KEK Kendal Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Terbaik 'Nomor Satu' di Indonesia

Oleh : Ridwan | Kamis, 17 Agustus 2023 - 20:40 WIB

Presiden Jokowi dan PM Singapore Resmikan KIK-foto Dok Istana Presiden
Presiden Jokowi dan PM Singapore Resmikan KIK-foto Dok Istana Presiden

INDUSTRY.co.id - Kendal - Sekretaris Menteri Koordinator (Sesmenko) Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kendal, Dico M Ganinduto atas capaian yang diraih oleh Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal.

Susiwijono menyebut bahwa KEK Kendal menjadi yang terbaik diantara 20 KEK yang ada di Indonesia.

“Dari sisi capaian KEK Kendal yang paling bagus di antara 20 KEK nasional," katanya dalam keterangan kepada awak media di Kendal, Kamis (17/8/2023).

Capaian tersebut papar Susiwijono tercermin dari jumlah pelaku usaha di KEK Kendal yang hingga saat ini sudah mencapai 90 perusahaan sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong pada November 2016 lalu.

Tak hanya itu, bahkan dari 1000 hektare lahan yang ada di KEK Kendal, utilisasinya telah mencapai 90 persen.

"Ke depannya beberapa perusahaan masih akan ground breaking di KEK Kendal, sudah antri. KEK Kendal menurut kami nomor satu di Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengucapkan terima kasih kepada Sesmenko yang telah berkunjung ke Kendal, dan sempat merayakan HUT ke-78 RI dengan mengikuti upacara di KEK Kendal, bersama seluruh Dewan KEK Nasional, dalam rangka persiapan kunjungan Menkoperekonomian RI bersama Menteri Perdagangan dan Industri Singapura ke KEK Kendal, untuk melaksanakan ground breaking.

“Kita patut bersyukur KEK Kendal menjadi yang terbaik di Indonesia," ujar Bupati Dico.

Tapi menurutnya, KEK Kendal jangan berpuas diri dan harus terus berupaya untuk meningkatkan investasi.

"Dan tentunya kita selaku pemerintah, akan full support terhadap iklim investasi, bagaimana memberikan kemudahan berinvestasi, dan memastikan ekosistem investasi di Kabupaten Kendal semakin baik lagi,” ujarnya.

Selain itu, Dico juga mengakui bahwa selama dua tahun terakhir sudah banyak perubahan di KEK Kendal, mulai dari utility dan air bakunya yang sudah difasilitasi dari Kali Blorong, kemudian pipa distribusi gas juga sudah mulai dipasang yang diperkirakan akhir 2023 sudah tersambung.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kendal juga menyebut, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan kunjungan ke negara China, untuk bertemu dengan sejumlah calon investor. Dirinya berharap, akan mendapatkan investasi yang nilainya cukup besar.

“Sampai saat ini, nilai investasi yang masuk ke KEK Kendal mencapai angka Rp 48 triliun dan menyerap hampir 30 ribu tenaga kerja, total yang terserap di Kawasan Industri Kendal. Dari angka tersebut, 90 persennya adalah masyarakat asli Kabupaten Kendal,” pungkas Dico.

Untuk diketahui, KEK Kendal merupakan perusahaan joint venture antara dua pengembangindustri terkemuka di Asia Tenggara, yakni PT Jababeka Tbk. (KIJA) dari Indonesia dan Naming Sembcorp Development Ltd asal Singapura.

Dan melalui peraturan Pemerintah (PP) No.85/2019 yang dikeluarkan pada 18 Desember 2019, Kawasan Industri Kendal (nama awal -red) resmi ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan memiliki area pengembangan seluas 2.200 hektare.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pavilion Indonesia di EXPOMED EUROSIA 2024

Senin, 29 April 2024 - 11:53 WIB

Siap Dobrak Pasar Eropa, Kemenperin Boyong Sembilan Industri Alat Kesehatan Nasional Mejeng di Turki

Industri alat kesehatan nasional terus berupaya menembus pasar ekspor seiring dengan produk-produknya yang semakin berkualitas dan berdaya saing global. Hal ini diwujudkan lewat keikutsertaan…

Pelepasan ekspor produk handicraft dan kriya.

Senin, 29 April 2024 - 11:31 WIB

Buka Akses Pasar Produk UKM Indonesia ke Kanada, LPEI dan Diaspora Indonesia Berkolaborasi

Kolaborasi antar institusi Pemerintah melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai Lembaga Keuangan Pemerintah Indonesia dengan Atase Perdagangan (Atdag) Ottawa,…

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

Senin, 29 April 2024 - 10:55 WIB

ASLC Catat Laba Bersih Melonjak Hampir 8 Kali Lipat di Kuartal 1 2024

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp16,9 miliar di kuartal 1 2024, melonjak hingga hampir 8 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.…

Ilustrasi asuransi kendaraan

Senin, 29 April 2024 - 10:45 WIB

Tingkat Kecelakaan Mobil Meningkat, MPMInsurance Edukasi Pentingnya Asuransi Kendaraan

Belakangan ini kita membaca banyak berita terkait kelalaian berkendara yang menyebabkan kecelakaan tunggal maupun massal seperti salah satu kasus terbaru tentang kecelakaan mobil di pintu tol…

 Program Sharp Lovers Day - Sharp Fiestapora

Senin, 29 April 2024 - 10:42 WIB

Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day - Sharp Fiestapora

Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir…