Kumu, Brand dan Kinerja Bersatu dalam Satu Strategi

Oleh : Ridwan | Minggu, 21 Mei 2023 - 22:55 WIB

Kumu
Kumu

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tahun baru, aturan baru: meskipun ada kemajuan besar dalam kemampuan teknologi pemasaran (marketing technology) dalam beberapa tahun terakhir, ironisnya menjadi lebih rumit bagi pemasar untuk mengukur kinerja kampanye mereka. 

Peraturan privasi termasuk App Tracking Transparency dan Android’s Privacy Sandbox memiliki dampak besar pada industri, dengan data terbaru menunjukkan pembaruan Apple menyebabkan penurunan 40% pada rata-rata ROI pengiklan seluler.

Perubahan seismik ini mengingatkan raja ritel abad ke-19 John Wanamaker, yang kutipan terkenalnya menyatakan bahwa "Separuh uang yang saya keluarkan untuk iklan terbuang sia-sia, masalahnya adalah saya tidak tahu separuh yang mana". 

Tanpa alat yang mereka perlukan untuk mengukur efisiensi kampanye, para pemasar saat ini tidak mengetahui apa-apa dan ROI bisnis akan menurun. Hal ini bertentangan dengan sentimen konsumen, dengan 71% lebih suka melihat iklan yang disesuaikan dengan minat pribadi dan kebiasaan belanja mereka.

Perubahan ini menuntut pendekatan pemasaran baru untuk tahun 2023, baik dari segi strategi maupun saluran. Selama bertahun-tahun, monopoli ekosistem periklanan GAFA yang tidak tertandingi telah menentukan cara brand membuat kampanye. 

Dengan mengambil pendekatan alternatif, pemasar dapat memperoleh kembali kebebasan memilih mereka dan masih menemukan cara untuk melacak dan mengoptimalkan kampanye, sehingga industri tidak berakhir di tempat John Wanamaker dimulai, lebih dari 100 tahun yang lalu.

Brand dan kinerja bersatu dalam satu strategi

Di sisi strategi, semakin banyak bisnis yang menyatukan merk dan kinerja dalam satu pendekatan holistik. Contohnya KUMU, aplikasi hiburan sosial terbesar di Filipina. Tim diatur dengan baik untuk menerapkan strategi dengan tim pemasaran yang berpengalaman dengan anggaran yang tersebar di aktivitas akuisisi brand dan pengguna. 

Victoria Herrera, VP Marketing di Kumu mengatakan, menjalankan kampanye terintegrasi bukanlah hal baru. Tetapi banyak brand digital atau penggerak aplikasi cenderung menggunakan pemasaran kinerja sepenuhnya, sambil mengabaikan aspek merek yang pada akhirnya merupakan kunci untuk membangun loyalitas dan afinitas merek jangka panjang.

Di sisi kinerja, dia mengatakan bahwa mereka sedang bereksperimen dengan format baru yang kreatif dan inventaris alternatif untuk juga mengatasi kebijakan pelacakan industri.

“Dengan menggabungkan dan mengatur brand terpadu dan strategi berbayar, kami dapat membuat era baru pemasaran digital berbasis data yang bekerja untuk keuntungan kami," katanya.

Menggabungkan tujuan merek dan kinerja juga akan mempercepat pertumbuhan perusahaan lebih penting dari sebelumnya dalam situasi ekonomi yang sulit di tahun 2023.

Toko aplikasi alternatif memasuki bauran pemasaran

Toko aplikasi alternatif adalah toko aplikasi khusus yang dijalankan oleh Produsen Peralatan Asli (OEM) seluler, termasuk perusahaan seperti Xiaomi, OPPO, Vivo, dan Huawei. 

OEM Seluler China kini menguasai 50% pangsa pasar smartphone global, menjadi perangkat pilihan bagi konsumen di seluruh APAC dan pasar barat. Mereka juga merupakan saluran yang sangat efektif bagi pemasar yang telah mencapai iklan dataran tinggi di GAFA.

OEM Seluler menawarkan kualitas, pengguna yang belum dimanfaatkan sambil membayar biaya per pemasangan yang lebih rendah. Efektivitas biaya ini mungkin merupakan manfaat terbesar dari OEM, khususnya dalam iklim ekonomi saat ini. 

Berbeda dengan model biaya per klik, dengan OEM seluler, pengiklan hanya membayar pemasangan, semuanya dalam lingkungan bebas penipuan. 

Banyak orang di industri ini juga memperkirakan Google akan menghapus akses ke ID Iklan Google, menjadikan pengoptimalan di Android sama rumitnya dengan yang sekarang ada di Apple. Untungnya, banyak OEM bekerja dengan ID iklan baru, yang disebut Open Anonymous Device Identifier (OADI). 

Ini berarti bahwa pengiklan yang menjalankan iklan melalui OEM akan tetap dapat menjalankan kampanye terlacak deterministik.

Kumu telah memanfaatkan kekuatan toko aplikasi alternatif. Dengan menjalankan hanya empat kampanye di seluruh OEM seluler utama, aplikasi ini menghasilkan lebih dari 500 juta tayangan, dan mendapat manfaat dari peningkatan Biaya Per Unduhan sebesar 57%.

Toko aplikasi alternatif adalah opsi yang layak untuk brand, mulai dari hiburan sosial hingga m-commerce dan game seluler. 

Saat peraturan baru diberlakukan di pasar APAC dan Barat, OEM seluler harus menjadi bagian default dari bauran pemasaran bisnis pada tahun 2023 dan seterusnya. 

Dengan memanfaatkan saluran-saluran baru ini, dan menyatukan sasaran merek dan kinerja, pemasar dapat terus memperoleh manfaat dari pendekatan berbasis data yang membantu mereka tetap berada di depan kurva. Oleh: Robert Wildner (CEO AVOW)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Memasuki Hari ke Empat, Prajurit Martinir Terus Mencari Korban Bencana di Luwu

Selasa, 07 Mei 2024 - 04:53 WIB

Memasuki Hari ke Empat, Prajurit Martinir Terus Mencari Korban Bencana di Luwu

Memasuki hari ke empat banjir dan tanah longsor yang melanda Kecamatan Luwu Sulawesi Selatan sejak Jumat 3 Mei 2024, Prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut bahu membahu bersinergi dengan instansi…

Pelabuhan subholding Pelindo

Senin, 06 Mei 2024 - 22:21 WIB

Subholding Pelindo Siap Kelola Area Pengembangan I Bali Maritime Tourism Hub

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) akan mulai melakukan pengelolaan, pengembangan dan komersialisasi di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pusat pariwisata maritim unggulan.

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…