DANA dan Ant Group Umumkan Pemenang Wirausahawan Perempuan Lokal dari Penganugerahan Program SisBerdaya

Oleh : Hariyanto | Minggu, 04 Juni 2023 - 08:50 WIB

DANA dan Ant Group Umumkan Pemenang Program SisBerdaya
DANA dan Ant Group Umumkan Pemenang Program SisBerdaya

INDUSTRY.co.id - Jakarta – SisBerdaya, persembahan DANA dan Ant Group yang didedikasikan untuk memberdayakan wirausahawan perempuan Indonesia, khususnya ultra-mikro dan mikro mengumumkan enam Pemenang Utamanya di Jakarta. Para Pemenang Utama dari kompetisi presentasi final di Area 1 yang mewakili Kalimantan dan Sumatera adalah Siti Aswinda dari Medan dengan usaha makanan bernama ‘Bakso Makiji’ untuk kategori usaha mikro dan Efariany dari Pekanbaru yang memiliki usaha makanan yaitu ‘Bawang Kadedika’ untuk kategori usaha ultra-mikro.

Sementara itu, Pemenang Utama dari Area 2 yang mencakup wilayah Sulawesi, Jawa, Nusa Tenggara, dan Bali adalah Eka Shandy dari Makassar dengan usaha tenun dan kerajinan tangan bernama ‘Dituta’ untuk kategori usaha mikro dan Musridawanti dari Makassar dengan usaha kerajinan berjudul ‘Whantie Collection’ untuk kategori usaha ultra-mikro.

Adapun Pemenang Utama dari Area 3 yang mencakup wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi adalah Inne Viryani dari Tangerang dengan nama usaha Coklat dan Sambal Kurma ‘Riasafood’ untuk kategori usaha mikro dan Romauli Sri Astuti dari Jakarta Pusat dengan usaha makanan bawang goreng dengan nama Ulimus untuk kategori usaha ultra-mikro.

Kemenangan keeenam Pemenang Utama dinilai berdasarkan rencana bisnis mereka yang dipresentasikan selama kompetisi final. Kriteria penilaian mencakup model bisnis, skalabilitas operasional, proyeksi keuangan, hingga inovasi digital seperti pemasaran digital serta kecakapan finalis akan pemanfaatan QRIS.

Setiap Pemenang Utama berhak untuk mendapatkan hadiah senilai Rp20 juta (untuk kategori usaha ultra-mikro) dan Rp35 juta (untuk kategori usaha mikro) sebagai modal usaha yang dapat digunakan untuk mewujudkan rencana bisnis yang mereka bawakan selama proses kompetisi.

Selain keenam Pemenang Utama tersebut, program SisBerdaya juga memberikan penganugerahaan untuk 24 Wirausahawan Perempuan Unggul lainnya. Mereka akan mendapatkan hadiah berupada modal usaha untuk mengembangkan usahanya ke depan. Menariknya, seluruh pemenang SisBerdaya merepresentasikan jenis usaha yang beragam mulai dari tekstil seperti tenun, kriya, makanan kemasan.

“Sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami melihat perkembangan yang begitu pesat dari masing-masing peserta dalam memiliki pemahaman digitalisasi bisnis yang lebih mendalam dan mempersiapkan rencana usaha yang lebih berkelanjutan. Kami juga turut berterima kasih kepada seluruh pihak terlibat yang telah menjadi bagian dari SisBerdaya. Program SisBerdaya ikut membuktikan kolaborasi merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi perempuan Indonesia.” kata Agustina Samara, Chief People and Corporate Strategy Officer DANA Indonesia

“Ini menandakan keberhasilan berakhirnya program SisBerdaya, tetapi yang lebih utama, ini juga menandakan awal yang menggembirakan untuk para Pemenang dan Wirausahawan Perempuan Unggul dari program ini untuk mewujudkan mimpi dan inspirasinya. Kami ingin mendorong seluruh peserta SisBerdaya untuk terus menjalin kedekatan satu sama lain serta dengan komunitas lokal untuk memberdayakan kesuksesan wirausahawan perempuan lainnya,” ungkap Ms Carrie Suen, Senior Advisor, Global Affairs & Sustainability Strategies, Ant Group. 

Program SisBerdaya telah berlangsung selama tiga bulan lamanya yaitu sejak Maret hingga Mei 2023. Setelah menjaring lebih dari 2.400 pendaftar di berbagai daerah di Indonesia, 180 pendaftar yang paling menonjol kemudian dipilih untuk mendapatkan pendampingan selama sebulan lamanya dan pelatihan keterampilan dari berbagai ahli dari DANA, Ant Group, Pemerintah, dan mitra dari berbagai industri.

Selama Kompetisi Presentasi Final yang berlangsung hari ini, 30 finalis yang berasal dari tiga kategori area berbeda dari kategori usaha mikro dan ultra-mikro berkesempatan untuk mempresentasikan rencana bisnis mereka di depan para juri, yang terdiri dari Agustina Samara (Chief of People and Corporate Strategy DANA Indonesia), Rose Dian Sundari (Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK), Carrie Suen (Senior Advisor, Global Affairs & Sustainability Strategies, Ant Group), Septriana Tangkary (Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo), Mira Rahmawaty (Deputi Direktur Kelompok Pengembangan UMKM, Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen), dan Temmy (NAKAMA Program).

 “Kami dari OJK mengucapkan apresiasi atas penyelenggaraan SisBerdaya. Program ini sejalan dengan program OJK dan Pemerintah. Kami juga meminta dukungan dan kerja sama dari Kementerian, Lembaga, dan UMKM untuk bisa bersama-sama bersinergi dalam memastikan peningkatan literasi keuangan. Semua bisa diwujudkan dengan semangat yang sama.” kata Edwin Nurhadi, Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan.

“Kami mengapresiasi peran serta DANA dan Ant Group, sebagai bukti nyata pengembangan UMKM perempuan di Indonesia. Kami yakin peserta mendapatkan pengetahuan dan cara baru untuk menjadi pengusaha yang berdaya. Pemberdayaan UMKM merupakan sebuah usaha yang membutuhkan sinergi seluruh pihak. Harapannya, program ini tidak berhenti, semakin besar, dan terus berlanjut.” ujar Elsya M. S. Chani, Kepala Grup Pengembangan UMKM dan Keuangan Inklusif, Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia.

Guna menciptakan program yang berkelanjutan dan tepat guna, DANA dan Ant Group akan terus memantau kesesuaian rencana usaha seluruh pemenang dan menyediakan layanan konsultasi bisnis bersama dengan karyawan DANA apabila diperlukan oleh pemenang terkait.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…