Kementerian ESDM Gelar Sosialisasi SKEM dan LTHE untuk Lampu LED di Medan

Oleh : Ridwan | Jumat, 02 Juni 2023 - 16:37 WIB

Sosialisasi Pelaksanaan Keputusan Menteri ESDM tentang Standar Kinerja Energi Minimum (SKEM) dan Label Tanda Hemat Energi untuk Lampu LED dan Pameran Produk Lampu LED Dalam Negeri yang bertempat di Hotel Grand Inna Medan, Sumatera Utara
Sosialisasi Pelaksanaan Keputusan Menteri ESDM tentang Standar Kinerja Energi Minimum (SKEM) dan Label Tanda Hemat Energi untuk Lampu LED dan Pameran Produk Lampu LED Dalam Negeri yang bertempat di Hotel Grand Inna Medan, Sumatera Utara

INDUSTRY.co.id - Medan - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Keputusan Menteri ESDM tentang Standar Kinerja Energi Minimum (SKEM) dan Label Tanda Hemat Energi untuk Lampu LED dan Pameran Produk Lampu LED Dalam Negeri yang bertempat di Hotel Grand Inna Medan, Sumatera Utara.

Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Konversi Energi Kementerian ESDM, Gigih Udi Atomo tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain, Anggraini Ratri Nurwini (Sub-Koordinator Direktorat Konservasi Energi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM), Iswar Lubis (Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan), Rodianson Sipayung (Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), serta Padian Adi S. Siregar (Ketua Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Medan). 

Dalam sambutannya, Gigih menjelaskan mengenai urgensi dari sosialisasi yang diadakan oleh kementerian ESDM tersebut, yakni meneruskan Keputusan Menteri ESDM Nomor 135.K/EK.07/DJE/2022 tentang Standar Kinerja Energi Minimum dan Label Tanda Hemat Energi untuk Peralatan Pemanfaat Energi Lampu Light-Emitting Diode. 

Ia juga menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut antara lain untuk Menyampaikan informasi kepada masyarakat kebijakan pemerintah tentang standar kinerja energi minimum dan label tanda hemat energi untuk peralatan pemanfaat energi lampu light - emitting diode (LED).

Selain itu juga memberikan penjelasan kepada konsumen, masyarakat atau kelompok masyarakat mengenai penggunaan dan pemilihan produk lampu LED yang efisien melalui tanda label hemat energ. 

”Kami juga berharap akan adanya jalinan kerja sama seluruh pemangku kepentingan dalam hal kepatuhan pelaksanaan dalam penerapan kebijakan pemerintah khususnya konsumen, pedagang (retail) dan produsen produk lampu LED untuk memaksimalkan Penerapan Standar Kinerja Energi Minimum Untuk Peralatan Pemanfaat Energi,” ujarnya.

Anggraini Ratri Nurwini pada kesempatan tersebut menjabarkan lebih detail mengenai regulasi yang ada yang berkaitan dengan SKEM dan LTHE untuk lampu LED. 

”PERMEN ESDM nomor 14 Tahun 2021 tentang penerapan SKEM untuk Peralatan Pemanfaat Energi itu berisi difinisi SKEM dan Label Tanda Hemat Energi," kata Anggraini.

Lebig lanjut, ia menjelaskan, SKEM adalah spesifikasi yang memuat sejumlah persyaratan kinerja energi minimum pada kondisi tertentu secara efektif dimaksudkan untuk membatasi jumlah konsumsi energi maksimum dari produk pemanfaat energi yang diizinkan. 

"Sedangkan, Label Tanda Hemat Energi adalah label yang menyatakan produk peralatan pemanfaat energi telah memenuhi syarat hemat energi tertentu," tuturnya.

Pada kegiatan tersebut, Kadis Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis turut mengapresiasi yang dilakukan Kementerian ESDM dalam mensosialisasikan mengenai SKEM dan LTHE ini. 

Ia menerangkan, dalam mewujudkan komitmen penerapan konservasi energi untuk efisiensi energi dan PJU, pemerintah kota Medan telah inisiasi pelibatan pengadaan lampu dengan badan usaha atau swasta.

Sementara itu, Rodianson Sipayung sebagai perwakilan Aprindo Sumut juga turut mengapresiasi sosialisasi dan pameran yang diadakan. Pada momen diskusi, ia menyampaikan bahwa Aprindo akan memfasilitasi antara pemerintah dan pengusaha untuk memajukan produk- produk lokal 

Sedangkan Ketua Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Medan, Padian Adi S. Siregar menjelaskan mengenai tupoksi LAPK dalam rangka melindungi konsumen dari produk-produk termasuk produk lampu LED. 

Selain itu ia juga menjelaskan perilaku konsumen khususnya di Sumatera Utara. Dalam aspek ini, LAPK menjelaskan bahwa salah satu yang menjadi fokusnya ialah bagaimana konsumen cerdas menggunakan energi yang dipakai, LAPK juga menyampaikan akan mendorong konsumen untuk menggunakan lampu hemat energi. 

Diketahui budaya literasi konsumen di Sumut masih rendah. Seperti lampu, referensi dalam pemilihan lampu ialah hanya pada harga dan tingkat terangnya. Konsumen tidak banyak membaca informasi yang tertera pada produk lampu. 

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan pameran produk berbagai macam lampu hemat energi dari ALINDO dan Kingled. 

Selain pameran, dari ALINDO juga membuat demo mengenai smart LED dimana konsumen bisa mengatur mulai dari tingkat energi hingga keterangannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…