Sempat Jualan Sandal Untuk Biaya Sekolah, Reza Darmawan Mantan Eksekutif Startup Sekarang Jadi Pengusaha Sukses

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 25 Mei 2023 - 22:38 WIB

Reza Darmawan yang kini di usia 29 sudah menikmati kesuksesannya sebagai pengusaha muda.
Reza Darmawan yang kini di usia 29 sudah menikmati kesuksesannya sebagai pengusaha muda.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saatnya anak muda tampil. Inilah yang sedang dilakukan Reza Darmawan, pria yang sudah menikmati omset ratusan miliar rupiah dari perusahaan yang ia dirikan, Hanglekiu Group. Di usianya yang saat ini baru 29 tahun!

Reza Darmawan pernah enam tahun menjadi eksekutif di perusahaan startup fintech, diantaranya pencetus PayLater Traveloka dan direksi di perusahaan fintech Fazz Financial, StraitsX. Ia juga founder dari perusahaan software platform bernama POST.app.

Kini, Reza Darmawan fokus berbisnis di sektor riil terutama trading komoditas seperti distribusi daging, distribusi minyak diesel industri (solar), dan pengadaan. Selain itu, ia juga fokus menjadi investor dengan mendirikan Hanglekiu Group, sebuah holding perusahaan private investment dengan total investasi setahun terakhir sekitar USD20 juta.

Dan Reza Darmawan tak langsung mencicipi kesuksesan itu. Berasal dari keluarga sederhana di Magelang, ia menapakinya dengan penuh kerikil tajam.

Reza Darmawan muda mengawali bisnisnya dengan berdagang kecil-kecilan, sembari membiayai biaya sekolah sendiri semenjak duduk di bangku SMA di Yogyakarta.

Disengat persoalan keluarga, memaksa Reza yang menyaksikan pahitnya perpisahan kedua orang tua tercintanya, memacu dirinya untuk menjadi yang terbaik. 

Hasilnya, Reza Darmawan selalu menjadi lulusan terbaik di sekolah. Dari lulusan SMA nomor 1 terbaik se Jogja tahun 2012, hingga menjadi salah satu dari sembilan mahasiswa terbaik ITB 2016. Ia juga kerap berkompetisi serta mendapatkan beasiswa pertukaran pelajar ke luar negeri.

"Jiwa entrepreneurship saya dimulai dari SMA dengan berdagang dan membiayai biaya sekolah sendiri. Saya berdagang sepatu sandal dan katering sejak SMA. Bisa dibilang saya salah satu tulang punggung keluarga pasca orang tua pisah," cerita Reza Darmawan di Jakarta, baru-baru ini.

"Setelah lulus kuliah saya mengawali karir sebagai software sales di Singapura dan Kuala Lumpur. Ini juga saya mulai dari nol," tambah pria kelahiran 29 April 1994 ini.

Reza Darmawan pun tak lepas dari kerugian saat berbisnis. Miliaran rupiah pernah lenyap darinya akibat ditipu rekan bisnis. Bukan hanya sekali, tapi sampai tiga kali.

"Yang kita ambil hikmah dan pelajarannya, dari kegagalan pertama, kedua dan ketiga kalau nggak bangkit lagi ya hancur," beber penyuka olahraga ekstrim seperti surfing, diving, skateboard, snowboard dan crossfit ini.

Dengan semangat untuk bangkit inilah, perlahan ia berhasil kembali menjadi pengusaha sukses. Kini, lewat Hanglekiu Group yang dirintis bersama sahabatnya Rionaldo, dirinya mampu menjadi pengusaha sukses kembali. 

"Kuncinya menjadi pengusaha sukses adalah dengan terus mencari peluang dan memperluas network. Jangan lupa, tetap jaga kepercayaan dan reputasi, dan selalu berani bermimpi diiringi dengan usaha maksimal," beber penggemar moge dan mobil sport ini.

Sebagai pengusaha, Reza kini juga aktif berorganisasi di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Kamar Dagang Indonesia (KADIN), beberapa klub motor Harley Davidson dan klub Supercar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi industri keramik

Kamis, 25 April 2024 - 10:53 WIB

Antidumping Keramik, FOSBBI: Tak Perlu Dijalankan, Penjulan Lesu

Ketua Umum Forum Suplier Bahan Bangunan Indonesia (FOSBBI), Antonius Tan menyebut bahwa saat ini, para produsen maupun importir keramik masih melihat secara mendalam terkait Peraturan Menteri…

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Kamis, 25 April 2024 - 10:49 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Bulango Ulu Paket I garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang berlokasi di Kabupaten Bone Bolango sebagai rangkaian…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto: Dok. Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 10:00 WIB

Cetak SDM Industri yang Kompeten, Kemenperin Kembali Buka Program JARVIS

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif dalam mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing sektor indusri…