Dahsyat! Sawit Mampu Turunkan Gas Emisi Rumah Kaca

Oleh : Wiyanto | Kamis, 25 Mei 2023 - 10:30 WIB

Lahan kelapa sawit
Lahan kelapa sawit

INDUSTRY.co.id – Jakarta- Belum banyak yang tahu bahwa Sawit mampu mengurangi gas emisi rumah kaca.

Data Statistik Perkebunan Unggulan Nasional 2020-2022, luas lahan sawit Indonesia adalah 14,38 juta hektare. Dengan kemampuan menyerap karbon dioksida (CO2) sebesar 64,5 ton per hektar, maka sawit terhitung mampu menyerap 927,5 juta ton CO2 pada 2022.

Berdasarkan hal tersebut, pemanfaatan seluruh bagian kelapa sawit secara maksimal, ternyata dapat berkontribusi besar dalam menurunkan emisi.

Menurut Direktur Surfactant and Bioenergy Research Center (SBRC) IPB University Meika Syahbana Rusli, kemampuan serapan CO2 sawit tergolong lebih tinggi ketimbang tanaman lainnya.

"Semakin banyak bagian dari sawit yang dimanfaatkan, maka kian besar perannya dalam penurunan emisi," kata dia di Jakarta, Rabu 24/5/2023).

Ia katakan, saat ini sawit terutama digunakan untuk campuran bahan bakar, pembangkit listrik, pupuk, dan lainnya.

Pada diskusi bertema “Kontribusi Industri Sawit Terhadap Net Zero Emission Indonesia” secara daring, dia, mengungkapkan data Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) yang menemukan penggunaan B30 (campuran 30 persen biodiesel dalam seliter bahan bakar solar) dapat mengurangi emisi sebesar 24,6 juta ton pada 2020. Jumlah itu setara dengan 7,8 persen dari target capaian penurunan emisi sektor energi pada 2030, yaitu sebesar 314 juta ton.

Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, menjelaskan, data Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, realisasi pemanfaatan biodiesel mencapai 10,44 juta kiloliter pada 2022. Hal ini berhasil menurunkan emisi sebesar 27,83 juta ton CO2.

“Penggantian bahan bakar diesel dari minyak solar ke biodiesel dapat mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sekitar 50-60 persen. Jumlah itu dapat lebih besar menjadi 62 persen, apabila pabrik kelapa sawit menerapkan methane capture untuk memproduksi biodiesel (European Commission Joint Research Centre)," jelasnya.

Dikatakan pemerintah terus mendorong keberlanjutan industri sawit untuk keperluan energi. Hal ini dilakukan dengan moratorium kebun baru, mendorong kepemilikan sertifikat Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) dan Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) bagi pengusaha sawit

“Pemerintah juga berupaya memaksimalkan pemanfaatan lahan kritis atau bekas tambang dan penelitian untuk mengembangkan produktivitas sawit,” ucapnya.

Selain bahan bakar, lanjut dia, Indonesia akan meningkatkan pemanfaatan produk sawit sebagai sumber energi terbarukan, khususnya pembangkit listrik berbahan baku limbah cair dan limbah padat untuk biomassa. Bahkan, saat ini terdapat lebih sekitar 800 pabrik kelapa sawit yang seluruhnya dapat memanfaatkan limbah untuk menghasilkan energi listrik.

“Sekarang sudah ada 874,57 megawatt yang dihasilkan dari pembangkit listrik berbasis limbah sawit. Diharapkan, angkanya akan semakin besar dari tahun ke tahun,” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…