Keren! KoinWorks Sabet Penghargaan Internasional di Paris, Perancis

Oleh : Ridwan | Jumat, 26 Mei 2023 - 18:52 WIB

KoinWorks - UKM
KoinWorks - UKM

INDUSTRY.co.id - Jakarta - KoinWorks, neobank UMKM pertama di Indonesia, berhasil meraih penghargaan internasional sebagai “Best ESG/Sustainability Initiative of The Year: Social Aspect (Special Award)” dalam Sustainable Finance Summit & Awards 2023 di Paris, Prancis.

Acara penganugerahan dilakukan pada Rabu, 10 Mei 2023 dan dihadiri oleh Angelique Timmer selaku Senior VP Impact & ESG KoinWorks. 

Bertujuan untuk "Drive change in the real economy", ajang penghargaan tahunan tersebut mempertemukan para thought leaders dengan ide bisnis inovatif yang mempraktikkan pembiayaan aset berkelanjutan. 

Diselenggarakan oleh Arena International, ajang ini memberikan penghargaan kepada perusahaan keuangan berskala internasional yang telah menciptakan dan menemukan solusi kreatif dan inspiratif untuk menyelaraskan tujuan bisnis dengan kebutuhan masyarakat melalui impact investing. 

"Kami senang sekali KoinWorks, sebagai startup fintech dari Asia Tenggara yang memiliki tujuan untuk mendukung pertumbuhan masyarakat sejak pertama kali berdiri, dapat memenangkan penghargaan global dari The Sustainable Finance Awards," kata Angelique.

Dirinya menambahkan, KoinWorks sendiri telah merilis Impact Report pertamanya tahun ini. 

"Dalam laporan tersebut, kami berbagi tentang tujuan kami, yang telah berkembang selaras dengan misi kami untuk mendorong pertumbuhan UMKM di era digital, dan juga visi kami bahwa usaha kecil namun berdampak yang secara signifikan akan mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia,” jelasnya.

Penghargaan internasional ini juga sejalan dengan strategi keuangan berkelanjutan Komisi Eropa yang diluncurkan pada tahun 2021, yang mengusulkan solusi yang dapat ditindaklanjuti seperti menyediakan alat dan insentif yang tepat untuk mempromosikan inisiatif strategis dalam pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi tantangan perubahan iklim.

Menurut Angelique, penghargaan ESG ini menunjukkan hasil kerja keras kami. 

"Kedepannya, kami berharap dapat memberikan lebih banyak lagi dampak positif bagi fintech di Asia Tenggara, serta dunia, dan menunjukkan bahwa komitmen yang kuat terhadap praktik bisnis berkelanjutan dengan fokus ESG adalah satu-satunya cara yang tepat untuk maju," tandasnya.

KoinWorks baru-baru ini telah meluncurkan "Impact Report First Edition: Leveling Up Beyond Finance" yang berisi rekam jejak KoinWorks untuk praktik bisnis berkelanjutan dan roadmap KoinWorks untuk komitmen lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). 

Melalui produk dan layanannya, KoinWorks berhasil mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan pendapatan hingga 34% dan transaksi digitalnya hingga 82%. 

Seiring dengan pertumbuhan UMKM tersebut, KoinWorks telah berkontribusi dalam menciptakan 116.000 lapangan kerja baru atau setara dengan 1% dari target nasional menciptakan lapangan kerja baru dari ekonomi digital pada tahun 2025. 

Selain itu, KoinWorks merangkul keragaman, kesetaraan, dan inklusi di lingkungan kerja. Saat ini, 33% karyawan KoinWorks adalah perempuan, di atas rata-rata perusahaan teknologi global yang hanya 28%. 

Benedicto Haryono, CEO & Co-Founder KoinWorks, mengatakan, menciptakan dampak sosial dan berkelanjutan melalui akses keuangan yang setara adalah raison d être atau tujuan mendasar kami. 

"Apresiasi ini merupakan bukti bahwa kami bergerak ke arah yang tepat untuk mendukung lebih banyak UMKM di Indonesia, terutama mereka yang masih tergolong underserved dan usaha yang dipimpin oleh perempuan," terang Benedicto.

Saat ini, KoinWorks telah memiliki 2,2 juta pengguna dalam ekosistem digital KoinWorks, yang terdiri dari 1,4 juta pemberi pinjaman dan 840 ribu peminjam UMKM. 

Sejak berdiri pada tahun 2016, KoinWorks telah menyalurkan dana sebesar USD 1,1 miliar ke UMKM, menutup kesenjangan 1,2% dari total kredit UMKM nasional yang belum terpenuhi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…