Multipolar Technology Ingatkan Lembaga Pendidikan Agar Cegah Ancaman Siber dengan FortiGate Next-Generation Firewall

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:25 WIB

Network Group Department Head Multipolar Technology Ade Wachyu (tengah) bersama Solutions Specialist Multipolar Technology Fadhli Pratama (kiri) dan Naufal W. Gaspura (kanan) sedang menjelaskan tentang keunggulan solusi FortiGate Next-Generation Firewall kepada para peserta seminar “Secure Your Data by Preventing Cyber Threats in Learning Environment” yang diselenggarakan oleh Multipolar Technology di Jakarta, Selasa (15/8).
Network Group Department Head Multipolar Technology Ade Wachyu (tengah) bersama Solutions Specialist Multipolar Technology Fadhli Pratama (kiri) dan Naufal W. Gaspura (kanan) sedang menjelaskan tentang keunggulan solusi FortiGate Next-Generation Firewall kepada para peserta seminar “Secure Your Data by Preventing Cyber Threats in Learning Environment” yang diselenggarakan oleh Multipolar Technology di Jakarta, Selasa (15/8).

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Masih ingat dengan kasus kebocoran data mahasiswa sebuah perguruan tinggi tepat setahun lalu yang bahkan mengungkap bukan hanya nama, alamat, dan tanggal lahir, melainkan juga detail foto rumah, pekerjaan, dan slip gaji orang tua mahasiswa?

Itu hanya satu dari sekian banyak contoh betapa lembaga pendidikan, tidak peduli apakah sekolah dasar atau perguruan tinggi, negeri atau swasta, tak ubahnya perusahaan di industri lain seperti telekomunikasi, perbankan, asuransi, ritel, dan pertambangan yang tak luput dari incaran kejahatan siber.

Ade Wachyu, Network Group Department Head Multipolar Technology PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), mengatakan informasi akademik, data karyawan, data mahasiswa, dan data keuangan perguruan tinggi termasuk data krusial yang harus dijaga keamanannya supaya tak disalahgunakan oleh pihak yang tidak berkepentingan.

"Banyaknya kasus kebocoran data pribadi mahasiswa di ranah digital beberapa waktu lalu memaksa perguruan-perguruan tinggi untuk meningkatkan sistem keamanannya,” katanya dalam seminar bertema “Secure Your Data by Preventing Cyber Threats in Learning Environment” yang diselenggarakan oleh Multipolar Technology di Jakarta, Selasa (15/8).

Multipolar Technology, anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang fokus membantu proses automasi perusahaan berbagai sektor di Tanah Air, menawarkan berbagai solusi untuk mengantisipasi tindak kejahatan siber, salah satunya FortiGate Next-Generation Firewall.

FortiGate Next-Generation Firewall keluaran Fortinet merupakan solusi yang mampu menghalau ancaman keamanan siber secara komprehensif. Solusi itu bekerja dengan mengombinasikan antara fungsi firewall, network device filtering, application control, dan data loss prevention.

“Lembaga pendidikan di era digital saat ini amat perlu menggunakan solusi semacam itu karena banyak pintu yang memungkinkan malware, spam, phishing, dan virus lainnya menyusup ke jaringan internal yang terkoneksi dengan jaringan-jaringan internet dari luar,” lanjut Ade.

Bayangkan, setiap perguruan tinggi memiliki ribuan mahasiswa dan mereka menggunakan perangkat dan jaringan internet masing-masing (bring your own device/BYOD, bahkan kebanyakan dari internet publik, untuk mengakses web atau apps kampus tanpa tahu apakah semua itu terbebas dari malware atau tidak. Padahal, satu saja perangkat mahasiswa terinfeksi malware bisa menjalar ke seluruh jaringan yang ada.

Ancaman semacam itu pasti ada dan akan semakin banyak karena saat ini hampir semua sekolah dan universitas menaruh segala informasi, mulai dari data siswa/mahasiswa, tugas, hingga penilaian, pada server jaringan internal kampus. Hal itu berpotensi menjadi jalur pencurian data jika tak diproteksi. 

Fadhli Pratama, Solutions Specialist Multipolar Technology, menambahkan, FortiGate Next-Generation Firewall yang didukung FortiManager dan FortiAnalyzer saling terintegrasi membentuk security fabric sehingga cocok digunakan oleh lembaga-lembaga pendidikan karena mampu memfilter, menganalisis, dan memonitor segala bentuk ancaman siber, termasuk malware dan phishing, khususnya pada keamanan jaringan, sehingga terhindar dari praktik pencurian data seperti kasus-kasus sebelumnya.

Tidak hanya itu, FortiGate Next-Generation Firewall juga bertugas membatasi akses bandwidth agar sama rata dan bisa menentukan prioritas penggunaan bandwidth manakala siswa atau mahasiswa menggunakan jaringan internet sekolah atau kampus dalam waktu yang bersamaan.

Penggunaan solusi tersebut menjadi strategi ideal bagi lembaga pendidikan dalam upaya melindungi data sensitif, memastikan keamanan jaringan, sekaligus mewujudkan transformasi digital yang aman dan modern.

“Dengan tim yang expert dan berpengalaman di bidang keamanan siber, Multipolar Technology siap membantu lembaga-lembaga pendidikan, baik sekolah maupun universitas, yang ingin menggunakan solusi ini,” ujarnya. “Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati!”

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…

Edwin Pribadi

Jumat, 24 Mei 2024 - 14:51 WIB

Citi Indonesia Tunjuk Edwin Pribadi sebagai Head of Citi Commercial Bank

Citibank Indonesia (Citi Indonesia) mengumumkan penunjukan Edwin Pribadi sebagai Head of Citi Commercial Bank (CCB) untuk Indonesia yang telah efektif pada tanggal 7 Mei 2024.