Grup RS Siloam Merayakan 1 Dekade Berdirinya RS Siloam TB Simatupang

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 03 Juni 2023 - 12:47 WIB

Grup RS Siloam Merayakan 1 Dekade Berdirinya RS Siloam TB Simatupang
Grup RS Siloam Merayakan 1 Dekade Berdirinya RS Siloam TB Simatupang

INDUSTRY.co.id

Jakarta– Grup RS Siloam merayakan 1 dekade berdirinya RS Siloam TB Simatupang dengan tema Siloam for Everyone’s Heart. Perayaan ini merupakan wujud komitmen Grup RS Siloam untuk terus hadir dalam melayani berbagai kebutuhan kesehatan di Indonesia.

Perjalanan RS Siloam TB Simatupang selama 1 dekade telah menghadirkan beberapa pusat layanan unggulan yang komprehensif salah satunya adalah pusat unggulan kardiologi. Hingga hari ini RS Siloam TB Simatupang telah melakukan lebih dari 2,700 tindakan prosedur kardiologi yang termasuk pemasangan stent jantung (PCI), katerisasi jantung (CABG), open heart surgery, dan ablasi jantung.

Dalam kesempatan ini, RS Siloam TB Simatupang merayakan ulang tahunnya dengan berbagai rangkaian kegiatan. Salah satunya adalah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait layanan kardiologi untukpenderita fibrilasi atrium atau gangguan irama jantung (aritmia) dengan metode cryoablation. Metode pengobatan ini dilakukan secara prosedur minimal invasif dengan menggunakan energi beku di bawah 40 derajat Celsius yang diarahkan ke serambi jantung untuk menciptakan efek terapi. Metode ini memiliki tingkat keberhasilan yang sama atau bahkan lebih tinggi daripada metode radioterapi, namun dengan resiko yang lebih rendah. Saat ini, RS Siloam TB Simatupang merupakan rumah sakit swasta pertama di Jakarta yang mampu melakukan tindakan ini.

Berdasarkan data dari Perkumpulan Kardiologi Indonesia tahun 2019, penderita aritmia di dunia tercatat sebanyak lebih dari 37 juta kasus atau sebesar 0,51% dari total populasi dunia. Jumlah penderita aritmia secara global juga tercatat meningkat sebesar 33% dalam 20 tahun terakhir. Di Jakarta sendiri, berdasarkan penelitian dari Multinational Monitoring of Trend and Determinant in Cardiovascular Disease tahun 2021, angka kejadian gangguan irama jantung tercatat sebesar 0,2% dari jumlah populasi urban di kota Jakarta. Hal ini juga dipengaruhi oleh peningkatan persentase populasi usia lanjut di Indonesia dari 8% di tahun 2005 hingga di estimasi sebanyak 29% di tahun 2050.

Untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemeriksaan kesehatan jantung di masyarakat, RS Siloam TB Simatupang mengadakan kegiatan pemeriksaan EKG gratis untuk peserta Fun Run dan Mini Duathlon yang diselenggarakan pada tanggal 3 Juni 2023 di kawasan Tokyo Hub Pantai Indah Kapuk 2. Pemeriksaan ini akan dilakukan sebelum dan sesudah peserta menyelesaikan kegiatan dan hasilnya akan di analisa dan di paparkan oleh Prof. Dr. dr. Yoga Yuniadi, SP.JP (K), FIHA, FAsCC, FEHRA, selaku Chairman of The Arrhythmia Center di RS Siloam TB Simatupang. Selain itu, RS Siloam TB Simatupang juga akan melakukan roadshow untuk mensosialisasikan kepada dokter dan spesialis di berbagai kota di Indonesia terkait diagnosis aritmia melalui EKG dan pengenalan metode pengobatan cryoablation untuk pasien penderita aritmia.

Sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan masyarakat selama 10 tahun, RS Siloam TB Simatupang juga mengadakan berbagai kegiatan bakti sosial kepada masyarakat. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, RS Siloam TB Simatupang memberikan pemeriksaan kesehatan gratis untuk lebih dari 25 guru di 9 sekolah negeri dan swasta yang berada di sekitar Jakarta Selatan dari tanggal 2-6 Juni 2023. RS Siloam TB Simatupang bekerja sama dengan Smile Train Indonesia mengadakan operasi bibir sumbing gratis pada tanggal 22 dan 29 Juni 2023 untuk memberikan sedikit lebih banyak senyuman di Indonesia. Tidak hanya senyuman, RS Siloam TB Simatupang juga membantu masyarakat melihat indahnya dunia dengan mengadakan operasi katarak gratis pada tanggal 18 Juni untuk masyarakat sekitar.

‘Kami berterima kasih atas dukungan dari semua pihak yang memungkinkan kami terus melayani masyarakat di kota Jakarta Selatan dan sekitarnya selama 1 dekade. Perjalanan kami masih panjang dan kami akan terus berkembang untuk terus melayani seluruh masyarakat Indonesia dan menuju Indonesia yang lebih sehat,’ ujar dr. Dewi Anggraini, MARS, selaku Chief Executive Office RS Siloam TB Simatupang.

RS Siloam TB Simatupang merupakan bagian dari Grup RS Siloam yang beroperasional sejak tahun 2013. Selama 10 tahun, RS Siloam TB Simatupang telah menjadi salah satu rumah sakit pilihan di kota Jakarta Selatan dan telah melayani lebih dari 2.000 tindakan katerisasi, lebih dari 500 tindakan bedah saraf, serta membantu lebih dari 2.000 kelahiran. Didukung oleh lebih dari 140 dokter dan spesialis, serta lebih dari 290 perawat dan tenaga medis RS Siloam TB Simatupang sudah melayani lebih dari 6.000 pasien rawat jalan dan lebih dari 400 pasien rawat inap setiap bulannya. Dengan lebih dari 100 tempat tidur, RS Siloam TB Simatupang menyediakan berbagai fasilitas kesehatan pendukung seperti Cath Lab, MRI, Chemotherapy Center, dan Linear Accelerator (LINAC) untuk semakin melengkapi layanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…