Laba Operasional MMIX Q1 2023 Melonjak 36,1 Persen

Oleh : Wiyanto | Jumat, 14 Juli 2023 - 18:26 WIB

Public Expose Multi Medika Internasional
Public Expose Multi Medika Internasional

INDUSTRY.co.id-Jakarta-PT Multi Medika Internasional Tbk (“MMIX) bergerak di industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods) d produk kesehatan, F&B, kecantikan, dan gaya hidup yang merupakan industri yang cukup kompetitif dan dinamis.

MMI memiliki lisensi IP (Intellectual Property) Global dari Amerika dan Korea yang didistribusikan ke 17 pasar modern, termasuk minimarket, supermarket, pasar ritel, dan apotek. Selain itu MMIX juga berfokus mendistribusikan berbagai produk ke e-commerce. Terbukti dari strategi tersebut MMIX berhasil mencatatkan Laba Bruto pada tahun 2022 sebesar Rp91,31 miliar, atau meningkat 34,89% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

MMIX dapat memanfaatkan peluang Kerjasama dengan mitra bisnis, baik lokal maupun internasional, untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing. MMIX dapat mengambil manfaat dari perkembangan industry Kesehatan dan kecantikan di Indonesia, yang diprediksi akan tumbuh sekitar 10% per tahun hingga 2025

Direktur Utama PT Multi Medika Internasional Tbk, Mengky Mangarek mengatakan, saat ini MMIX didukung dengan jaringan distribusi Modern Trade Channel yang luas di seluruh Indonesia. Performance perseroan diperkirakan akan terus bertumbuh seiring dengan pertumbuhan jumlah Modern Trade di Indonesia. Selain itu, salah satu keunggulan lainnya adalah Perseroan mendapatkan kepercayaan sebagai Pemegang Lisensi IP Internasional dari Korea dan Amerika.

Kedepannya Perseroan akan terus berusaha untuk mendapatkan dan memperbanyak kerjasama lisensi untuk meningkatkan kinerja perseroan. Perseroan berencana untuk memperluas bisnis Perseroan dengan memasarkan produk-produk F&B seperti RTD Coffee, personal care, beauty care dan menyelenggarakan Event-event kelas internasional.

Sementara menurut Direktur Keuangan, Eveline Natalia Susanto, pada tahun 2022 MMIX, membukukan jumlah asset sebesar Rp196,86 miliar. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar Rp87,60 miliar atau 80,17% dari posisi tahun 2021 sebesar Rp109,27 miliar. Terjadinya peningkatan ini disebabkan oleh Perusahaan menerima dana hasil Penawaran Saham Perdana.

MMIX mencatat total pendapatan Perusahaan hingga akhir tahun 2022 adalah sebesar 175.09 miliar, menurun sebesar 3,71% atau sebesar Rp6,75 miliar dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp181,84 miliar. Penurunan di bagian pendapatan disebabkan terutama oleh Penurunan Permintaan Masker yang semakin melandai di tahun 2022. Akan tetapi, MMI masih melakukan pencapaian yang cukup baik yaitu hanya mengalami penurunan sebesar 3,71% jika dibandingkan penurunan penjualan masker secara nasional yang penurunannya sebesar 65%.

Namum pada kuartal 1 2023 MMIX kembali mencatatkan kinerja operasional yang positif .MMIX berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 11 miliar atau meningkat 36,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan kinerja keuangan dan operasional ini merupakan hasil dari strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh MMIX. Perusahaan terus berupaya untuk memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan.

Dalam rangka mengembangkan usaha, MMIX menargetkan pertumbuhan penjualan maksimal 15 persen pada 2023. Perusahaan juga berencana untuk memperluas jenis produk berlisensi intellectual property (IP) yang didistribusikan. MMIX optimis dengan prospek usaha yang akan datang dan akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja keuangan dan operasionalnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…