Ketum IMI Tegaskan Indonesia Mampu Gelar Berbagai Kejuaraan Internasional dengan Sukses

Oleh : Herry Barus | Senin, 05 Juni 2023 - 06:00 WIB

Ketum IMI Tegaskan Indonesia Mampu Gelar Berbagai Kejuaraan Internasional dengan Sukses
Ketum IMI Tegaskan Indonesia Mampu Gelar Berbagai Kejuaraan Internasional dengan Sukses

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, CEO Bank Artha Graha International Christina Harapan, serta Ketua OC GulaVit Jakarta Eprix 2023 sekaligus Wakil Ketua Umum IMI Pusat Ananda Mikola, menyerahkan trophy kepada para juara balapan Formula E 2023 (GulaVit Jakarta Eprix 2023) hari kedua seri ke-11.

Juara 1 diraih Maximilian Gunther, disusul Jake Dennis, dan Mitch Evans. Sedangkan Team Winner diraih Maserati MSG Racing Team.

Diselenggarakan dua hari berturut-turut, tidak menyurutkan semangat penoton untuk tetap datang langsung ke arena AGI Jakarta International Eprix Circuit maupun ke kawasan Ancol untuk menyaksikan balap melalui berbagai layar yang disiapkan di sekitar kawasan Ancol.

"Lebih dari 160 ribu penonton memadati kawasan Ancol pada hari ini. Membuktikan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia dalam menonton balapan. Sekaligus membuktikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara hebat yang sukses menyelenggarakan berbagai kejuaraan balap dunia. Dari mulai Formula E, MotoGP, Superbike, hingga Asia Pacific Rally Championship, telah sukses diselenggarakan di Indonesia," ujar Bamsoet usai menyerahkan trophy kepada para Formula E 2023 (GulaVit Jakarta Eprix 2023) seri ke-11, di AGI Jakarta International Eprix Circuit, Ancol, Jakarta, Minggu (4/6/23).

Turut hadir antara lain, pengusaha nasional Tommy Winata, Co-Founder sekaligus Chief Championship Officer Formula E Operations Alberto Longo, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, Direktur Utama JakPro Iwan Takwin, Pembina IMI Pusat Tinton Soeprapto, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga IMI Pusat Junaidi Elvis, Direktur Sosial dan Lingkungan IMI Pusat Darma Mangkuluhur Hutomo, Komunikasi dan Media IMI Pusat Hasby Zamri serta Ketua Umum BPP Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Akbar Buchori.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, pada hari kedua Jakarta Eprix 2023, penonton juga disuguhkan berbagai UMKM yang disiapkan HIPMI. UMKM menjual berbagai produk dari mulai kuliner hingga merchandise Formula E. Penonton juga disuguhkan penampilan dari para musisi ternama. Antara lain, Slank, Cakra Khan, RAN, Lyodra, Angel Pieters, RAN, DJ KK, DJ Angger Dimas, serta DJ Yasmin.

"Kesuksesan dua hari penyelenggaraan Formula E di Jakarta ini menjadikan Jakarta kembali dipercaya menyelenggarakan Formula E di tahun 2024. Rencananya diselenggarakan pada 8 Juni 2023. Penjajakan perpanjangan kontrak hingga tahun 2030 akan dilakukan dengan Formula E Operation, dengan harga yang lebih kompetitif. Mengingat Indonesia memiliki banyak keunggulan dan telah terbukti mampu menyelenggarakan Formula E secara baik dan berkualitas," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, konsistensi penyelenggaraan Formula E juga sangat penting untuk menguatkan posisi Indonesia di G-20. Di tahun 2023 ini saja, dari 16 seri Formula E, sebanyak 15 seri dilakukan di negara G-20. Sisanya 1 seri dilakukan di Monako pada 6 Mei.

"Selain Indonesia, negara G-20 yang menjadi tuan rumah Formula E 2023 antara lain, Meksiko yang menyelenggarakan Formula E pada 14 Januari, Arab Saudi tanggal 27 dan 28 Januari, India tanggal 11 Februari, Afrika Selatan tanggal 25 Februari, Brazil tanggal 25 Maret, Jerman tanggal 22 dan 23 April, Amerika Serikat tanggal 24 Juni, Italia tanggal 15 dan 16 Juli, serta Inggris tanggal 29 dan 30 Juli," pungkas Bamsoet. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Airlangga

Minggu, 21 Juli 2024 - 10:26 WIB

Fondasi Kuat, Menko Airlangga Prediksi Ekonomi RI Akan Tumbuh di Atas 5%

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan fondasi perekonomian nasional terus mengalami penguatan seiring dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah.…

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:33 WIB

Rakernas, ALDEI Mengakselerasi Industri Logistik Digital Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta-Rakernas ALDEI (Asosiasi Logistik Digital Economy Indonesia) tanggal 18 Juli di Paxel HQ, Jakarta yang dibuka dengan dukungan Dewan Pembina ALDEI, sekaligus Wakil Ketua Umum KADIN, Yukki…

Ilustrasi Guru Honorer (Photo by KlikPositif.com)

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:03 WIB

Seratus Guru Honorer Dipecat di Jakarta, Komisi X: Istilah ‘Cleansing’ Terlalu Sadis...

Komisi X DPR RI mengkritik kebijakan pemecatan lebih dari seratus guru honorer di DKI Jakarta secara sepihak melalui sistem ‘cleansing’ atau ‘pembersihan’. Wakil Ketua Komisi XI DPR…

Ketua DPR Puan Maharani

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:59 WIB

Duh, MinyaKita Naik Harga dan Langka! Puan Maharani Minta Pemerintah Lakukan Ini...

Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani meminta Pemerintah untuk mengetatkan pengawasan terhadap distribusi minyak goreng bersubsidi merk MinyaKita yang harganya resmi mengalami kenaikan per Jumat…

Ilustrasi Pembangunan Smelter Freeport (Photo by CNN Indonesia)

Minggu, 21 Juli 2024 - 08:41 WIB

Mantap, Tuai Apresiasi! Smelter Freeport di Gresik Rampung, Siap Olah Konsentrat hingga 400 Ribu Ton Tahun Ini

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menilai smelter yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik secara tepat waktu dan lancar hingga memasuki masa beroperasi. Oleh karenanya,…