Pertamina Berikan Beasiswa Sobat Bumi Kepada 465 Mahasiswa dari 38 Perguruan Tinggi

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 06 September 2023 - 17:19 WIB

Welcoming Awardee Beasiswa SoBI dari Pertamina.
Welcoming Awardee Beasiswa SoBI dari Pertamina.

INDUSTRY.co.id -  Jakarta - Direktur SDM PT Pertamina (Persero) Erry Sugiharto mengukuhkan 465 penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Pada acara pengukuhan tersebut, hadir juga pekerja seni dan aktivis pendidikan Dian Sastrowardoyo, alumni penerima beasiswa yang menjadi Perwira PT Pertamina Hulu Rokan Adi Wawang Darmawan, dan Rektor Universitas Sunan Bonang Tuban Dr. Sulistyani Eka Lestari.  

Erry Sugiharto menyambut sekaligus menyampaikan pesan kepada para penerima beasiswa untuk bisa menjadi generasi unggul dan adaptif. 

“Hari ini saya nyatakan 465 mahasiswa-mahasiswi dari 38 perguruan tinggi di Indonesia sebagai Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi tahun 2023. Saya mengamanahkan kepada kalian, bahwa mengejar prestasi akademik adalah keharusan, namun jangan berhenti hingga di situ," kata Erry. 

"Kalian harus memiliki inisiatif dan aksi nyata, berkontribusi dalam memitigasi perubahan iklim. Siapkan diri  kalian juga dengan berbagai keahlian teknis, kemampuan pengelolaan diri dan kepemimpinan untuk menjawab tantangan dan persaingan di masa depan,” ujar Erry lagi.

Dian Sastrowardoyo mengapresiasi Beasiswa Pertamina Sobat Bumi karena punya andil mempersiapkan generasi muda agar memperoleh pendidikan yang baik dan siap membawa perubahan untuk negeri. Menurutnya, salah satu kunci kemajuan negeri ini ditentukan oleh kualitas pendidikan.

"Karena itu, saya sangat mengapresiasi Pertamina melalui program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ini. Sebuah kontribusi nyata untuk mempersiapkan generasi muda agar memperoleh pendidikan yang baik dan semoga adik-adik akan membawa perubahan dan menyalurkan energi kebaikan untuk negeri ini,” kata Dian sastro.

Sejak dibuka pendaftarannya pada 20 Maret hingga 25 April, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi disambut antusias oleh 10.121 mahasiswa yang mendaftarkan diri. Kemudian, terdapat sejumlah tahapan seleksi, antara lain seleksi administrasi, wawancara, dan focus group discussion (FGD) hingga akhirnya terpilih penerima beasiswa.

Dalam beasiswa ini, para penerima mendapatkan bantuan biaya SPP atau UKT, biaya hidup bulanan, dan biaya green action bertajuk Aksi Sobat Bumi untuk mereka melakukan aksi pelestarian lingkungan. Mereka juga menerima biaya pagelaran budaya untuk membuat pentas seni khas daerah universitasnya masing-masing.

Serial pengembangan kapasitas terkait tentang energi baru terbarukan dan pemberdayaan masyarakat serta persiapan untuk dunia kerja juga diberikan kepada penerima. Tahun ini, akan diadakan kompetisi di mana penerima ditantang untuk membuat proposal embrio inovasi energi dan program pemberdayaan masyarakat. Masuk ke dalam ekosistem Pertamina, mereka akan terlibat dalam aktivitas Pertamina Grup, seperti voluntary days, aktivasi desa energi berdikari, dan program-program lainnya.

Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi tahun 2023 asal Universitas Sriwijaya, Alyatisa menyatakan harapannya sebagai penerima. “Semoga kami para penerima bisa menjaga amanah yang telah diberikan oleh Pertamina untuk selalu bersinergi melaksanakan program untuk masyarakat dan lingkungan serta siap untuk mendukung dan terlibat dalam program-program Pertamina,” tutup Alyatisa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…