Sediakan Fasilitas Water Station, Pengguna LRT Jabodetabke Kini Bisa Isi Ulang Air Minum Secara Gratis

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 20 Agustus 2023 - 14:06 WIB

Merdeka dari plastik, pengguna LRT Jabodetabek sekarang bisa isi ulang air minum secara gratis.
Merdeka dari plastik, pengguna LRT Jabodetabek sekarang bisa isi ulang air minum secara gratis.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk memastikan kenyamanan penumpang, LRT Jabodebek yang diresmikan Presiden Joko Widodo tanggal 18 Agusutus 2023 menyediakan water station. Fasilitas ini berfungsi sebagai area pengisian ulang air minum yang dapat dinikmati oleh para penumpang secara cuma-cuma. 

Water station dilengkapi water purifier dari Coway, perusahaan pemurni air dan pemurni udara no.1 Korea Selatan. Berbeda dengan water dispenser yang menggunakan galon guna ulang, water purifier memungkinkan air yang diakses penumpang terjaga kebersihannya dan bebas dari kontaminasi zat berbahaya seperti mikroplastik dan Bisphenol A (BPA).

"Dengan menggunakan water purifier, masyarakat cukup bawa tumbler dan bisa isi ulang air minum dari water purifier Coway," jelas Jeon Chan, Chief of Marketing Department Coway Indonesia. 

Partisipasi Coway dalam penyediaan water purifier yang telah terpasang Stasiun Dukuh Atas dan Stasiun Jati Mulya per Kamis (10/8/2023) juga merupakan bentuk dukungan terhadap program Go Green dari LRT Jabodebek. Penumpang LRT Jabodebek dapat berpartisipasi mengurangi sampah botol plastik.

Dari sisi manajemen fasilitas, pihak LRT Jabodebek juga dimudahkan dengan penggunaan water purifier karena tidak perlu lagi bergantung pada galon guna ulang karena perangkat canggih ini dapat tersambung dengan sumber air perpipaan maupun air tanah. 

Sebelum dilakukan pemasangan, analisis air dilakukan di Coway Water Quality Laboratory, bagian dari kerja sama Coway dengan Institut Teknologi Bandung. Hal ini bertujuan untuk memastikan air dari sumbernya memenuhi prasyarat kualitas berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan tentang standar baku mutu kesehatan air.

CORE (CHP-671R), yang ditempatkan pada Stasiun LRT Jabodebek merupakan varian water purifier dengan kapasitas 21.1 liter dengan kemampuan pengisian otomatis sehingga ideal untuk area perkantoran dan publik dengan kebutuhan air yang banyak. Efektif menangkal 106 jenis kontaminan karena memiliki 5 tahap filtrasi, produk ini juga memiliki fitur air panas dan air dingin.

Sebagai perusahaan yang memiliki keahlian di bidang pemurnian air dan udara selama lebih dari 30 tahun, Coway berdedikasi menghadirkan inovasi berkelanjutan yang berfokus pada teknologi, produk inovatif, dan riset terkait filtrasi lewat riset dan pengembangan di Coway Environmental Technology Research Institute. 

Untuk mengakomodir kebutuhan pasar muslim, Coway telah mengantongi sertifikat halal dari JAKIM pada tahun 2010 untuk rangkaian produk dan filternya.

Dalam waktu dekat, penumpang yang singgah di 15 stasiun lainnya; Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir 1, Cikunir 2, dan Bekasi Barat dapat turut merasakan kenyamanan mengisi ulang air minum di water station.

Fasilitas yang sama juga telah hadir sejak April 2023 di beberapa stasiun kereta api, diantaranya Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan Stasiun Malang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 WIB

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman…