PTPL Resmikan Lubricants Technology Center, Pusat Riset & Inovasi Pelumas Terbesar di Tanah Air

Oleh : Ridwan | Selasa, 30 Mei 2023 - 19:42 WIB

Lubricants Technology Center (LTC)
Lubricants Technology Center (LTC)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina Lubricants (PTPL) hari ini meresmikan Lubricants Technology Center, sebuah pusat riset dan inovasi pelumas terbesar di Indonesia.

Berdiri di atas lahan seluas 12.500 meter persegi (m2), LTC yang terletak di Plumpang, Jakarta Utara ini dinilai akan menjadi kiblat pengembangan pelumas serta specialties chemicals terkemuka di Tanah Air.

"LTC akan mendorong tercapainya aspirasi kami untuk menjadi perusahaan pelumas terdepan, 'The Leading Asian Champion' dengan produk dan layanan yang lebih adaptif, responsif dan fleksibel untuk berbagai aplikasi otomotif dan industri,” tutur Direktur Utama Pertamina Lubricants, Werry Prayogi di Jakarta (30/5).

Dengan fasilitas modern dan didukung oleh tenaga ahli yang profesional, LTC memiliki berbagai bagian yang saling terintegrasi. Salah satunya adalah Laboratorium Riset dan Pengembangan Produk, yang bertujuan untuk mendukung riset terapan dalam pemilihan teknologi aditif dan formulasi produk pelumas.

Di sini, para ilmuwan dan ahli teknis bekerja keras untuk mengembangkan pelumas inovatif yang sesuai dengan kebutuhan otomotif dan industri di Indonesia dan negara-negara lainnya, termasuk Australia, Thailand, dan Afrika Selatan.

LTC juga memiliki Laboratorium Oil Clinic yang bertanggung jawab untuk melakukan analisis minyak dan pemantauan yang komprehensif.

Pusat riset tersebut tidak hanya bertujuan untuk memproduksi pelumas berkualitas tinggi, tetapi juga untuk memberikan solusi pelumas yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasi pelanggan.

Selain fasilitas riset dan laboratorium, LTC juga mengoperasikan Integrated Lubrication Management Academy (ILMA), yang menyediakan fasilitas edukasi dan pelatihan bagi pelanggan.

Melalui ILMA, PT Pertamina Lubricants berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelanggan tentang pelumas, sehingga mereka dapat memaksimalkan manfaat yang diperoleh dari penggunaan pelumas yang tepat dalam operasi mereka.

Kegiatan Laboratorium di LTC mengikuti standar internasional American Society for Testing & Materials (ASTM). Selain itu, kedua laboratorium di LTC sudah bersertifikat ISO 17025:2017 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). 

"LTC merupakan investasi strategis untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis Pertamina Lubricants dalam menghadapi perubahan pasar yang semakin dinamis. Sebagai market leader, LTC memperkuat komitmen dan kapabilitas kami dalam inovasi produk dan layanan," terang Werry.

Menurutnya, kehadiran LTC sekaligus menjawab tantangan pesatnya pertumbuhan berbagai sektor di Indonesia yang berdampak pada peningkatan kebutuhan pelumas berkualitas. 

Dirinya mengatakan bahwa saat ini konsumen pelumas memiliki pengetahuan yang memadai sehingga Pertamina Lubricants dituntut untuk memberikan manfaat tambahan seperti fuel economy dan kemampuan melindungi mesin. 

"Dalam penggunaan pelumas untuk operasi bisnis, pelumas Pertamina juga mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasi pelanggan," tutur Werry.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Politisi Cantik Li Claudia Chandra

Jumat, 29 September 2023 - 07:30 WIB

Politisi Cantik Li Claudia Chandra Beri Semangat ke Kader Gerindra Sintang, Ingin Pastikan Gerindra Menang

Pemilu 2024 merupakan saat yang tepat bagi kita sebagai kader partai untuk memjadikan Prabowo Subianto sebagai Presiden serta memenangkan Gerindra di Pemilu Legislatif. Hal itu disampaikan Li…

Danamon Imbau untuk Jangan Sembarang Klik Supaya Aman dari Trick

Jumat, 29 September 2023 - 07:13 WIB

Danamon Imbau untuk Jangan Sembarang Klik Supaya Aman dari Trick

Akhir-akhir ini, penipuan online sering terjadi dalam berbagai jenis. Salah satunya adalah penipuan berupa website palsu. Penipuan ini harus diwaspadai karena biasanya para penipu melakukan…

Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto,

Jumat, 29 September 2023 - 07:04 WIB

INKAI Jalin Sinergitas, Solidaritas Sesama Karateka

Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. membuka Join Fun Karate Training Camp (JFKTC) dan Goes To Sensei (GTS) yang berlangsung selama 4 Hari dari tanggal 28 September sampai…

Ilustrasi Kalbe Farma Obat (Photo by Sriwijaya Post-Tribunnews.com)

Jumat, 29 September 2023 - 06:30 WIB

Komitmen Inovasi, Kalbe Farma Sukses Jadi Market Leader Produk Farmasi

Lima dekade silam dokter muda Boenyamin Setiawan meracik dan mengemas salep dari sebuah garasi di Jakarta Utara. Kini, usaha rintisan tersebut yang sekarang bernama Kalbe Farma sukses mencetak…

Agen BRiling melayani costumer

Jumat, 29 September 2023 - 04:49 WIB

Hybrid Bank—AgenBRILink Raih Penghargaan Bergengsi dari The Banker London

Kinerja impresif AgenBRILink yang dimiliki oleh BRI diakui secara global dengan diraihnya penghargaan internasional kategori Transformation Project dari The Banker dalam penghargaan ‘Innovation…