Fordigi Goes to Campus ITB, Menggali 'Berlian' Digital dari Jawa Barat

Oleh : Wiyanto | Rabu, 24 Mei 2023 - 14:28 WIB

Fordigi untuk para talenta
Fordigi untuk para talenta

INDUSTRY.co.id- Bandung - Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) atau talenta digital semakin besar seiring dengan perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Forum Digital BUMN (Fordigi) sebagai mitra Kementerian Badan Usaha Milik Negara melakukan road show ke kampus-kampus yang ada di 10 kota besar dengan program “Fordigi Goes to Campus” untuk menggali talenta-talenta digital dari berbagai kampus di Indonesia.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi kampus pertama dari 10 kampus lainnya dalam program ini. Program yang terdiri dari rangkaian kegiatan mulai dari seminar hybrid, hackaton, deepracer league dan call for paper UU Pelindungan Data Pribadi (PDP) ini akan menjadi sarana bagi para mahasiswa dalam memahami kontekstual, tren, tantangan, serta potensi yang terdapat di era digitalisasi. Kegiatan ini berfokus untuk mendorong para mahasiswa agar dapat mengoptimalisasi pemanfaatan fasilitas digital dalam menghadirkan berbagai pembaruan bagi lingkungan di sekitarnya, serta mampu memahami aspek digitalisasi dalam proses bisnis dalam memanfaatkan kekayaan ekosistem bisnis digital.

“Saya berharap rekan-rekan mahasiswa tergerak mengambil peranan sebagai talenta digital yang memiliki literasi digital yang tinggi, berpikiran kritis, berkomunikasi efektif, adaptif dan berkolaborasi serta menjadi problem solver yang dapat menyelesaikan masalah dengan berbasis digital untuk menyelesaikan masalah dan menjawab tantangan masa mendatang,” kata Ketua Umum Fordigi, Muhamad Fajrin Rasyid saat membuka Fordigi Goes to Campus ITB, pada Senin (22/05/2023) di Sasana Budaya Ganesha, Bandung.

Menurut Ketua Umum Fordigi, Indonesia diproyeksikan membutuhkan setidaknya 9 juta digital talent dalam 15 tahun atau kurang lebih membutuhkan sekitar 600.000 talenta digital per tahunnya.

Fordigi memiliki serangkaian program kerja, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa agar terus belajar dan berkembang sebagai digital talent, agar dapat memberikan dampak dan berperan lebih bagi perusahaan maupun industri digital di ranah global. Sebagai bagian dari upaya percepatan akselerasi transformasi digital, Fordigi Bidang Ecosystem Development merumuskan serangkaian program kerja transformasi digital, serta langkah-langkah nyata sebagai bagian dari upaya mendapatkan, mengembangkan, dan melakukan assesment terhadap talenta digital, khususnya dari lingkungan universitas.

Di sela-sela acara yang mengangkat tema “Break Away from Conventional Thinking, Find Your Next Big Business Idea” ini, Ketua Bidang IV Fordigi Ecosystem Development, Beatrix Santi Anugrah menjelaskan seluruh Fordigi Goes to Campus di tiap kota itu temanya berbeda-beda.

“Apapun yang mereka (mahasiswa) keluarkan sebagai bagian daripada kreativitas mereka untuk membantu dapat benar-benar dipergunakan di daerahnya masing-masing,” kata Beatrix usai acara Fordigi Goes to Campus Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Di city chapter #1 ITB itu mengeluarkan 188 pitch deck. Jadi ada 188 engine baru yang dikeluarkan teman-teman dari ITB, khususnya mahasiswa ITB dan juga ada mahasiswa lainnya yang di Bandung,” lanjutnya menjelaskan.

Beatrix selaku Ketua Bidang IV Fordigi menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan jumlah partisipan sebanyak 30.000 peserta untuk setiap kampus-kampus yang akan didatangi Fordigi.

Acara ini dihadiri oleh Menteri BUMN, Erick Thohir; Deputi Bidang Manajemen SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata; Ketua Umum Fordigi, Fajrin Rasyid; Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah; Komisaris PT Pertamina (Persero), Iggi H. Achsien; dan Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Hadir pula sejumlah pembicara dalam seminar yakni SVP Enterprise IT PT Pertamina (Persero), Isa Antariksa; SVP Integrated Enterprise Data & Command Center PT Pertamina (Persero) Sigit Pratopo; dan Community Manager, Developer Relations Google Indonesia Supporting Developer Community in SEA, Danang Juffry.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sinergitas KKP-Polri Gagalkan Penyelundupan 158.800 Benih Lobster

Rabu, 19 Juni 2024 - 19:05 WIB

Kerugian Negara Imbas Penyelundupan Lobster Capai Triliunan Rupiah, KKP Tugaskan PSDKP Tangkap Gembong Penyelundupan

Jakarta- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan perang dengan para pelaku penyelundupan bening bening lobster (BBL). Operasi pengawasan akan ditingkatkan untuk membidik gembong…

BSI Internasional Expo 2024

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:45 WIB

Libatkan Potential Buyer dari 18 Negara Sahabat, BSI Siap Fasilitasi UMKM Akses Pasar Global

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri untuk mengakses pasar global melalui business matching dengan potential buyer…

Pemeriksaan fisik hewan kurban yang akan dibagikan SIG oleh tim Dinas Kesehatan Tuban di Dusun Koro, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:45 WIB

Iduladha 2024, SIG Bagikan 331 Hewan Kurban di 23 Provinsi

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), pada Iduladha 1445 H ini membagikan hewan kurban sebanyak 331 ekor yang tersebar…

Kawasan Kemayoran

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:38 WIB

Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran Gelar Turnamen Golf

Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran) dengan bangga merayakan ulang tahunnya yang ke-39.

Menegaskan Visi Menjadi The Most Responsible Fintech, KoinWorks Luncurkan Impact Report 2023: Leveling Up The MSME Ecosystem

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:16 WIB

Menegaskan Visi Menjadi The Most Responsible Fintech, KoinWorks Luncurkan Impact Report 2023: Leveling Up The MSME Ecosystem

Jakarta- KoinWorks dengan bangga mengumumkan peluncuran edisi kedua dari Impact Report yang berjudul "_Leveling Up The MSME Ecosystem_," yang menampilkan hasil dampak sosial perusahaan sepanjang…