Berkat Program Buma School Kelas Industri, BUMA Raih CSR Outlook Award 2023

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 02 Agustus 2023 - 20:32 WIB

Program Buma School Kelas Industri raih penghargaan CSR Outlook Award 2023.
Program Buma School Kelas Industri raih penghargaan CSR Outlook Award 2023.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk. (Delta Dunia Group), berhasil meraih penghargaan CSR Outlook Award 2023 untuk kategori Gold in Best Practice Education untuk program BUMA School Kelas Industri di site operasional PT Berau Coal LATI. 

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas upaya perusahaan dalam mengimplementasikan tata kelola ESG (Environmental, Social, and Governance) dan CSR (Corporate Social Responsibility) di setiap aspek operasional bisnisnya. 

Malam penghargaan CSR Outlook Award 2023 digelar di Soehanna Hall Jakarta, pada Selasa, 26 Juli 2023. CSR Outlook Award 2023 diadakan oleh PT Olahkarsa Inovasi Indonesia bekerjasama dengan Indonesian Business Council for Sustainable Development (IBCSD). 

IBCSD merupakan asosiasi dari beberapa perusahaan yang beroperasi di Indonesia yang berbagi komitmen dalam mendorong pembangunan berkelanjutan melalui pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, keseimbangan ekologis, dan pertumbuhan sosial. 

Apresiasi ini disambut baik oleh BUMA yang sebelumnya juga berhasil menjadi satu-satunya perusahaan yang dianugerahi penghargaan Kaltim Education Award pada tahun 2022.

“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen kami terhadap pendidikan berkelanjutan melalui inisiatif CSR perusahaan, khususnya Program BUMA School Kelas Industri yang mengimplementasikan Green Curiculum dan pelibatan masyarakat," kata Nanang Rizal Achyar, Direktur BUMA.

Salah satu wilayah operasional BUMA terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, di mana BUMA menyediakan layanan pertambangan untuk PT Berau Coal Site LATI Mining Operation. Selain menjadi lokasi pertambangan batu bara terbesar dan tertua di Kabupaten Berau, Operasi Pertambangan LATI merupakan area dengan penyerapan tenaga kerja tertinggi di Kalimantan Timur.

Tingginya potensi ekonomi di sektor pertambangan, khususnya batu bara, menyebabkan tingginya minat masyarakat setempat untuk bekerja di bidang ini. Namun, tingginya minat mereka tidak selaras dengan skill yang dibutuhkan oleh industri. 

Berangkat dari kondisi tersebut, BUMA menghadirkan BUMA School Kelas Industri sebagai salah satu program CSR Perusahaan untuk menjembatani kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja industri dan kompetensi tenaga kerja lokal.

Program BUMA School Kelas Industri diselenggarakan dalam rangka penerapan PSDM (Perencanaan Sumber Daya Manusia) yang berkelanjutan dengan konsep link and match berbasis pendidikan vokasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkar operasional BUMA. 

Seiring berjalannya program, BUMA School Kelas Industri berhasil meningkatkan keterserapan tenaga kerja lokal Berau sesuai dengan amanat dalam Peraturan Daerah Kabupaten Berau No. 8/2018 tentang Perlindungan Tenaga Kerja Lokal, terutama dalam menyiapkan tenaga kerja lokal yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Program ini merupakan upaya Perusahaan untuk memberdayakan tenaga kerja lokal, memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah, sekaligus mempromosikan masa depan yang berkelanjutan khususnya di Kabupaten Berau," ungkap Nanang.

Bekerja sama dengan sejumlah SMK di wilayah Berau, BUMA School Kelas Industri memberikan program pelatihan dan pengembangan khusus untuk meningkatkan kemampuan kerja para siswa, dengan menerapkan konsep link and match antara Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dengan dunia pendidikan. 

Selain itu, BUMA School menggelar program untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru di sekolah melalui inisiasi Training of Trainer (TOT) serta sertifikasi kompetensi. Tujuannya, agar program ini dapat berjalan secara mandiri dengan kualitas pengajar yang mumpuni sesuai dengan kebutuhan industri.

“Melalui upaya yang komprehensif ini, kami berharap BUMA School dapat menjadi program yang berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional BUMA, sekaligus mendukung program Pemerintah Pusat dan Daerah dalam meningkatkan serapan tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau,” tutup Nanang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…