Survei Populix: Shopee Live jadi Streaming yang Sering Digunakan untuk Belanja Fashion dan Kecantikan Online

Oleh : Ridwan | Jumat, 09 Juni 2023 - 13:35 WIB

Ilustrasi Live Shopping melalui fitur streaming
Ilustrasi Live Shopping melalui fitur streaming

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebuah perusahaan riset, Populix merilis laporan “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” yang membahas tentang perilaku dan sikap pengguna terhadap live streaming ketika berinteraksi dan berbelanja melalui live streaming agar dapat memaksimalkan strategi dan mempelajari hambatan yang ada. 

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 506 laki-laki dan perempuan berumur 17-45 tahun pada bulan Mei 2023, mengungkapkan 69% responden mengatakan Shopee Live merupakan fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Shoppe Live jauh melampaui para pesaingnya, yakni TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%) dan LazLive (2%). 

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat Indonesia dengan hasil 60% responden, jauh melampaui TikTok Live (30%), LazLive (4%) dan Tokopedia Play (2%). 

Timothy Astandu, Co-Founder dan CEO Populix mengatakan, berbagai konten atraktif, kreatif dan interaksi yang proaktif menjadi keunggulan dari tren Live Shopping melalui fitur streaming. 

Selain itu, lanjutnya, promo menarik yang diberikan juga semakin meningkatkan daya beli masyarakat untuk berbelanja secara real-time. 

"Tidak heran saat ini sebagian besar pemain e-commerce di Indonesia mengembangkan fitur ini. Sehingga kami ingin mengerucut terhadap tren itu sendiri, apakah posisi platform pada market e-commerce saat ini mempengaruhi preferensi konsumen terhadap fitur live streaming yang dihadirkan dari masing-masing pemain," ungkap Timothy Astandu di Jakarta (9/6).

"Hal ini sejalan dengan hasil riset kami, di mana Shopee Live memiliki pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi dan pangsa pasar nilai transaksi tertinggi, dibandingkan para pesaingnya," tambahnya.

Sama seperti aktivitas berbelanja lainnya yang dipengaruhi oleh tahapan perjalanan, live shopping memiliki faktor-faktor yang mendasari preferensi pilihan konsumen saat berbelanja. 

Dua dari banyak elemen yang dianggap penting antara lain penawaran menarik yang tergabung dari gratis ongkir, diskon serta promo spesial dan kelengkapan kategori beserta pilihan produk yang luas.

Kelengkapan kategori menjadi faktor penting yang diperhatikan konsumen saat melakukan live shopping. Kelebihan live shopping yang dapat melihat dan bertanya secara langsung melalui video, mempengaruhi keputusan konsumen saat berbelanja untuk kategori tertentu. 

Pada riset ini terlihat bahwa kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85%); kecantikan, perawatan & kesehatan (54%), gaya hidup (41%), kebutuhan rumah tangga (33%), produk sehari-hari/FMCG (32%), elektronik (25%), dan ibu dan anak/kebutuhan bayi (16%). 

Hasil survei mengungkap juga bahwa dalam sebulan masyarakat dapat berbelanja dua hingga 4 kali dengan budget yang dikeluarkan sekitar Rp 200.000 dalam sekali transaksi.  

Fashion dan Kecantikan menjadi dua kategori dengan persentase paling tinggi diantara kategori lainnya, yang paling banyak dibeli saat live shopping. Kedua kategori tersebut menunjukan perputaran tren yang cepat, salah satunya melalui variasi hingga model produk yang dihadirkan. 

Tidak dapat dipungkiri, bahwa hal ini juga berjalan beriringan dengan peluang yang dilahirkan oleh kemajuan teknologi. Dimana saat ini, konten kreatif yang meliputi review, haul hingga rekomendasi produk dapat ditemui dimana saja, salah satunya melalui fitur live streaming. 

Konten-konten ini memang cenderung lebih banyak pada dua area kategori ini. Shopee Live menjadi fitur live streaming yang paling sering dipakai untuk membeli barang-barang kategori Fashion & Kecantikan. 

Untuk kategori Fashion, Shopee Live dipakai oleh 79% responden, jauh di atas pesaing terdekatnya TikTok Live (44%). Untuk kategori Kecantikan, Shopee Live dipakai oleh 71%, jauh di atas pesaing terdekatnya, TikTok Live (51%). 

Dalam meneliti fitur streaming untuk aktivitas live shopping, riset ini menggunakan 3 elemen untuk mendalami faktor kelengkapan kategori. 

Selain koleksi kategori yang lengkap, pilihan produk yang bervariasi juga mengambil peran khususnya untuk memenuhi setiap preferensi konsumen yang berbeda-beda. 

Pada survey ini, Shopee Live menduduki posisi terdepan dimana 74% responden memilih sebagai fitur live streaming yang menawarkan rangkaian produk yang paling lengkap dan paling variatif, jauh di atas para pesaingnya, yakni TikTok Live (20%), Tokopedia Play (10%) dan LazLive (9%). 

Dikatakan Timothy, menempati posisi terdepan bagi sebuah merk, tentunya bukan hanya keberhasilan dari satu faktor saja. 

"Selain kampanye yang dihadirkan secara konsisten, inisiatif lainnya seperti kolaborasi dengan brand atau pelaku usaha yang sejalan dengan tema kampanye serta pemilihan public figure yang memang dapat mendukung topik tersebut, dapat menjadi pilar guna menciptakan strategi yang efektif dan efisien," terangnya.

Faktor pertimbangan lainnya bergerak seputar penawaran menarik, dimana elemen ini memang terus menjadi daya tarik utama untuk berbelanja dengan cara apapun, baik offline, online hingga live shopping. 

Hal ini karena sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik. 

Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91%), diskon (87%), cashback (65%), voucher belanja (47%), special bundle (34%), dan exclusive product launch (20%).

Berdasarkan hasil riset tersebut, bisa disimpulkan bahwa Shopee Live menjadi fitur live streaming dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan fitur live streaming yang menawarkan diskon hingga cashback paling besar. 

Hal ini sejalan dengan hasil data yang memaparkan bahwa Shopee Live menduduki posisi pertama pada indikator merk/fitur live streaming yang paling disukai, jauh melampaui para pesaingnya, dimana Shopee Live (66%), TikTok Live (28%), Tokopedia Play (3%) dan LazLive (3%).  

Hal ini perlu diperhatikan oleh seluruh e-commerce platform yang menawarkan fitur live streaming untuk dapat memberikan pelayanan dan keuntungan bagi masyarakat supaya trend belanja ini dapat menjadi kebiasaan baru serta menambah pilihan kanal belanja bagi masyarakat. 

Akan tetapi, melihat tren live shopping yang baru saja masuk ke tahap awal perkembangan dan potensi besar yang masih banyak untuk ditawarkan kedepannya menjadikan peta persaingan ini semakin menarik untuk diperhatikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…