Tjufoo Apresiasi Pendiri Dua Brand Naungannya Masuk Forbes 30 Under 30 Asia 2023

Oleh : Nina Karlita | Senin, 29 Mei 2023 - 22:33 WIB

Kedua CEO Merek Naungan Tjufoo Masuk Forbes 30 Under 30 Asia 2023.
Kedua CEO Merek Naungan Tjufoo Masuk Forbes 30 Under 30 Asia 2023.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tjufoo mengakuisisi Dapur Cokelat sang legenda chocolate and cake, dan Muscle First, penyedia suplemen kesehatan, yang terbilang sukses berinovasi dalam menghadapi tantangan selama pandemi. 

Baru-baru ini, majalah Forbes Asia mengumumkan CEO Dapur Cokelat, Silvano Christian dan Founder Muscle First, Clinton Augusto dan Sally Varsy, masuk dalam jajaran Forbes 30 Under 30 Asia 2023, yang menjadi bukti nyata potensi bisnis direct-to-consumer di Indonesia.

Menurut Co-Founder & Chief Executive Officer Tjufoo, TJ Tham, sebagai brand aggregator yang menaungi Dapur Cokelat dan Muscle First, Tjufoo mengapresiasi Silvano Christian, serta Clinton Augusto dan Sally Varsy, yang sukses tergabung di Forbes 30 Under 30 Asia 2023. 

"Kami harap, kesuksesan mereka mampu menginspirasi brand dan talenta lokal lainnya untuk terus bertumbuh dalam membangun bisnisnya, dan sebagai house of brands, Tjufoo berkomitmen merangkul lebih banyak brand dan founder dengan growth-mindset agar bisa naik kelas melalui ekosistem kami yang growing,” kata Tj Tham. 

TJ Tham menambahkan, Tjufoo berharap melanjutkan peran nyatanya dalam memperkuat strategi bisnis Dapur Cokelat dan Muscle First. Peran tersebut dijalankan dengan memaksimalkan expertise Tjufoo dalam memberikan akses eksklusif ke jejaring industri yang luas hingga menyediakan infrastruktur online-to-offline-to-online (O2O2O) yang terdepan. 

"Langkah tersebut dilakukan untuk membantu Dapur Cokelat dan Muscle First untuk terus berinovasi dan memperkuat relevansinya dalam merangkul pasar yang lebih luas," kata TJ Tham. 

Bergabung dengan Dapur Cokelat yang pada tahun ini menginjak usia 22 tahun, Silvano Christian telah berhasil membuat Dapur Cokelat lebih relevan dengan memanfaatkan saluran penjualan online serta menambahkan titik penjualan “delivery point” di berbagai wilayah potensial agar dapat menjangkau pelanggan Dapur Cokelat lebih dekat. 

Sementara, Clinton Augusto dan Sally Varsy yang sekarang merupakan pasangan suami istri, memulai karir dengan bertahun-tahun menjual suplemen impor, sebelum akhirnya memutuskan membangun merek mereka sendiri, Muscle First, pada tahun 2017, yang menawarkan pilihan yang lebih terjangkau dan rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia.

Tahun 2020 menjadi tantangan terberat kedua merek seiring pembatasan sosial di tengah pandemi Covid-19, yang berdampak pada melemahnya permintaan konsumen dan aktivitas penjualan di ranah offline. 
Komitmen product-centric dan consumer-centric menjadi strategi kedua brand dalam memperluas jangkauan dan lebih dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia. Termasuk diantaranya, konsisten berinovasi untuk diversifikasi produk dan mengikuti tren yang berkembang di masyarakat. 

"Berbagai inovasi kami hadirkan untuk bisa beradaptasi, mulai dari menjual produk pre-mix untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin mengisi waktu luang dirumah dengan belajar baking dengan mudah menggunakan produk pre-mix Dapur Cokelat, serta mendirikan titik penjualan “delivery points” di berbagai wilayah potensial," kata Silvano Christian, Chief Executive Officer Dapur Cokelat.

"Sebagai pelopor suplemen kesehatan asli Indonesia, produk-produk Muscle First dalam waktu singkat mendapat respons masif dan positif dari konsumen berkat inovasi rasa, jaminan halal, dan food safety yang menjadikannya aman dikonsumsi semua kalangan, bahkan oleh penderita diabetes sekalipun. Seiring meningkatnya minat gaya hidup health-conscious di Indonesia, Muscle First juga aktif membagikan menginspirasi melalui konten-konten olahraga dan tips kesehatan di berbagai media sosial yang terbukti sukses membantu memperluas brand awareness-nya. 

Sebagai pelopor suplemen kesehatan asli Indonesia, di masa pandemi ketika peningkatan minat berolahraga di rumah, komunikasi digital digelar Muscle First dalam memperluas basis pelanggan. 

"Ke depannya,  Muscle First akan fokus meningkatkan potensi pasar di tahun ini dengan memperluas online dan offline presence," kata Sally Varsly, Founder Muscle First.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…