Perpaduan Olahraga dan Budaya Lokal di OnePrix 2023 Putaran 2 dalam Perputaran Roda Ekonomi Palangka Raya

Oleh : Herry Barus | Senin, 05 Juni 2023 - 09:37 WIB

Perpaduan Olahraga dan Budaya Lokal di OnePrix 2023 Putaran 2 dalam Perputaran Roda Ekonomi Palangka Raya
Perpaduan Olahraga dan Budaya Lokal di OnePrix 2023 Putaran 2 dalam Perputaran Roda Ekonomi Palangka Raya

INDUSTRY.co.id - Palangka Raya- Selama dua hari, kota Palangka Raya sukses menggelar OnePrix yang merupakan kasta kejuaraan nasional balap motor bebek tertinggi di tanah air. Masyarakat berbondong-bondong mendatangi Sirkuit Sabaru yang berada di ujung kota.

Banyak hal istimewa yang mengiringi gelaran OnePrix 2023 Putaran 2 di Sirkuit Sabaru, Palangka Raya. Selain ini merupakan pertama kalinya OnePrix digelar di Pulau Jawa, perpaduan unsur olahraga motorsports dan budaya lokal juga menonjol.

Pada hari kedua, balapan dibuka langsung oleh Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, S.E. Berbeda dari biasanya, pertunjukan tarian lokal khas Kalimantan Tengah. Unsur budaya setempat memang terlihat sejak hari pertama saat para umbrella girls memakai pakaian khas Kalimantan Tengah.

"Penyelenggaraan OnePrix tahun ini ada di lima kota," ucap Fairid. "Putaran pertama sudah terlaksana di Sentul dan saya bersyukur untuk agenda kedua musim ini, digelar di Palangka Raya. Bagi saya, yang membanggakan adalah ini merupakan penyelenggaraan pertama di luar Pulau Jawa.

Semoga ini menjadi momen pertukaran ilmu dari aspek keolahragaan. Saya berharap para tamu bisa menikmati Palangka Raya dan meninggalkan kesan baik terhadap kota ini."

Antusiasme warga Palangka Raya memang luar biasa. Baru pukul 10.00 WIB, seluruh tiket baik paddock maupun tribun sudah habis terjual. Tercatat ini merupakan rekor penonton OnePrix yang pernah ada sejak digulirkan 2019 lalu.

CEO PT.OMM, Arlan Perkasa Lukman, mengaku takjub sekaligus senang melihat respon masyarakat terhadap gelaran OnePrix 2023 Putaran 2 di Sirkuit Sabaru ini. Menurutnya, ini merupakan contoh bahwa event olahraga di daerah itu sangat krusial untuk pergerakan roda ekonomi di daerah.

"Animo luar biasa dari masyarakat Palangka Raya," ucapnya. "Gelaran ini memiliki dampak positif bagi perputaran ekonomi di wilayah Palangka Raya. Mulai dari hotel-hotel dan rumah makan yang terisi penuh untuk para tamu, tim peserta, hingga rental kendaraan.

Belum lagi dengan banyaknya UMKM yang terlibat dalam gelaran kali ini. Jangan lupakan oleh-oleh yang dibeli untuk dibawa pulang ke daerah masing-masing."

Arlan juga membuka kemungkinan untuk kembali ke Palangka Raya tahun depan. "Saya optimistis tren positif ini tetap berlanjut di penyelenggaraan-penyelenggaraan selanjutnya.

Melihat dari jumlah penonton yang hadir langsung ke Sirkuit Sabaru, serta keramahan warga kota Palangka Raya, bukan tidak mungkin kami akan mempertimbangkan pembukaan OnePrix musim depan."

Pada pertarungan kelas Novice, tiga rider Yamaha yakni Felix Putra Mulya, Chandre Hermawan, dan Fahmi Bassam berhasil menempati tiga urutan teratas. Bagi Felix, ini merupakan podium pertamanya di musim 2023. Rider asal Jawa Barat itu menyelesaikan 16 lap dengan catatan waktu 15 menit 18.849 detik.

"Saya senang bisa meraih kemenangan di sini," ucap Felix Putra Mulya dalam konferensi pers setelah balapan. "Sirkuitnya bagus dan saya berterima kasih kepada semua yang sudah mendukung saya di sini."

Sedangkan bagi Chandra, hasil ini memupuskan misinya untuk meraih double win di Sirkuit Sabaru. "Waktu di Sentul yang merupakan kandang Felix, saya berhasil juara," kata rider Aditama Racing tersebut. "Sekarang di Kalimantan yang notabene adalah rumah saya, Felix yang berhasil juara. Tetapi saya tetap senang atas hasil hari ini."

Untuk Fahmi, peringkat ketiga membuat dirinya tetap berada di papan atas klasemen sementara kelas Novice.

Sementara itu di kelas Expert, Riky Ibrahim sukses merebut posisi terdepan setelah memenangi duet sengit dengan Alfi Husni Zainul Fuadzi dan Wawan Wello. Riky menyelesaikan balap sebanyak 18 lap dengan catatan waktu 17 menit 17.060 detik. Di belakangnya ada Husni Zainul Fuadzi dan Wawan Wello yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga.

RACE RESULTS

DAY 1

Expert - M. Faerozi, Andi Gilang, Aditya Fauzi

Novice - Chandra Hermawan, Ahmad Saipulloh, Arfian Ramadhani

Rookie - Reykat Yusuf, Arai Agaska, Zachary Akbar

Beginner - Bintang Pranata Sukma, Resky HK, Sabian Fathul Ilmi

DAY 2

Expert - Riky Ibrahim, Alfi Husni, Wawan Wello

Novice - Felix Putra Mulya, Chandra Hermawan, Fahmi Bassam

Rookie - M. Diandra, Arai Agaska, Alvin Alfahrizi

Beginner - Danadyaksa Pangestu, Sabian Fathul Ilmi, Bintang Pranata

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…