Pemegang Saham PPRE Setujui Perubahan Pengurus Perseroan

Oleh : Wiyanto | Kamis, 25 Mei 2023 - 08:33 WIB

PT PP Presisi dengan perubahan pengurus
PT PP Presisi dengan perubahan pengurus

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT PP Presisi Tbk (IDX:PPRE) merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pertambangan dan konstruksi yang berbasis alat berat terkemuka di Indonesia, telah menyelesaikan kewajiban tahunan selaku Emiten di Pasar Modal dengan pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2022 pada hari Rabu, 24 Mei 2023 bertempat di Auditorium Wisma Subiyanto, Plaza PP Jakarta.

Perseroan memperoleh kontrak baru pada tahun 2022 sebesar Rp5,2 triliun, dengan majority perolehan kontrak baru Non-PP Group sebesar 93% dan PP Group sebesar 7%. Berdasarkan segmentasi lini bisnis, Perolehan kontrak baru Perseroan didominasi 2 lini bisnis utama yaitu Civil Work: 41%, Mining Services: 55%, sedangkan sisanya sebesar 4% diperoleh dari lini bisnis supporting.

Majority perolehan kontrak baru Non-PP Group kami dapatkan pada proyek jasa pertambangan maupun sipil yang meningkatkan positioning Perseroan menjadi main contractor dalam bidang pertambangan dan sipil.

Perseroan juga mencatatkan kinerja perusahaan untuk Tahun Buku 2022 yang baik dan positif dengan revenue mencapai Rp3,6triliun dari tahun 2021 Rp2,8triliun atau meningkat sebesar 29,5% year on year, EBITDA juga meningkat sebesar 14% YoY dari Rp937Miliar pada tahun 2021 menjadi Rp 1,1Triliun pada tahun 2022.

Kemudian, Perseroan juga membukukan laba bersih sebesar Rp182miliar meningkat sebesar 24,6% dari tahun 2021 Rp146miliar secara YoY.

Pemegang saham PPRE dalam RUPS Tahunan juga telah menyetujui penggunaan Laba Bersih Perseroan Tahun Buku 2022 sebesar Rp182Miliar, dengan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp100.751.654.542, yang akan digunakan untuk:

a. Cadangan Wajib sebesar Rp5.037.582.727,- atau 5% dari laba bersih;

b. Saldo Laba Ditahan sebesar Rp95.714.071.815,- atau 95% dari laba bersih.

“Berkat strategi sustainability growth, Perseroan berhasil menghadapi tantangan yang dihadapi dan mengoptimakan pendapatan Perseroan melalui lini bisnis jasa pertambangan nikel, menerapkan strategi partnership terkait pengadaaan alat berat dan sparepart, optimalisasi occupancy alat berat serta penerapan cost leadership yang baik “ujar Arif Iswahyudi, Direktur Keuangan, Manrisk dan Legal PT PP Presisi Tbk pada kesempatan yang sama.

“Pengembangan jasa pertambangan merupakan bagian strategi kami untuk mendapatkan recurring income dengan pendapatan kontrak untuk jangka waktu panjang serta meningkatkan competitiveness maupun positioning Perseroan sebagai main contractor pada jasa pertambangan dan konstruksi”, tutup Arif.

Pada mata agenda ke-5 dengan diputuskannya Pengukuhan Pemberlakuan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara, maka Perseroan secara resmi mengesahkan surat keterbukaan informasi perihal pemberhentian sementara Komisaris Utama PT PP Presisi Tbk yang telah disampaikan kepada OJK pada tanggal 19 Mei 2023.

Direktur Perencanaan Bisnis & HCM Yudi Setiawan menambahkan pelaksanaan kegiatan RUPS Tahunan tersebut yang terdiri dari 7 (tujuh) mata acara ini telah berjalan dengan lancar. Dalam mata acara ke-7 Pemegang Saham PPRE menyetujui adanya perubahan susunan Pengurus Perseroan yang diusulkan oleh Pemegang Saham Mayoritas PT PP (Persero) Tbk.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih atas jasa, tenaga, pikiran yang diberikan selama menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris dan Direksi PPRE yang berakhir dengan ditutupnya RUPS Tahunan Tahun Buku 2022”, tutur Komisaris Independen Bapak Nur Rochmad.

Dengan ini susunan pengurus Perseroan berubah menjadi :

Komisaris Utama/Komisaris Independen: Nur Rochmad

Komisaris : Albert SM Simangunsong

Komisaris: M. Zahid

Komisaris Independen : Indra Jaya Rajagukguk

Direksi

Direktur Utama : I Gede Upeksa Negara

Direktur Operasi : Rebimun

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & Legal : Mohammad Arif Iswahyudi

Direktur Perencanaan Bisnis & HCM : Yudi Setiawan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…