Nestlé Health Science bersama PERGEMI Luncurkan Gerakan Senam Sehat Lansia

Oleh : Herry Barus | Rabu, 31 Mei 2023 - 12:42 WIB

Nestlé Health Science bersama PERGEMI Luncurkan Gerakan Senam Sehat Lansia
Nestlé Health Science bersama PERGEMI Luncurkan Gerakan Senam Sehat Lansia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional 2023, Nestlé Health Science (NHS) Boost Optimum bersama dengan Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) meluncurkan Gerakan Senam Sehat Lansia belum lama ini  di Jakarta.

Peluncuran GSS Lansia merupakan tindak lanjut dari program 4 Sehat, 5 Bahagia bagi lansia yang telah diinisiasi tahun lalu. NHS Boost Optimum berharap GSS Lansia ini dapat mendorong kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya penerapan gaya hidup aktif bagi para lansia di Indonesia.

Hasil survei nasional mengenai Status Gizi dan Asupan Makanan Lansia di Indonesia pada 2021  bahwa prevalensi kurang gizi pada lansia di Indonesia cukup tinggi (11,7 % untuk usia 60-64 tahun dan 20,7% untuk usia di atas 65 tahun) , dan asupan makanan mereka tidak sesuai dengan kebutuhan baik dari segi energi, protein, maupun zat gizi mikro. Bagi lansia, hal ini dapat memicu resiko penurunan massa, kekuatan dan fungsi otot, yang dikenal dengan nama sarkopenia.

Ketua Umum PB PERGEMI Dr. dr. Nina Kemala Sari, Sp.PD-KGer, MPH menyampaikan, “Pengelolaan kesehatan lansia tidak hanya berfokus pada penyakit, tetapi juga pada optimalisasi kapasitas intrinsik dan kemampuan fungsional seseorang. Ada enam kapasitas intrinsik prioritas yang perlu dideteksi mulai dari tingkat komunitas yaitu kapasitas kognitif, kapasitas mobilitas, status gizi, fungsi penglihatan dan pendengaran, serta kapasitas mental. Keenam kapasitas intrinsik prioritas ini saling terkait satu sama lain.”

Penelitian yang dilakukan oleh Smith et al.(2020) membuktikan bahwa suplementasi gizi ditambah dengan latihan fisik dapat meningkatkan fungsi, status gizi dan kualitas hidup para lansia. “Kami senang dapat kembali berkolaborasi dengan PERGEMI untuk menghadirkan Gerakan Senam Sehat Lansia yang bertujuan untuk memberi panduan kepada para lansia untuk tetap aktif menjaga kesehatan fisik mereka.

“Hal ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Nestlé Indonesia bagi individu dan keluarga, di mana kami senantiasa berupaya menginspirasi masyarakat, dalam kesempatan ini ialah para lansia, untuk menerapkan pola hidup sehat dan aktif,” ujar Sufintri Rahayu, Direktur Corporate Affairs Nestlé Indonesia.

Selain penerapan pola hidup aktif, para lansia perlu menerapkan pola makan bergizi untuk membantu meningkatkan massa otot, kekuatan otot dan performa fisik. Untuk dapat memenuhi asupan protein dan energi, salah satunya dengan mengkonsumsi whey, protein berkualitas tinggi dan lengkap, dengan profil asam amino yang kaya dan leusin yang memiliki fungsi langsung terhadap kesehatan otot, pertumbuhan massa otot, serta mencegah pengecilan otot yang kerap terjadi seiring dengan pertambahan usia.

Marketing Manager Nestlé Health Science dr. Yulia Megawati menjelaskan, “Nestlé Health Science hadir untuk memberdayakan kehidupan yang lebih sehat melalui gizi. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi whey, disertai dengan melakukan olahraga/gerakan ringan pada lansia dapat meningkatkan massa otot, kekuatan otot, dan performa fisik. Salah satu produk kami, BOOST Optimum mengandung kebaikan protein whey yang telah terbukti secara klinis dapat meningkatkan kekuatan otot dalam enam minggu .”

Selain empat prinsip kesehatan seperti pola makan bergizi, olahraga teratur, kebersihan lingkungan, dan istirahat yang cukup, hal lain yang penting bagi para lansia ialah mendorong mereka untuk tetap bahagia di usia lanjut. Kebahagiaan dapat membantu para lansia untuk dapat terus aktif terhubung pada keluarga dan teman. Aktivitas seperti jalan-jalan, berkumpul, atau bermain dengan cucu dapat menjadi contoh untuk menstimulasi kebahagiaan pada lansia.

3 Disertai dengan aktivitas olahraga ringan secara rutin; BOOST Optimum juga dilengkapi BCAA, Omega 3, Omega 6, MUFAs, serta 30 vitamin dan mineral (Vitamin E, B6, A, B12, Zinc, Iron, Selenium, Biotin, Taurine, Chaloine, L-carnitine, dll.) untuk membantu menyediakan nutrisi yang lebih baik bagi lansia.

Dengan campuran prebiotik unik sebesar 70% FOS dan 30% Inulin, ditambah dengan strain probiotik Lactobacillus paracasei.

2 Tieland, M., et al. (2012). The impact of dairy protein intake on muscle mass, muscle strength, and physica performance in older individuals: a systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials. The American journal of clinical nutrition, 96(6), 1053-1061.

1 Data Riskesdas 2018

"Apresiasi bagi NHS Boost Optimum dan PERGEMI yang telah mempersembahkan Gerakan Senam Sehat Lansia. GSS Lansia dirancang berisikan gerakan-gerakan yang sederhana, mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Gerakan-gerakannya berfokus pada penguatan otot lengan dan paha. Beberapa tips untuk tetap produktif di usia senja adalah tercukupi asupan gizi, dan berolahraga atau bergerak setiap hari. Satu lagi, harus konsisten dalam menjalankannya. Badan yang sehat dapat mendorong jiwa untuk bahagia,” tutup  Minati Atmanegara, health motivator dan public figure.

Gerakan Senam Sehat Lansia dirancang tak hanya untuk lansia melainkan juga untuk orang dewasa yang ingin terhindar dari sarkopenia. NHS Boost Optimum berharap dapat menginspirasi masyarakat bahwa dengan tubuh yang kuat dan jiwa yang sehat, penuaan bukanlah suatu halangan untuk berbahagia di usia

 “Melalui inisiasi ini, kami berharap dapat berkontribusi dalam membangun budaya baru, yaitu generasi lansia yang bersemangat menikmati hidup dengan menerapkan pola, hidup sehat, dan aktif,” tutup dr. Yulia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…