Pertamina Berikan Beasiswa Sobat Bumi Kepada 465 Mahasiswa dari 38 Perguruan Tinggi

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 06 September 2023 - 17:19 WIB

Welcoming Awardee Beasiswa SoBI dari Pertamina.
Welcoming Awardee Beasiswa SoBI dari Pertamina.

INDUSTRY.co.id -  Jakarta - Direktur SDM PT Pertamina (Persero) Erry Sugiharto mengukuhkan 465 penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Pada acara pengukuhan tersebut, hadir juga pekerja seni dan aktivis pendidikan Dian Sastrowardoyo, alumni penerima beasiswa yang menjadi Perwira PT Pertamina Hulu Rokan Adi Wawang Darmawan, dan Rektor Universitas Sunan Bonang Tuban Dr. Sulistyani Eka Lestari.  

Erry Sugiharto menyambut sekaligus menyampaikan pesan kepada para penerima beasiswa untuk bisa menjadi generasi unggul dan adaptif. 

“Hari ini saya nyatakan 465 mahasiswa-mahasiswi dari 38 perguruan tinggi di Indonesia sebagai Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi tahun 2023. Saya mengamanahkan kepada kalian, bahwa mengejar prestasi akademik adalah keharusan, namun jangan berhenti hingga di situ," kata Erry. 

"Kalian harus memiliki inisiatif dan aksi nyata, berkontribusi dalam memitigasi perubahan iklim. Siapkan diri  kalian juga dengan berbagai keahlian teknis, kemampuan pengelolaan diri dan kepemimpinan untuk menjawab tantangan dan persaingan di masa depan,” ujar Erry lagi.

Dian Sastrowardoyo mengapresiasi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi karena punya andil mempersiapkan generasi muda agar memperoleh pendidikan yang baik dan siap membawa perubahan untuk negeri. Menurutnya, salah satu kunci kemajuan negeri ini ditentukan oleh kualitas pendidikan.

"Karena itu, saya sangat mengapresiasi Pertamina melalui program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ini. Sebuah kontribusi nyata untuk mempersiapkan generasi muda agar memperoleh pendidikan yang baik dan semoga adik-adik akan membawa perubahan dan menyalurkan energi kebaikan untuk negeri ini,” kata Dian sastro.

Sejak dibuka pendaftarannya pada 20 Maret hingga 25 April, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi disambut antusias oleh 10.121 mahasiswa yang mendaftarkan diri. Kemudian, terdapat sejumlah tahapan seleksi, antara lain seleksi administrasi, wawancara, dan focus group discussion (FGD) hingga akhirnya terpilih penerima beasiswa.

Dalam beasiswa ini, para penerima mendapatkan bantuan biaya SPP atau UKT, biaya hidup bulanan, dan biaya green action bertajuk Aksi Sobat Bumi untuk mereka melakukan aksi pelestarian lingkungan. Mereka juga menerima biaya pagelaran budaya untuk membuat pentas seni khas daerah universitasnya masing-masing.

Serial pengembangan kapasitas terkait tentang energi baru terbarukan dan pemberdayaan masyarakat serta persiapan untuk dunia kerja juga diberikan kepada penerima. Tahun ini, akan diadakan kompetisi di mana penerima ditantang untuk membuat proposal embrio inovasi energi dan program pemberdayaan masyarakat. Masuk ke dalam ekosistem Pertamina, mereka akan terlibat dalam aktivitas Pertamina Grup, seperti voluntary days, aktivasi desa energi berdikari, dan program-program lainnya.

Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi tahun 2023 asal Universitas Sriwijaya, Alyatisa menyatakan harapannya sebagai penerima. “Semoga kami para penerima bisa menjaga amanah yang telah diberikan oleh Pertamina untuk selalu bersinergi melaksanakan program untuk masyarakat dan lingkungan serta siap untuk mendukung dan terlibat dalam program-program Pertamina,” tutup Alyatisa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Plang Duta Pertiwi Nusantara Tbk

Jumat, 21 Juni 2024 - 05:50 WIB

2024, Duta Pertiwi Nusantara Optimis Industri Plywood Membaik

PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk. (DPN) mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp 116,20 miliar di sepanjang tahun 2023. Dari jumlah ini, Perseroan menilai, kinerja Perusahaan secara umum mencatatkan…

Dato Sri Mohammed Shaheen raih APEA 2024.

Jumat, 21 Juni 2024 - 00:28 WIB

Sukses Kembangkan Riyaz Group, Dato Sri Mohammed Shaheen Raih APEA 2024

Dato Sri Mohammed Shaheen pun mengungkap rahasia suksesnya mengembangkan Riyaz Group hingga mendapatkan penghargaan APEA 2024.

Komitmen BPDPKS terhadap peremajaan sawit rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 23:00 WIB

BPDPKS, Aspekpir dan PalmCo Dorong Percepatan PSR di Sumut dan Aceh

Ratusan petani kelapa sawit dari Provinsi Sumatra Utara dan Aceh mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Pola Kemitraan yang diselenggarakan di Medan,…

Modena dukung Ubud Food Festival 2024

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:57 WIB

Modena Dukung Ubud Food Festival 2024, Lelang Kompor Freestanding

Didukung Modena, Ubud Food Festival 2024 bertujuan untuk merayakan keanekaragaman kuliner dan budaya Indonesia, serta menggalang dana guna mendukung program-program komunitas lokal.

Direktur Investasi PT ASABRI (Persero) Jeffry Haryadi P. Manullang didampingi Sekretaris Perusahaan, Okki Jatnika dan Kepala Kantor Cabang Utama Jakarta, Aris Karyawan bersama dengan Mitra Bayar Bank Mandiri Taspen yang diwakili oleh Distribution Head, Pande Putu Rambiawan menyerahkan manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun kepada Komjen Pol (Purn) Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, Msi

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:46 WIB

Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono Terima Pensiunan dari ASABRI

ASABRI Serahkan Manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun Pertama Kepada Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono