Kemenperin Apresiasi Peresmian Pabrik Baru AC Sharp di Karawang Dengan Nilai Investasi Rp Rp582 Miliar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 31 Agustus 2023 - 10:18 WIB

Peresmian pabrik AC Sharp
Peresmian pabrik AC Sharp

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah terjadinya perlambatan ekonomi global. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus mendorong peningkatan kualitas iklim usaha yang berdampak pada semakin tumbuhnya investasi di tanah air. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik selama kuartal II - 2023 yakni sebesar 5,17% (y-o-y) jika dibandingkan dengan kuartal I - 2023 yakni sebesar 5,03% (y-o-y). 

Berdasarkan data BKPM, realisasi investasi di Indonesia pada Semester I-2023 tercatat mencapai Rp 678,7 triliun, atau meningkat 16,1% secara tahunan (y-o-y). Dengan capaian tersebut, realisasi investasi telah mencapai 48,5% dari target investasi tahun ini. 

Salah satu Penanaman Modal Asing (PMA) di sektor industri yang telah merealisasikan investasinya adalah PT Sharp Electronics Indonesia dengan menghadirkan pabrik AC baru senilai Rp582 Miliar. 

“Melalui investasi baru dan pada kapasitas maksimalnya, Sharp berkontribusi sebesar 26,6% dari keseluruhan permintaan AC nasional,” ujar Direktur Jenderal Industi Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier yang mewakili Menteri Perindustrian  pada peresmian pabrik baru AC PT Sharp Electronics Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Rabu (23/8/2023).

Pabrik baru seluas 3,5 Hektare ini telah selesai dibangun pada bulan Februari 2023 dengan kapasitas maksimal sebesar 1,2 juta unit per tahun dan serapan tenaga kerja hingga 1.000 orang. Pabrik tersebut berlokasi di Karawang International Industrial City (KIIC), salah satu Kawasan industri berstatus Obyek Vital Nasional Bidang Industri (OVNI). 

Status OVNI merupakan fasilitas nonfiskal yang diberikan Pemerintah untuk menjamin keamanan dan kenyamanan berusaha. Status tersebut diharapkan dapat mendukung kinerja industri yang berada di kawasan tersebut, termasuk PT Sharp Electronics Indonesia, dengan adanya jaminan keamanan dan kenyamanan berusaha.

“Kemenperin menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran PT Sharp Electronics Indonesia atas realisasi investasi dan dukungannya terhadap upaya pemerintah dalam peningkatan iklim investasi, khususnya di bidang industri elektronik,” kata Taufiek.

Taufiek juga menyampaikan bahwa melalui fasilitas pabrik AC yang baru, Sharp mampu meningkatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk AC hingga mencapai 60%. 

“TKDN AC dari fasilitas baru Sharp mampu mencapai angka 60%. Hal ini dapat terwujud mengingat PT Sharp Electronics Indonesia telah memproduksi sebagian besar komponen utama produk AC pada fasilitas pabrik baru ini,” jelas Dirjen ILMATE.

Sejalan dengan pertumbuhan investasi di dalam negeri, Dirjen ILMATE juga mengingatkan tentang pentingnya peningkatan mutu dan TKDN dari produk yang diproduksi di Indonesia. Hal ini diharapkan mampu menjawab tuntutan pasar global dan target peningkatan nilai tambah produk hasil produksi dalam negeri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jumat, 01 Maret 2024 - 14:29 WIB

HR Talks: Memperkenalkan Revolusi Bisnis Melalui HR-Tech Bersama Jobseeker Company

Jakarta, DKI Jakarta - 24 Februari 2024 - Jobseeker Company dengan bangga mengadakan "HR Talk: Leveraging HR-Tech to Scale-Up Your Business," acara komunitas yang akan berlangsung pada 29 Februari…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (dok. Kemenko Perekonomian)

Jumat, 01 Maret 2024 - 13:56 WIB

Hadiri Simulasi Program Makan Siang, Menko Airlangga Berharap Gizi Anak-Anak Terpenuhi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang mengadakan simulasi program makan siang bernama Anak Sehat dan Sejahtera (Aksara)…