Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina Berikan Pengarahan Kepada Perwira KRI dan KAL

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 10 Juni 2023 - 04:55 WIB

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina

INDUSTRY.co.id - Ambon-Untuk meningkatkan profesionalisme prajurit, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., M.Tr. Opsla, melaksanakan penyegaran PEK, Kumla dan Purba Jaga.

Kegiatan penyegaran tentang tindakan untuk meningkatkan kesiapsiagaan (Purba Jaga), Peran Penyelamatan Kapal (PEK) dan Hukum Laut Indonesia diberikan kepada Perwira KRI dan KAL jajaran Lantamal IX serta KRI yang sandar di Dermaga Irian Mako Lantamal IX, Jumat (9/6/2023). Demikian keterangan dari Puspen TNI dan Dispen Lantamal IX/Ambon.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kembali profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas sehari-hari, mengantisipasi bahaya kebakaran dan kebocoran pada KRI serta melaksanakan penegakan hukum di laut sesuai Undang-Undang yang berlaku.

Acara diawali paparan Aslog Danlantamal IX tentang Penyelamatan Kapal dan studi kasus, paparan Kadiskum Lantamal IX tentang Kewenangan TNI AL dalam penegakan hukum di Laut, paparan Komandan KAL Alkura tentang Purba Jaga di KRI/KAL dan diakhiri dengan pengarahan Danlantamal IX.

Dalam arahannya, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina menyampaikan tentang pentingnya penguasaan karakteristik dan komponen utama yang dimiliki alutsista, serta kemampuan dalam pemeliharaan Alutsista KRI dan KAL sehingga terhindar dari kerusakan akibat human error.

Selain itu, para Perwira harus punya tanggung jawab dalam membina prajuritnya, memiliki kepedulian terhadap permasalahan yang dihadapi prajurit serta dapat memberikan solusi terbaik, tingkatkan kedisiplinan prajurit dengan menerapkan peraturan militer dasar dan peraturan urusan dinas dalam khas TNI AL, hindari arogansi dalam bersikap dan bertindak terutama saat bersosialisasi dengan masyarakat, serta tetap jaga soliditas dan sinergitas sesama TNI-Polri.

Danlantamal IX juga berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan bekal pengetahuan dan meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit, sekaligus  penyegaran bagi seluruh prajurit agar selalu siaga dalam melaksanakan tugas sehari-hari serta mampu menjaga dan menegakkan kedaulatan negara yang meliputi penegakan hukum dan terwujudnya keamanan laut yuridiksi nasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ricco Survival Yubaidi, S.H., M.Kn., Ph.D. Notaris, PPAT, Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia

Rabu, 19 Juni 2024 - 08:05 WIB

PT Perorangan: Solusi Praktis untuk Percepatan Usaha di Indonesia

Dalam ekosistem bisnis di Indonesia, ada dua bentuk perseroan yang diakui secara hukum: Perseroan Perorangan (PTP) dan Perseroan Terbatas (PT). Masing-masing bentuk perseroan ini memiliki karakteristik…

MoU Binawan dengan Susie Care di Belanda.

Selasa, 18 Juni 2024 - 21:55 WIB

Binawan Siap Tempatkan Perawat Indonesia Bekerja di Fasilitas Milik Pemerintahan Belanda

Impian perawat Indonesia untuk bisa bekerja di benua Eropa, khususnya Belanda, kini terwujud lewat kerjasama yang terjalin antara Binawan Group dengan Susie Care.

Penyediaan dan penyaluran livestock (sapi hidup) untuk menjaga pasokan dna memenuhi permintaan selama HBKN.

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:06 WIB

Potong Ratusan Hewan Kurban, ID FOOD Dorong Peningkatan Konsumsi Protein Hewani Masyarakat

Jakarta - Memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Holding BUMN Pangan ID FOOD melaksanakan penyaluran dan pemotongan ratusan hewan kurban di sejumlah provinsi. Selain untuk memaknai…

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:00 WIB

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik, meluncurkan inovasi terbarunya, fasilitas Call Center untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Fasilitas Call Centre…

Rayakan Momen Idul Adha, Danone Indonesia Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 14:27 WIB

Rayakan Momen Idul Adha, Danone Indonesia Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia

Sejalan dengan semangat berbagi di Hari Raya Idul Adha 1445 H di tahun ini, Danone Indonesia kembali menyumbangkan dan membagikan hewan kurban kepada masyarakat melalui pabrik-pabriknya yang…