AMILI Raih Pendanaan Baru yang Dipimpin oleh East Ventures

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Mei 2023 - 11:19 WIB

Tim AMILI
Tim AMILI

INDUSTRY.co.id - Jakarta δΈ€ AMILI, perusahaan pengobatan presisi mikrobioma usus, mengumumkan telah mendapatkan pendanaan baru dari East Ventures, perusahaan venture capital perintis investasi startup di Indonesia yang telah mendukung lebih dari 300 perusahaan teknologi di Asia Tenggara. 

Pendanaan ini memperkuat balance sheet AMILI, menyusul pendanaan seri A pada Juni 2022. Dana segar ini akan dialokasikan untuk memperluas operasi AMILI ke Indonesia dengan fokus utama untuk mengatasi masalah kesehatan usus yang sering ditemui melalui pendekatan ilmiah yang disesuaikan dengan kondisi Indonesia.

“AMILI merasa terhormat untuk dapat bermitra dengan East Ventures dalam memungkinkan para dokter dan profesional kesehatan lainnya untuk menghadirkan manfaat bagi para pasien melalui ilmu mikrobioma," kata Dr Jeremy Lim, Co-Founder dan Chief Executive Officer AMILI yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (29/5/2023).

"Selain obat-obatan, mikrobioma memiliki peran penting pada bidang teknologi pangan dan pertanian.AMILI berharap dapat berkontribusi dalam menghadirkan inovasi di sektor ini, khususnya dalam berkontribusi pada penciptaan makanan yang menunjang kesehatan dan turut mengatasi stunting dan malnutrisi," imbuhnya.

Didirikan pada tahun 2019 oleh Dr Jeremy Lim, Co-Founder dan Chief Executive Officer, serta rekannya Drs David Ong dan Jonathan Lee, yang memimpin transplantasi mikrobioma usus pertama di kawasan ini di National University Hospital, Singapura pada tahun 2014, AMILI melakukan penelitian mikrobioma usus tingkat lanjut dan mengembangkannya menjadi berbagai produk dan jasa. 

Saat ini, AMILI menawarkan layanan sequencing mikrobioma usus untuk membantu para profesional kesehatan dalam meningkatkan perawatan pasien dan formulasi probiotik yang dirancang khusus untuk konsumen Asia. AMILI juga merupakan satu-satunya bank transplantasi mikrobioma di Asia Tenggara dan telah mendukung transplantasi di berbagai wilayah lainnya.

AMILI memiliki tiga aset inti yang memungkinkannya untuk menciptakan dan menghadirkan nilai tambah: (i) basis data (database) mikrobioma multi-etnis Asia, (ii) bank mikrobioma dengan sampel yang disimpan untuk analisis metagenomik dan metabolomik, dan (iii) AMILI PRIME, seperangkat alat analisis, jaringan informatika, dan mesin pencari,  yang telah memiliki hak paten. 

Aset-aset ini memungkinkan perusahaan untuk mendorong kemajuan dalam penelitian kesehatan usus dan memberikan solusi inovatif ke industri.

Karakteristik unik mikrobioma usus di Asia, yang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lokal dan regional seperti pola makan, gaya hidup, dan lingkungan, menekankan pentingnya melakukan penelitian, penemuan, dan penerapan secara lokal di wilayah ini.

“Kami senang menyambut Jeremy dan tim AMILI ke dalam keluarga East Ventures dan bersemangat untuk mendukung mereka dalam memajukan pengobatan presisi serta kesehatan dan nutrisi yang dipersonalisasi dengan memanfaatkan potensi mikrobioma usus,” kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.

AMILI telah memelopori berbagai aplikasi berbasis mikrobioma sejak didirikan. Melalui kolaborasi ekstensif dengan mitra penelitian regional, AMILI telah mengumpulkan database mikrobioma multi-etnis terbesar di dunia yang memungkinkan pengembangan berbagai servis seperti layanan pengujian mikrobioma usus di rumah yang pertama di Singapura dan campuran probiotik pertama di kawasan ini yang mencakup prebiotik dan postbiotik. 

Tahun lalu, AMILI juga mengembangkan bubuk prebiotik berkelanjutan dengan mendaur ulang batang kangkung yang tidak terpakai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KOLTIVA

Kamis, 18 April 2024 - 14:31 WIB

KOLTIVA Luncurkan Teknologi EUDR Untuk Bisnis Berkelanjutan Siap Hadapi Peraturan Global Bebas-Deforestasi Uni Eropa

KOLTIVA, perusahaan teknologi global rintisan terkemuka dengan lebih dari 11 tahun pengalaman di bidang pertanian berkelanjutan dan ketertelusuran rantai pasok di 61 negara, meluncurkan Solusi…

Pupuk Indonesia

Kamis, 18 April 2024 - 13:42 WIB

Pupuk Indonesia Gunakan Snowflake Data Cloud untuk Transformasi Produksi Pertanian Nasional

Pupuk Indonesia memilih Snowflake Data Cloud untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur data yang meningkat tajam terkait penyediaan teknologi pertanian cerdas terkini kepada lebih dari 95.000 petani…

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…