Marak Penipuan Berkedok Rekrutmen Karyawan, Ini Tips dari PT Pegadaian

Oleh : Hariyanto | Jumat, 26 Mei 2023 - 13:30 WIB

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian, Basuki Tri Andayani
Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian, Basuki Tri Andayani

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Pegadaian mewanti-wanti masyarakat untuk mewaspadai munculnya informasi rekrutmen palsu menjadi karyawan PT Pegadaian. Peringatan tersebut disampaikan menanggapi beredarnya informasi penerimaan karyawan PT Pegadaian di masyarakat.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian Basuki Tri Andayani menyampaikan beberapa tips agar masyarakat terhindar dari modus penipuan tersebut.

“Pertama, jangan mudah percaya dengan informasi yang diterima. Kedua, lakukan konfirmasi ke outlet Pegadaian, call center 1500-569 atau nomor Whatsapp 0811-1500-569. Ketiga, tidak mentransfer uang ke rekening orang yang tidak dikenal dengan alasan biaya transportasi, akomodasi atau biaya lainnya. Keempat, abaikan atau blokir nomor handphone, email, atau akun media sosial penyebar informasi palsu tersebut. Dan kelima, laporkan ke pihak yang berwajib atau platform media sosial yang dipakai untuk melakukan tindak kejahatan” kata Basuki yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (26/5/2023).

Lebih lanjut Basuki mengatakan bahwa informasi tentang rekrutmen karyawan selalu diinformasikan secara terbuka melalui website www.pegadaian.co.id, dilaksanakan oleh konsultan profesional atau melalui Forum Human Capital Indonesia Kementerian BUMN (FHCI-KBUMN). 

“Lebih dari itu, setiap proses rekrutmen Karyawan PT Pegadaian tidak dipungut biaya. Maka apabila terdapat pihak-pihak yang minta transfer uang untuk biaya transportasi, akomodasi atau yang lainnya agar diabaikan atau dilaporkan ke pihak yang berwajib”  imbuhnya.

Saat ini karyawan PT Pegadaian berjumlah 13.400-an karyawan tetap dan 18.300-an karyawan alih daya. Operasional Pegadaian didukung oleh 4.086 outlet, 627 sentra layanan ultra mikro, dan 32.886 agen aktif.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Selasa, 06 Juni 2023 - 15:22 WIB

Hadiri ASEAN-Jepang Business Week, Menperin Agus Paparkan Tiga Isu Penting

Indonesia mendukung penguatan kerja sama yang komprehensif antara ASEAN dan Jepang. Kolaborasi ini diyakini akan mendongkrak perekonomian bersama yang inklusif, terlebih lagi kedua belah pihak…

idPods, brand vape hasil kolaborasi Boedy JVS dan Raffi Ahmad luncurkan seri dan rasa baru.

Selasa, 06 Juni 2023 - 14:35 WIB

idPods Perfect Ten, Luncurkan Seri dan Rasa Baru Hasil Kolaborasi Raffi Ahmad Dan Boedy JVS

Perilisan series dan favours baru idPods juga menjadi bukti nyata dan keseriusan dari Kolaborasi besar antara Boedy JVS sang juara di dunia Vape dan Raffi Ahmad untuk membangun karya anak bangsa.

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 06 Juni 2023 - 13:46 WIB

Dikritisi Komisi VII DPR, Asumsi Lifting Minyak 2024 Dipatok 615-640 Ribu Barel

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin mengkritisi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terkait penetapan usulan target produksi minyak dan gas bumi…

Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Indra Falatehan (kiri) didampingi oleh Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat Wahyu Avianto (kanan) memperlihatkan tampilan Muamalat DIN kepada karyawan Bank Muamalat yang juga calon jemaah haji tahun ini di Ruang Manasik Haji dan Umrah, Muamalat Tower.

Selasa, 06 Juni 2023 - 13:03 WIB

Muamalat DIN Solusi Nasabah Selama Berhaji

Nasabah PT Bank Muamalat Indonesia Tbk yang tengah melaksanakan ibadah haji di tanah suci tetap dapat mengakses informasi terkait rekening dan transaksi perbankan melalui aplikasi mobile banking…

Dok. PLN

Selasa, 06 Juni 2023 - 10:58 WIB

PLN Sukses Pasok Listrik Tanpa Kedip dalam Gelaran Formula E 2023

PT PLN (Persero) sukses memasok listrik andal selama ajang balap Formula E yang digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo memantau langsung…