Optimalkan Keamanan Dunia Maya Indonesia, Badan Siber dan Sandi Negara Bermitra dengan Thales

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 06 Juni 2023 - 04:56 WIB

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Letnan Jenderal (Purn.) Hinsa Siburian, usai penandatanganan Mou bersalaman dengan Vice-President Thales Asia, Nicolas Bouverot. (Foto: Humas BSSN)
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Letnan Jenderal (Purn.) Hinsa Siburian, usai penandatanganan Mou bersalaman dengan Vice-President Thales Asia, Nicolas Bouverot. (Foto: Humas BSSN)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada triwulan pertama 2023, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengambil langkah besar untuk pengamanan dunia maya (industri internet) di Indonesia. BSSN menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Thales. Thales adalah pemain utama di industri keamanan siber Eropa dan pemain utama di sektor perlindungan data di dunia.

 

Pada September 2022, Indonesia mengesahkan undang-undang perlindungan data pertamanya. Itu terinspirasi oleh kerangka GPDR Uni Eropa yang menekankan perhatian Indonesia terhadap keamanan siber.

 

Dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2022 tentang Perlindungan Infrastruktur Informasi Vital (IIV), sebagai badan utama intelijen siber dan sinyal Indonesia maka BSSN berperan untuk mengawasi dan memperkuat keamanan siber Indonesia.

 

MoU tersebut ditandatangani di Jakarta oleh Letnan Jenderal (Purn.) Hinsa Siburian, Kepala BSSN, dan Nicolas Bouverot, Vice-President Thales Asia. Penandatanganan MoU ini dengan Thales sejalan dengan arahan Strategi Keamanan Siber Nasional (SKSN) untuk memperkokoh kolaborasi dengan perusahaan keamanan siber swasta. Para pemangku kepentingan SKSN terdiri dari administrator negara, pelaku bisnis, akademisi, dan masyarakat.

 

“Kami mengapresiasi keinginan Thales untuk bekerjasama dalam memperkuat kapasitas dan kapabilitas keamanan siber BSSN di Indonesia,” ujar Letnan Jenderal (Purn.) Hinsa Siburian, Kepala BSSN.

 

Hinsa melanjutkan, Thales, perusahaan multinasional terkemuka dengan keahlian yang luas dalam keamanan siber, diharapkan dapat bersama-sama mengembangkan solusi yang dapat membantu Indonesia mencapai kedaulatan siber secara nasional.

 

Sementara itu, Vice-President Thales Asia, Nicolas Bouverot, menyatakan apresiasinya menanggapi kolaborasi baru dengan BSSN, yang semakin memperkokoh pondasi keamanan siber Thales yang telah ada di Indonesia.

 

Nicolas mengungkapkan, perusahaan, pemerintah dan institusi di Indonesia yang paling membutuhkan jaminan keamanan siber perlu memastikan ketahanan sistem dan kegiatan mereka terhadap ancaman atau serangan siber.

 

“Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam keamanan siber, Thales siap mendampingi Indonesia demi mencapai kedaulatan siber. Kami akan membangun kapabilitas keamanan siber tersebut lewat pengalaman kami menangani berbagai institusi yang paling membutuhkan jaminan keamanan siber di Indonesia maupun di seluruh dunia didampingi oleh mitra kami, untuk memastikan tujuan kerjasama kami dengan BSSN tercapai,” papar Nicolas.

 

Sebagai pemimpin global dalam keamanan siber, Thales terlibat dalam setiap tahap pengamanan mata rantai keamanan siber, menawarkan solusi mulai dari penilaian risiko hingga perlindungan infrastruktur kritis, yang didukung oleh kemampuan deteksi dan respons ancaman siber yang komprehensif. Solusi-solusi ini terstruktur lewat tiga keluarga produk dan layanan, dimana telah menghasilkan penjualan lebih dari €1,5 miliar padat ahun 2022, yaitu:

 

  • Paket lengkap layanan keamanan siber, termasuk penilaian risiko, pelatihan dan simulasi, dan deteksi serta respons terhadap serangansiber;
  • Produk terpisah termasuk perangkat enkripsi dan sensor untuk melindungi sistem informasi penting;
  • Platform Keamanan Data, Manajemen Identitas & Akses sebagai layanan solusi, dan penawaran perlindungan &lisensi cloud yang lebih luas.

 

Pada 2023, Thales berencana merekrut 12.000 karyawan di seluruh dunia, termasuk lebih dari 700 ahli keamanan siber.

 

 

Tentang BSSN

BSSN adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah otoritas dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. BSSN menangani semua tugas dan fungsi dalam bidang enskripsi di Lemsaneg, serta keamanan informasi pengamanan penggunaan jaringan telekomunikasi berbasis protokol dan keamanan jaringan dan infrastruktur telekomunikasi yang ada di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

 

Tentang Thales

Thales (Euronext Paris: HO) adalah pemimpin global di sektor teknologi yang terbagi dalam tiga domain, yaitu Pertahanan & Keamanan, Dirgantara & Antariksa, serta Identitas Digital & Keamanan. Thales mengembangkan produk dan solusi yang membantu menjadikan dunia lebih aman, lebih hijau, dan lebih inklusif.

 

Grup ini menginvestasikan hampir €4 miliar per tahun di sektor riset dan pengembangan, terutama pada area-area kritikal seperti teknologi kuantum, edge computing, 6G, dan keamanan siber.

 

Thales memiliki 77.000 karyawan di 68 negara. Pada 2022, grup ini menghasilkan penjualan sebesar €17,6 miliar.

 

 

Tentang Thales di Indonesia

Thales telah hadir di Republik Indonesia selama lebih dari 40 tahun, mendukung pelaggan pemerintah dan institusional kunci di domain Pertahanan & Keamanan, Dirgantara, Identitas Digital & Keamanan, dan Antariksa.

 

Berpusat di Jakarta, Thales adalah penyedia solusi pertahanan jangka panjang untuk Angkatan Bersenjata Indonesia, membantu mereka memodernisasi sistem, mendigitalisasi, dan berinovasi untuk melindungi kedaulatan dan ekonomi Indonesia, bekerja sama dengan mitra Indonesia lokal yang kunci.

 

Di ranah sipil, Thales menyediakan solusi untuk identitas digital dan biometrik, keamanan siber, pengaturan lalu lintas udara, dan satelit komunikasi.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…