PTPL Resmikan Lubricants Technology Center, Pusat Riset & Inovasi Pelumas Terbesar di Tanah Air

Oleh : Ridwan | Selasa, 30 Mei 2023 - 19:42 WIB

Lubricants Technology Center (LTC)
Lubricants Technology Center (LTC)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina Lubricants (PTPL) hari ini meresmikan Lubricants Technology Center, sebuah pusat riset dan inovasi pelumas terbesar di Indonesia.

Berdiri di atas lahan seluas 12.500 meter persegi (m2), LTC yang terletak di Plumpang, Jakarta Utara ini dinilai akan menjadi kiblat pengembangan pelumas serta specialties chemicals terkemuka di Tanah Air.

"LTC akan mendorong tercapainya aspirasi kami untuk menjadi perusahaan pelumas terdepan, 'The Leading Asian Champion' dengan produk dan layanan yang lebih adaptif, responsif dan fleksibel untuk berbagai aplikasi otomotif dan industri,” tutur Direktur Utama Pertamina Lubricants, Werry Prayogi di Jakarta (30/5).

Dengan fasilitas modern dan didukung oleh tenaga ahli yang profesional, LTC memiliki berbagai bagian yang saling terintegrasi. Salah satunya adalah Laboratorium Riset dan Pengembangan Produk, yang bertujuan untuk mendukung riset terapan dalam pemilihan teknologi aditif dan formulasi produk pelumas.

Di sini, para ilmuwan dan ahli teknis bekerja keras untuk mengembangkan pelumas inovatif yang sesuai dengan kebutuhan otomotif dan industri di Indonesia dan negara-negara lainnya, termasuk Australia, Thailand, dan Afrika Selatan.

LTC juga memiliki Laboratorium Oil Clinic yang bertanggung jawab untuk melakukan analisis minyak dan pemantauan yang komprehensif.

Pusat riset tersebut tidak hanya bertujuan untuk memproduksi pelumas berkualitas tinggi, tetapi juga untuk memberikan solusi pelumas yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasi pelanggan.

Selain fasilitas riset dan laboratorium, LTC juga mengoperasikan Integrated Lubrication Management Academy (ILMA), yang menyediakan fasilitas edukasi dan pelatihan bagi pelanggan.

Melalui ILMA, PT Pertamina Lubricants berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelanggan tentang pelumas, sehingga mereka dapat memaksimalkan manfaat yang diperoleh dari penggunaan pelumas yang tepat dalam operasi mereka.

Kegiatan Laboratorium di LTC mengikuti standar internasional American Society for Testing & Materials (ASTM). Selain itu, kedua laboratorium di LTC sudah bersertifikat ISO 17025:2017 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). 

"LTC merupakan investasi strategis untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis Pertamina Lubricants dalam menghadapi perubahan pasar yang semakin dinamis. Sebagai market leader, LTC memperkuat komitmen dan kapabilitas kami dalam inovasi produk dan layanan," terang Werry.

Menurutnya, kehadiran LTC sekaligus menjawab tantangan pesatnya pertumbuhan berbagai sektor di Indonesia yang berdampak pada peningkatan kebutuhan pelumas berkualitas. 

Dirinya mengatakan bahwa saat ini konsumen pelumas memiliki pengetahuan yang memadai sehingga Pertamina Lubricants dituntut untuk memberikan manfaat tambahan seperti fuel economy dan kemampuan melindungi mesin. 

"Dalam penggunaan pelumas untuk operasi bisnis, pelumas Pertamina juga mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasi pelanggan," tutur Werry.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…