nama brand, sehingga pelanggan yang sudah setia maupun calon pelanggan yang belum pernah membeli akan lebih mengenal dan mengingat merek tersebut.

Namun, sebelum membahas cara mudah membangun branding bisnis di website, penting untuk memahami konsep dari branding itu sendiri. Keberhasilan dari branding mengacu pada tingkat pemahaman dan kesadaran pelanggan tentang suatu merek atau produk. Dengan memahami konsep branding pada suatu bisnis, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

Pentingnya Membangun Branding Bisnis

Membangun branding sangatlah penting dalam mendukung kesuksesan sebuah bisnis. Dalam era digital seperti saat ini, terdapat beberapa alasan mengapa penting untuk membangun branding bisnis.

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan yang diberikan oleh orang lain merupakan aset berharga yang harus dijaga. Sebuah bisnis tidak dapat berkembang tanpa mendapatkan kepercayaan dari orang lain, termasuk para pelanggan Anda.

Memperkuat branding bisnis secara efektif dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan tingkat kepercayaan tersebut. Dengan branding bisnis yang kuat, orang lain akan lebih percaya dan mendukung peran serta mereka.

2. Menambah Value Brand Bisnis

Alasan lain yang mendasari pentingnya pengelolaan branding bisnis adalah untuk membangun value brand. Hal ini membantu menciptakan identitas yang unik dan menarik bagi orang lain. Tidak peduli seberapa mahal produk Anda, jika pelanggan sudah percaya, mereka pasti akan mengerti bahwa brand Anda worth to buy karena value-nya yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

3. Membentuk Loyalitas Pelanggan

Kekuatan branding bisnis juga bisa dimanfaatkan untuk menarik pelanggan setia. Misalnya, bagi seorang pekerja kreatif, sering memamerkan karya terbaru dapat dinikmati oleh lebih banyak orang, termasuk dalam konteks membangun branding pada sebuah bisnis. Dengan konsistensi yang dikelola dengan baik, pelanggan setia akan datang dan mendukung dalam jangka panjang.

Cara Membangun Branding Bisnis dengan Website

Lalu, bagaimana caranya membangun branding dengan website? Berikut ini beberapa tips untuk membuat branding dengan memanfaatkan website bisnis.

1. Tampilan Website yang Menarik

Aspek tampilan merupakan salah satu faktor krusial dalam upaya branding. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan secara matang tata letak dan tampilan website agar sesuai dengan citra merek yang ingin Anda bangun.

Sebagai contoh, apabila Anda memiliki karakter yang simpel dan modern, Anda dapat menggunakan layout yang sederhana dengan tone yang sesuai dengan logo brand Anda. Sementara itu, Anda bisa menambahkan elemen-elemen gambar yang memeriahkan tampilan website.

2. Penyajian Konten Sesuai Kebutuhan Audience

Setelah website selesai dibangun dengan tampilan yang menarik, langkah selanjutnya adalah mengisi konten website dengan materi yang bermanfaat. Konten bermanfaat tak harus merangkum seluruh bidang, namun Anda dapat fokus menuliskan pengalaman, portofolio, atau keahlian yang relevan.

Sebagai contoh, jika bisnis Anda bergerak dalam bidang kepenulisan, Anda bisa menampilkan contoh-contoh hasil tulisan untuk klien-klien sebelumnya. Selain itu, jika Anda memiliki pengalaman unik, tak ada salahnya untuk berbagi melalui artikel, video, atau gambar yang dapat dinikmati oleh para pengunjung website bisnis Anda.

3. Mencantumkan Kontak dan Aktif Berinteraksi dengan Pelanggan

Di samping tampilan website dan konten, Anda dapat menyertakan informasi kontak dalam halaman khusus untuk menunjukkan kredibilitas. Isi dari halaman informasi kontak tidak perlu terlalu detail, cukup mencantumkan alamat email, kota domisili, nomor WhatsApp (opsional), akun media sosial, serta formulir kontak.

Selain itu, interaksi dengan pelanggan juga sangat penting agar mereka menjadi lebih setia dan menantikan konten-konten berikutnya. Pelanggan akan cenderung lebih percaya dengan keahlian dan branding yang Anda bangun jika Anda lebih rajin berinteraksi dengan mereka.

Kesimpulan

Branding bisnis bukanlah sekadar hal yang menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat nyata dalam mendukung kesuksesan pribadi maupun profesional. Membangun kepercayaan, menciptakan nilai sebuah brand, dan membangun loyalitas pelanggan adalah beberapa alasan utamanya. Untuk itu, manfaatkan platform email hosting berkualitas seperti DomaiNesia untuk membuat website yang dilengkapi dengan domain dan SSL gratis untuk kebutuhan branding dan keamanan akses website bisnis Anda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:18 WIB

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Jakarta – Dalam rangka memperluas penggunaan produk perbankan syariah Bank DKI, khususnya di dunia pendidikan, Bank DKI bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta sepakat menjalin kerja…