Central Data Technology dan Akamai Technologies Jalin Kemitraan Strategis

Oleh : Herry Barus | Rabu, 31 Mei 2023 - 09:30 WIB

PT Central Data Technology (CDT)
PT Central Data Technology (CDT)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– , PT Central Data Technology (CDT) perusahaan penyedia solusi digital di Indonesia dan anak perusahaan CTI Group, dan Akamai Technologies Inc., perusahaan cloud yang mendukung dan melindungi kehidupan online, hari ini secara resmi mengumumkan kemitraan strategis di mana CDT dan Akamai akan menyediakan solusi komprehensif untuk mempercepat transformasi digital bagi bisnis di Indonesia.

Solusi ini ditujukan untuk semua perusahaan baik start-up dan enterprise, termasuk keamanan aplikasi & API, microsegmentation, zero trust, dan solusi cloud. Seiring meningkatnya transformasi digital dalam pertumbuhan perusahaan, transaksi digital juga berkembang pesat di Indonesia.

Menurut laporan dari Google, Temasek, and Bain & Company (2022), Indonesia mengalami pertumbuhan industri digital secara signifikan dari US$41 miliar pada 2019 menjadi US$77 miliar pada 2022. Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi p ekonomi digital Indonesia:

• Pertama, populasi generasi muda yang melek digital.

• Kedua, penggunaan seluler yang relatif tinggi memfasilitasi penggunaan situs e-commerce

 dan media sosial dalam transaksi jual-beli produk dan layanan.

• Ketiga, semakin populernya pembayaran digital yang berkorelasi dengan peningkatan konsumsi online.

Selain peluang ekonomi, peningkatan bisnis digital ini juga berdampak pada peningkatan serangan siber yang perlu menjadi perhatian perusahaan. Menurut Akamai’s H1 Ransomware Threat Report — APJ Deep Dive, wilayah Asia-Pasifik dan Jepang (APJ) mengalami lonjakan serangan siber sejak awal pandemi COVID-19. Organisasi di semua industri 80 persen lebih mungkin menjadi target serangan siber di APJ daripada di wilayah lain secara global dengan ransomware sebagai jenis serangan teratas. Indonesia juga menjadi salah satu dari lima Negara dengan jumlah serangan siber Conti terbanyak di APJ. Australia menempati urutan teratas dengan 45 persen, diikuti oleh India dan Indonesia.

“Dengan kolaborasi ini, kami menggabungkan produk dan layanan inovatif dari Akamai dengan keunggulan CDT dalam hal keahlian teknis dan pemahaman akan kebutuhan pelanggan di Indonesia. Melalui kerjasama ini kami ingin membantu bisnis mengatasi berbagai tantangan terkait peningkatan kebutuhan untuk menghadirkan Enterprise Business Application dengan keamanan yang lebih baik,” ujar Lugas Satrio, selaku Presiden Direktur CDT.

“Kami percaya bahwa dengan menghadirkan solusi digital yang handal dan terjangkau, kami dapat membantu bisnis digital berkembang dan bersaing di pasar global. Kerjasama dengan CDT akan memastikan kualitas dukungan terhadap produk dan layanan inovatif Akamai kepada perusahaan di Indonesia dalam upayanya mengakselerasi bisnis digital mereka,“ ujar Pratyush Raj, Director of Partnerships Akamai Technologies.

Akamai saat ini memiliki 4.300 point of presence (PoP) yang tersebar di kurang lebih 134 negara,menempatkan layanan cloud, storage, database, dan layanan penting lainnya lebih dekat dengan populasi yang tinggi, industri, dan pusat teknologi informasi. Melalui platform Connected Cloud yang menggabungkan tiga komponen cloud, security dan CDN, pengguna bisa mengembangkan bisnis digitalnya tidak hanya lebih cepat namun juga aman didukung oleh keahlian Akamai dalam keamanan siber, seperti keamanan App & API, ZeroTrust dan proteksi DDoS.

Sebagai mitra strategis Akamai di Indonesia, CDT menyediakan solusi dan layanan yang komprehensif, mulai dari konsultasi hingga implementasi dan lainnya. Selain itu CDT juga memiliki tim ahli yang berpengalaman, profesional, dan bersertifikat untuk memastikan pengalaman transformasi digital pelanggan yang mulus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…