Inilah Sunway Medical Centre, Rumah Sakit Swasta Pertama yang Membuka IGD Anak di Malaysia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 02 Juni 2023 - 08:57 WIB

Sunway Medical Centre
Sunway Medical Centre

INDUSTRY.co.id - Sunway City – Departemen Instalasi Gawat Darurat anak (IGD) di Sunway Medical Centre, Kota Sunway Gedung D sudah beroperasi sehingga membuat menjadi rumah sakit swasta pertama yang memiliki fasilitas layanan berdedikasi khusus one-stop centre yang melayani kebutuhan bayi, anak-anak, dan remaja.

“Ada tiga zona di IGD anak – hijau, kuning dan merah yang menyediakan perawatan spesialisasi. Contohnya, ada 2 ruang spesialis yang dipersiapkan untuk anak dengan penyakit asma yang membutuhkan nebulizer sehingga mereka dapat dimonitor secara langsung. Zona merah diperlengkapi dengan alat medis canggih untuk resusitasi dan pemantauan lebih dekat”, jelas Dr Lee Soo Han, kepala departemen Instalasi Gawat Darurat Anak di Sunway Medical Centre, Kota Sunway yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (2/6/2023).

Tower D adalah one-stop center untuk kesehatan anak terpadu yang didedikasikan untuk anak-anak. SunMed diperlengkapi dengan tim terlatih dokter dan perawat khusus anak dengan pengalaman yang luas dari berbagai sub-spesialis untuk merawat pasien muda dengan efisien dan efektif. Klinik anak yang terletak di Gedung D bersama dengan Pusat Perkembangan Anak yang menawarkan layanan holistic untuk pasien muda kami, yang mana akan segera beroperasi.

Kamar rawat anak Unit Perawatan Intensif (ICU) Anak dan Unit Ketergantungan Tinggi (HDU) anak akan berlokasi di Gedung E dan akan dibuka secara bertahap. Departemen Radiologi terletak di sebelah Departemen Instalasi Gawat Darurat Anak dan memiliki pemindai Computerized Tomography (CT) terbaru, x-ray umum, dan layanan ultrasonografi, sementara layanan 3 Tesla MRI (Magnetic Resonance Imaging) canggih terbaru terletak di Lantai 1.

”Sebagai rumah sakit kuarter swasta terbesar di Malaysia, kami terus mencari cara inovatif untuk meningkatkan pengalaman pasien kami sekaligus menjaga kenyamanan dan kesejahteraan mereka. Departemen Instalasi Gawat Darurat Anak adalah bagian dari upaya kami untuk menyediakan perawatan khusus untuk pasien anak yang membutuhkan perawatan dan perhatian lebih”, kata Dr Seow Vei Ken, Chief Executive Officer Sunway Medical Centre, Kota Sunway.

SunMed terkenal dalam perawatan kanker, hematologi, terapi radionuklida bertarget, bedah dengan bantuan robot, transplantasi sumsum tulang, transplantasi ginjal, bedah jantung anak, ortopedi, gastroenterologi dan hepatologi, neurologi dan bedah saraf, jantung dan pembuluh darah, layanan wanita dan anak-anak, dsb. 

Dinobatkan sebagai “Rumah Sakit Internasional Tahun Ini” oleh IMTJ masing-masing pada tahun 2016 dan 2017, SunMed melayani hampir setengah juta pasien setiap tahun dan lebih dari 60.000 kunjungan pasien Internasional dari 170 negara. SunMed akan meningkatkan jumlah total tempat tidurnya dari 616 menjadi lebih dari 1.000 sambil memperluas jangkauan dan kedalaman layanan klinisnya.

Dato' Lau Beng Long, Presiden Sunway Healthcare Group berbagi bahwa SunMed telah berlabuh pada perawatan pasien berkualitas tinggi. "Sebagai salah satu rumah sakit regional terkemuka di Malaysia, kami berkomitmen untuk menyediakan perawatan terbaik di kelasnya yang didukung oleh spesialis terlatih Internasional dan teknologi terbaru. Kekuatan kami adalah dalam merumuskan rencana perawatan yang disesuaikan untuk pasien kami, dengan tujuan memberikan suasana 'rumah yang jauh dari rumah' di mana mereka dapat menikmati perawatan tanpa kerumitan dan tanpa rasa khawatir di sini.” ujarnya.

"Kesadaran akan kesehatan adalah langkah pertama. Ketika pasien luar negeri datang ke rumah sakit kami untuk perawatan, mereka sering kali sudah dalam kondisi stadium kanker yang lanjut, salah diagnosis atau diberikan perawatan dengan penanganan penanganan yang salah. Keluarga mereka menjadi sangat kesulitan karena mereka ingin orang yang mereka cintai menjadi pulih. Kami menyelengarakan seminar kesehatan untuk karyawan Kumparan Media sebagai bagian dari upaya sosialisasi kami untuk mendorong skrining kesehatan dini. Kami telah mengeluarkan paket all-in-one 3D1N skrining kesehatan dan wisata (bekerjasama dengan penawaran dari Sunway Hotel dan Sunway Lagoon), program skrining yang ditargetkan, PET digital - CT scan dan teknologi lainnya untuk memberikan diagnosis yang akurat dan pengobatan yang ditargetkan.” ujar Ms Faith Tang, Asisten Direktur, Pengembangan Bisnis Internasional, menjelaskan.

SunMed memiliki Pusat Pasien Internasional (IPC) satu atap khusus yang menangani kebutuhan pasien internasional dengan memberikan bantuan mulai dari membuat jadwal temu janji dokter untuk pasien, estimasi perkiraan biaya, juru bahasa dan pengaturan akomodasi hingga transportasi logistik dan lain-lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…