Dow Berkomitmen Sediakan Produk dan Solusi Material Science yang Inovatif di Empat Pasar Utama

Oleh : Hariyanto | Senin, 28 Agustus 2023 - 20:25 WIB

Presiden Dow Indonesia Riswan Sipayung
Presiden Dow Indonesia Riswan Sipayung

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan material science, Dow terus berkomitmen untuk membantu para pemangku kepentingan di Indonesia dalam mewujudkan potensi penuh mereka dan memenuhi target keberlanjutan nasional di empat pasar utama yakni, pengemasan (packaging), infrastruktur (infrastructure), consumer care, dan transportasi (transportation).

"Dow merupakan perusahaan inklusif yang menyambut baik kemitraan dengan semua pemangku kepentingan dalam mendorong perubahan positif di industri dan secara nasional," kata Presiden Dow Indonesia Riswan Sipayung di Cilegon, Banten, Senin (28/8/2023).

Selama 50 tahun terakhir, Dow telah tumbuh bersama dan mendukung perkembangan sektor industri di Indonesia dengan menyediakan produk dan solusi material science yang inovatif, fokus kepada pelanggan, aman, dan berkelanjutan. 

Di Indonesia, Dow telah beroperasi sejak tahun 1973. Berkantor pusat di Jakarta, Dow memiliki satu fasilitas produksi di Cilegon, yang khusus memproduksi styrene acrylic emulsion berbasis air yang lebih ramah lingkungan, tidak berbau, lebih tahan lama, dan lebih aman daripada emulsi berbasis pelarut.

"Dow adalah perusahaan global dan pemimpin dalam material science. Kami menggabungkan ilmu pengetahuan dan teknologi canggih untuk memberikan berbagai solusi yang inovatif dan berkelanjutan bagi mitra, masyarakat, dan lingkungan. Secara global, kami memiliki fasilitas produksi di 31 negara dan mempekerjakan sekitar 37.800 orang," kata Riswan.

Riswan mengatakan, fasilitas produksi Dow yang ada di Cilegon telah beroperasi selama 25 tahun sejak tahun 1997. "Pabrik kami di Cilegon, memproduksi styrene acrylic emulsion berbasis air yang lebih ramah lingkungan dan lebih aman bagi kesehatan dibandingkan dengan berbasis pelarut. Teknologi berbasis air tidak berbau, lebih tahan lama dan lebih rendah VOC (Volatile Organic Compounds)," ujarnya.

Riswan mengungkapkan, styrene acrylic emulsion berbasis air yang diproduksi oleh fasilitas Cilegon banyak diaplikasikan untuk kebutuhan industri pengemasan, bangunan dan konstruksi. Mayoritas produk yang dihasilkan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, dan 20% sisanya diekspor ke negara-negara Asia.

"Dow selalu memastikan penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan berkomitmen terhadap investasi sosial yang memberikan dampak positif bagi keberlanjutan bisnis, masyarakat, dan lingkungan," ungkap Riswan.

Berbagai penghargaan yang diperoleh fasilitas Dow Cilegon antara lain Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) dari Menteri Lingkungan Hidup Indonesia dengan peringkat 100% Memenuhi, selama lebih dari 10 tahun sejak tahun 2011 - 2022, Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian, kategori Emas untuk Responsible Care Indonesia Award pada tahun 2017 dan 2019, serta Gold Healthy Culture Index sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2023.

Sebagai informasi, portofolio Dow dalam bisnis plastik, bahan industri setengah jadi (intermediates), zat pelapis (coating), dan silikon, menghadirkan beragam produk serta solusi unik berdasarkan sains untuk para pelanggan di industri yang berkembang pesat, seperti pengemasan, infrastruktur, mobilitas serta aplikasi pada pelanggan. 

Dow mengoperasikan fasilitas produksi di 31 negara dan mempekerjakan sekitar 37.800 karyawan. Dow mencatat penjualan sekitar 57 miliar USD pada tahun 2022. Penyebutan Dow atau Perusahaan merujuk pada Dow Inc. dan sejumlah anak usahanya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri Basuki : Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air

Senin, 29 April 2024 - 15:36 WIB

Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri Basuki : Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air

Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) Tahun 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) menyelenggarakan Puncak HAD…

Touring Gass Tipiiss

Senin, 29 April 2024 - 15:04 WIB

Touring Gass Tipiiss Promosikan Pariwisata Padang

Keindahan alam Sumatera Barat rupanya menarik bagi sekelompok orang yang menyukai traveling keliling Indonesia sambil mengendarai motor.

Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) mengumumkan pembukaan resminya pada bulan September 2024.

Senin, 29 April 2024 - 14:48 WIB

Sekolah Terkemuka Inggris, Wellington College, Siap Membuka Cabang Pertamanya di Indonesia

Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) yang merupakan pengembangan Wellington College di Inggris, mengumumkan pembukaan resminya di Jakarta pada bulan September 2024.

PT. Yupi Indo Jelly Gum

Senin, 29 April 2024 - 13:29 WIB

Katakan Tidak pada Bullying

Masa sekolah yang seharusnya menjadi masa yang indah, realitasnya tidak untuk sebagian anak. Masa sekolah menjadi waktu yang penuh dengan ketakutan, kecemasan, dan penderitaan yang disebabkan…

Pavilion Indonesia di EXPOMED EUROSIA 2024

Senin, 29 April 2024 - 11:53 WIB

Siap Dobrak Pasar Eropa, Kemenperin Boyong Sembilan Industri Alat Kesehatan Nasional Mejeng di Turki

Industri alat kesehatan nasional terus berupaya menembus pasar ekspor seiring dengan produk-produknya yang semakin berkualitas dan berdaya saing global. Hal ini diwujudkan lewat keikutsertaan…