Laba Operasional MMIX Q1 2023 Melonjak 36,1 Persen

Oleh : Wiyanto | Jumat, 14 Juli 2023 - 18:26 WIB

Public Expose Multi Medika Internasional
Public Expose Multi Medika Internasional

INDUSTRY.co.id-Jakarta-PT Multi Medika Internasional Tbk (“MMIX) bergerak di industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods) d produk kesehatan, F&B, kecantikan, dan gaya hidup yang merupakan industri yang cukup kompetitif dan dinamis.

MMI memiliki lisensi IP (Intellectual Property) Global dari Amerika dan Korea yang didistribusikan ke 17 pasar modern, termasuk minimarket, supermarket, pasar ritel, dan apotek. Selain itu MMIX juga berfokus mendistribusikan berbagai produk ke e-commerce. Terbukti dari strategi tersebut MMIX berhasil mencatatkan Laba Bruto pada tahun 2022 sebesar Rp91,31 miliar, atau meningkat 34,89% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

MMIX dapat memanfaatkan peluang Kerjasama dengan mitra bisnis, baik lokal maupun internasional, untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing. MMIX dapat mengambil manfaat dari perkembangan industry Kesehatan dan kecantikan di Indonesia, yang diprediksi akan tumbuh sekitar 10% per tahun hingga 2025

Direktur Utama PT Multi Medika Internasional Tbk, Mengky Mangarek mengatakan, saat ini MMIX didukung dengan jaringan distribusi Modern Trade Channel yang luas di seluruh Indonesia. Performance perseroan diperkirakan akan terus bertumbuh seiring dengan pertumbuhan jumlah Modern Trade di Indonesia. Selain itu, salah satu keunggulan lainnya adalah Perseroan mendapatkan kepercayaan sebagai Pemegang Lisensi IP Internasional dari Korea dan Amerika.

Kedepannya Perseroan akan terus berusaha untuk mendapatkan dan memperbanyak kerjasama lisensi untuk meningkatkan kinerja perseroan. Perseroan berencana untuk memperluas bisnis Perseroan dengan memasarkan produk-produk F&B seperti RTD Coffee, personal care, beauty care dan menyelenggarakan Event-event kelas internasional.

Sementara menurut Direktur Keuangan, Eveline Natalia Susanto, pada tahun 2022 MMIX, membukukan jumlah asset sebesar Rp196,86 miliar. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar Rp87,60 miliar atau 80,17% dari posisi tahun 2021 sebesar Rp109,27 miliar. Terjadinya peningkatan ini disebabkan oleh Perusahaan menerima dana hasil Penawaran Saham Perdana.

MMIX mencatat total pendapatan Perusahaan hingga akhir tahun 2022 adalah sebesar 175.09 miliar, menurun sebesar 3,71% atau sebesar Rp6,75 miliar dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp181,84 miliar. Penurunan di bagian pendapatan disebabkan terutama oleh Penurunan Permintaan Masker yang semakin melandai di tahun 2022. Akan tetapi, MMI masih melakukan pencapaian yang cukup baik yaitu hanya mengalami penurunan sebesar 3,71% jika dibandingkan penurunan penjualan masker secara nasional yang penurunannya sebesar 65%.

Namum pada kuartal 1 2023 MMIX kembali mencatatkan kinerja operasional yang positif .MMIX berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 11 miliar atau meningkat 36,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan kinerja keuangan dan operasional ini merupakan hasil dari strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh MMIX. Perusahaan terus berupaya untuk memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan.

Dalam rangka mengembangkan usaha, MMIX menargetkan pertumbuhan penjualan maksimal 15 persen pada 2023. Perusahaan juga berencana untuk memperluas jenis produk berlisensi intellectual property (IP) yang didistribusikan. MMIX optimis dengan prospek usaha yang akan datang dan akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja keuangan dan operasionalnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…

Warga Mampang menerima bantuan BRI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:01 WIB

BRI Warung Buncit Serahkan Bantuan Sarana Kegiatan di 3 RT Wilayah Mampang

Kantor Cabang BRI (Bank Rakyat Indonesia) Warung Buncit Jaksel menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perlengkapan untuk kegiatan warga kepada RT001, RT008, RT,009 RW001 Kelurahan Mampang…

 PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:26 WIB

Gunung Bara Utama Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Kutai Barat

PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Rila Mandala

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:20 WIB

Terakreditasi IABEE, President University Siap Cetak Lulusan Ilmu Komputer Berstandar Internasional

Orang tua menginginkan anak-anaknya melanjutkan kuliahnya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, berupa kuliah di Perguruan Tinggi. Apalagi era teknologi, kemampuan menguasai teknologi akan…