Konferensi SW International: Inovasi Digital Tantangan Sekaligus Peluang Mewujudkan Pertumbuhan Berkelanjutan

Oleh : Kormen Barus | Senin, 29 Mei 2023 - 18:57 WIB

Richardus Eko Indrajit (kanan) dan CEO SW Indonesia Michell Suharli
Richardus Eko Indrajit (kanan) dan CEO SW Indonesia Michell Suharli

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Inovasi digital mengacu pada penerapan baru teknologi dan solusi digital untuk membuat temuan atau peningkatan terhadap produk, layanan, proses atau bisnis model. Pemaparan mengenai “Digital Innovation” ini dipaparkan oleh Prof. Richardus Eko Indrajit saat tampil sebagai pembicara seminar bertema “Sustainable Quality Growth in A Challenging World” pada Rabu (24/5) di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta.

Richardus menjelaskan tujuh hal yang dapat diperoleh dari proses tranformasi digital yaitu: peningkatan efisiensi dan produktivitas, peningkatan pengalaman pelanggan, peluang bisnis baru, keunggulan kompetitif, pengambilan keputusan berbasis data, kelincahan dan kemampuan beradaptasi serta keberlanjutan dan dampak llingkungan.

Chairman SW International Zhang Ke mengantarkan paparan kunci tentang bagaimana inovasi digital internal jaringan kantor akuntan publik dan konsultan terbesar di China membantu perusahaan China berinvestasi secara inisiatif di jalur One Belt One Road (OBOR). Zhang Ke membawa serta pimpinan transformasi digital dari SW China Yusong Chen untuk menjelaskan teknis transformasi yang sudah dan masih terus berlanjut.

Chairman SW Indonesia, Ahmadi Hadibroto juga memperkuat paparan para pembicara terkait inovasi digital. “Inovasi digital adalah keniscayaan. Paparan Chairman Zhang dan Prof. Eko semakin memantapkan langkah SW Indonesia untuk memanfaatkan inovasi digital untuk proses layanan audit, pajak, konsultasi, dan outsourcing proses bisnis kepada klien-klien. Bahkan tahun ini, SW Indonesia akan meluncurkan unit bisnis layanan teknologi informasi dan digital,” ujar Ahmadi.

Transformasi digital melibatkan pengunaan teknologi baru seperti kecerdasan buatan (AI), realitas virtual (VR), blockchain dan Internet of Things (IoT). Optimalisasi dan otomatisasi proses dengan melibatkan implementasi proses robot otomatisasi (RPA), algoritma pembelajaran mesin, atau analitik data untuk mengoptimalkan alur kerja. Transformasi model bisnis melibatkan pergeseran dari fisik ke sistem digital serta mengadopsi model berbasis langganan atau sesuai permintaan.

Pengambilan keputusan berdasarkan data yang  melibatkan analisis terhadap volume data yang besar untuk mengungkap pola, tren, dan preferensi pelanggan ini memungkinkan organisasi untuk mengembangkan personalisasi penawaran atau menyesuaikan strategi. Ekosistem kolaboratif, yang melibatkan startup, akademisi, dan jaringan industri memanfaatkan keahlian eksternal, mengakses teknologi baru, dan saling memberikan ide.

Peserta yang hadir dalam konferensi internasional tersebut terdiri atas lebih dari 130 pimpinan kantor akuntan dan konsultan anggota SW International dari 19 negara berbeda. Pembicara sesi lain dalam konferensi ini juga menghadirkan Jend. (Purn.) Moeldoko tentang geopolitik.

Konferensi hari itu ditutup bincang bisnis dengan pembicara Marco Carlei (SW Australia), Agustinus Sugiharto (Managing Partner Audit SW Indonesia), Gordon Luo (SW China), Thomas Tesche (SW Germany), dan KP Cheng (SW Hong Kong).

SW Indonesia selaku tuan rumah konferensi partner SW International 2023 di Jakarta, memandang inovasi digital sebagai kunci pertumbuhan berkelanjutan dalam setiap organisasi. Begitupula SW Indonesia yang menjadi jaringan kantor akuntan dan konsultan nusantara (Archipelago Firm), poros bagi investasi di Asia Pasifik (Asia-Pacific Hub) dan gerbang investasi Indonesia (Indonesia Investment Gateway).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Hannover Messe 2024: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Rabu, 24 April 2024 - 17:48 WIB

Hannover Messe 2024: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Hannover - CEO PT Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi memaparkan sejumlah strategi dan kesiapan perusahaan untuk dekarbonisasi di Indonesia, salah satunya dengan mendukung implementasi…

Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto

Rabu, 24 April 2024 - 17:30 WIB

Asaki Ucapakan Selamat & Sukses untuk Prabowo - Gibran, Yakin Kebijakan Harga Gas Murah Dilanjutkan

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mengucapkan selamat dan sukses kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.