Asippindo Dorong Manajemen UMKM yang Berkelanjutan

Oleh : Wiyanto | Selasa, 05 September 2023 - 06:43 WIB

Ketua Asippindo Ivan Soeparno saat menjadi pembicara dalam Indonesia – Korea Financial Cooperation Forum ke-2 yang diselengarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Council on International Financial Cooperation (CICF)
Ketua Asippindo Ivan Soeparno saat menjadi pembicara dalam Indonesia – Korea Financial Cooperation Forum ke-2 yang diselengarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Council on International Financial Cooperation (CICF)

INDUSTRY.co.id- Jakarta – Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia atau Asippindo terus mempromosikan manajemen keberlanjutan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai respons atas kebijakan pemerintah terkait dengan integrasi konsep lingkungan, sosial, dan tata kelola.

Dukungan Asippindo terhadap integrasi konsep tersebut juga dilakukan melalui inisiatif penjaminan hijau atau green guarantee.

Manajemen berkelanjutan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diimplementasikan melalui penyesuaian model bisnis yang memperhatikan dampak bisnis terhadap lingkungan dan kondisi sosial, sekaligus sesuai dengan tata kelola usaha yang baik. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Asippindo Ivan Soeparno saat menjadi pembicara dalam Indonesia – Korea Financial Cooperation Forum ke-2 yang diselengarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Council on International Financial Cooperation (CICF) di Jakarta, Senin (4/9/2023). Asippindo merupakan asosiasi yang didirikan pada 2012 dengan anggota saat ini sebanyak 22 perusahaan penjaminan di Indonesia.

”Asippindo terus berusaha mendorong dan mengembangkan peran perusahaan penjaminan sebagai salah satu alternatif menumbuhkan perekonomian melalui usaha mikro, kecil, dan menengah,” ujar Ivan.

Perusahaan penjaminan memiliki peran penting dalam menjaga pertumbuhan ekonomi di sektor riil karena sebagian besar lapangan usaha di Indonesia digerakkan oleh sektor UMKM. Sektor ini juga menyerap sekitar 97% angkatan kerja atau setara dengan sekitar 119,5 juta tenaga kerja dengan kontribusi ke produk domestik bruto sekitar 61%.

Walaupun kontribusi terhadap produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja besar, akses UMKM terhadap pendanaan masih sangat terbatas. Saat ini, baru sekitar 30% UMKM yang sudah memiliki akses terhadap pinjaman dari perbankan.

”Perusahaan penjaminan berperan menjembatani UMKM dengan lembaga keuangan melalui penjaminan kredit sehingga UMKM bisa mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan,” ujar Ivan.

Menurut Ivan, Asippindo sejalan dengan konsep ESG yang diluncurkan oleh pemerintah dan terus mendorong anggotanya untuk mengadopsi konsep ESG dalam model bisnisnya.

Hubungan dagang Indonesia dan Korea Selatan juga berperan dalam menggerakkan kegiatan ekonomi UMKM, khususnya di sektor produksi dan distribusi. Di Asia, nilai perdagangan Indonesia dan Korea Selatan termasuk signifikan. Di kedua negara, perusahaan penjaminan menjadi mitra bagi UMKM dalam mengakses permodalan ke bank.

Sejalan dengan adopsi konsep lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), perusahaan penjaminan juga ikut berperan dalam mengampanyekan ekonomi berkelanjutan melalui sejumlah inisiatif. Salah satu inisiatif strategis ESG dari industri penjaminan adalah konsep penjaminan hijau (green guarantee) yakni penjaminan bagi model pembiayaan hijau. Selain itu, dari sisi proses bisnis internal, perusahaan penjaminan terus didorong untuk bertransformasi ke arah digital untuk mengefisienkan transaksi dan proses bisnis tanpa kertas dan berorientasi lingkungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jackson Suwargo memberi sambutan di ajang Jackson Kids Star 2024 yang digelar di Senayan Park Jakarta (20/7/2024)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:52 WIB

Jackson Kids Star 2024 Lakukan Pencarian Ambassador Cilik di Senayan Park

Jackson Kids Star 2024 adalah ajang tahunan yang digelar untuk mencari brand ambassador Jakcson Kids.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani, salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) memberikan sambutan penutup International Conference bertajuk "Synchronizing the application of FIDIC Contracts with specific related project country's regulation to avoid disputes", di Jakarta

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:47 WIB

Hakim MA Berharap Penyelesaian Sengketa Konstruksi Bisa Lebih Baik

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) mengingatkan agar PADSK selaku stakeholder APS dapat menyampaikan usulan perbaikan…

Peragaan Busana Muslim dan Audisi Model MUFFEST+ di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:13 WIB

MUFFEST+ Gelar Peragaan Busana dan Audisi Model di Stasiun MRT Bundaran HI

MUFFEST+ ditargetkan menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan industri fesyen muslim Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi,…

Ustadz Bachtiar Nasir bersama jajarannya menyatakan persiapan konvoi Bela Palestina

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:42 WIB

Bela Palestina Segera Digelar dengan Konvoi Kendaraan

Membela Palestina sangat banyak ragamnya. Untuk membuktikan kepedulian Indonesia, para Ustadz mengajak masyarakat membela Palestina. Ajakan berupa Konvoi menggunakan kendaraan.

Feng shui (foto ilustrasi)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 17:37 WIB

Tips Memaksimalkan Feng Shui Rumah Agar Bawa Keberuntungan

Home Feng Shui merupakan teknik menganalisa rumah. Terlebih di dalam rumah terdapat aliran energi. Aliran ini bisa memancarkan energi positif maupun negatif. Hal itu tergantung dari arah letak…