Dow Berkomitmen Sediakan Produk dan Solusi Material Science yang Inovatif di Empat Pasar Utama

Oleh : Hariyanto | Senin, 28 Agustus 2023 - 20:25 WIB

Presiden Dow Indonesia Riswan Sipayung
Presiden Dow Indonesia Riswan Sipayung

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan material science, Dow terus berkomitmen untuk membantu para pemangku kepentingan di Indonesia dalam mewujudkan potensi penuh mereka dan memenuhi target keberlanjutan nasional di empat pasar utama yakni, pengemasan (packaging), infrastruktur (infrastructure), consumer care, dan transportasi (transportation).

"Dow merupakan perusahaan inklusif yang menyambut baik kemitraan dengan semua pemangku kepentingan dalam mendorong perubahan positif di industri dan secara nasional," kata Presiden Dow Indonesia Riswan Sipayung di Cilegon, Banten, Senin (28/8/2023).

Selama 50 tahun terakhir, Dow telah tumbuh bersama dan mendukung perkembangan sektor industri di Indonesia dengan menyediakan produk dan solusi material science yang inovatif, fokus kepada pelanggan, aman, dan berkelanjutan. 

Di Indonesia, Dow telah beroperasi sejak tahun 1973. Berkantor pusat di Jakarta, Dow memiliki satu fasilitas produksi di Cilegon, yang khusus memproduksi styrene acrylic emulsion berbasis air yang lebih ramah lingkungan, tidak berbau, lebih tahan lama, dan lebih aman daripada emulsi berbasis pelarut.

"Dow adalah perusahaan global dan pemimpin dalam material science. Kami menggabungkan ilmu pengetahuan dan teknologi canggih untuk memberikan berbagai solusi yang inovatif dan berkelanjutan bagi mitra, masyarakat, dan lingkungan. Secara global, kami memiliki fasilitas produksi di 31 negara dan mempekerjakan sekitar 37.800 orang," kata Riswan.

Riswan mengatakan, fasilitas produksi Dow yang ada di Cilegon telah beroperasi selama 25 tahun sejak tahun 1997. "Pabrik kami di Cilegon, memproduksi styrene acrylic emulsion berbasis air yang lebih ramah lingkungan dan lebih aman bagi kesehatan dibandingkan dengan berbasis pelarut. Teknologi berbasis air tidak berbau, lebih tahan lama dan lebih rendah VOC (Volatile Organic Compounds)," ujarnya.

Riswan mengungkapkan, styrene acrylic emulsion berbasis air yang diproduksi oleh fasilitas Cilegon banyak diaplikasikan untuk kebutuhan industri pengemasan, bangunan dan konstruksi. Mayoritas produk yang dihasilkan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, dan 20% sisanya diekspor ke negara-negara Asia.

"Dow selalu memastikan penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan berkomitmen terhadap investasi sosial yang memberikan dampak positif bagi keberlanjutan bisnis, masyarakat, dan lingkungan," ungkap Riswan.

Berbagai penghargaan yang diperoleh fasilitas Dow Cilegon antara lain Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) dari Menteri Lingkungan Hidup Indonesia dengan peringkat 100% Memenuhi, selama lebih dari 10 tahun sejak tahun 2011 - 2022, Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian, kategori Emas untuk Responsible Care Indonesia Award pada tahun 2017 dan 2019, serta Gold Healthy Culture Index sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2023.

Sebagai informasi, portofolio Dow dalam bisnis plastik, bahan industri setengah jadi (intermediates), zat pelapis (coating), dan silikon, menghadirkan beragam produk serta solusi unik berdasarkan sains untuk para pelanggan di industri yang berkembang pesat, seperti pengemasan, infrastruktur, mobilitas serta aplikasi pada pelanggan. 

Dow mengoperasikan fasilitas produksi di 31 negara dan mempekerjakan sekitar 37.800 karyawan. Dow mencatat penjualan sekitar 57 miliar USD pada tahun 2022. Penyebutan Dow atau Perusahaan merujuk pada Dow Inc. dan sejumlah anak usahanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…

Warga Mampang menerima bantuan BRI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:01 WIB

BRI Warung Buncit Serahkan Bantuan Sarana Kegiatan di 3 RT Wilayah Mampang

Kantor Cabang BRI (Bank Rakyat Indonesia) Warung Buncit Jaksel menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perlengkapan untuk kegiatan warga kepada RT001, RT008, RT,009 RW001 Kelurahan Mampang…

 PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:26 WIB

Gunung Bara Utama Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Kutai Barat

PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.