#DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 Bakal Segera Dibuka, Hadirkan Segudang Promo Menarik

Oleh : Ridwan | Rabu, 17 Mei 2023 - 22:15 WIB

#DiIndonesiaAja Travel Fair 2023
#DiIndonesiaAja Travel Fair 2023

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemeran perjalanan wisata domestik bertajuk #DiIndonesiaAja Travel Fair (DIATF) 2023 akan digelar pada akhir pekan ini, tepatnya mulai tanggal 19 - 21 Mei 2023, di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Event ini didukung penuh oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves), Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO), PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan InJourney.

Selain itu, sejumlah perbankan juga turut mendukung pameran perjalanan wisata domestik ini antara lain, BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, dan Bank CIMB Niaga.

Deputy Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves, Oddo Manuhutu mengatakan, #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023, sebagai upaya untuk mendukunh implementasi program Bangga Berwisata di Indonesia yang memiliki target 1,2 - 1,4 miliar perjalanan.

"Angka tersebut juga diperkirakan akan memberikan dampak pendapatan pariwisata mencapai Rp3.281 triliun," kata Oddo di Jakarta, Rabu (17/5).

Ketua Panitia Pelaksana #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023, Anton Sumarli menyebut bahwa event ini berbeda dengan event ASTINDO Travel Fair sebelumnya.

"Kami mengajak para travel agent baik yang dari Jakarta mauoun trevel agent nusantara," katanya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga melibatkan para pelaku wisata domestik seperti Quicksilver Cruise, KAI & KAI Pariwisata, Taman Safari Indonesia, Hotel Santika, Panorama Hotel Management, TMII, Bravo Adventure, White Horse, BPPD Tomohon dan Bakmi Naga Resto.

"Kami ingin agar masyarakat mengetahui ada begitu banyak pilihan destinasi untuk berwisata di Indonesia aja yang dapat dipesan pada #DiIndonesiaAja Travel Fair," terang Anton.

Sebagai BUMN Holding Pariwisata dan Pendukungnya, InJourney sangat menyambut baik diselenggarakannya #DIATF Travel Fair 2023 ini sebagai langkah positif untuk memberikan wadah bagi para travel agent, hotel serta maskapai memberikan pilihan paket wisata. 

“#DIATF Travel Fair ini merupakan Travel Fair pertama yang berfokus untuk destinasi pariwisata domestik yang tentu menjadi milestone bagi kita semua sebagai pelaku industri pariwisata untuk membangkitkan awareness potensi wisata domestik di Indonesia," jelas Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney. 

Dirinya berharal Travel Fair yang diikuti oleh banyak mitra ini dapat memberikan pilihan-pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk pergi berwisata di Indonesia. 

“Tentunya diselenggarakannya kegiatan ini menjadi wadah untuk mengamplifikasi narasi #DiIndonesiaAja dan diharapkan narasi ini akan terus tertanam di benak masyarakat, sehingga dapat menjadi triggers bagi masyarakat untuk berwisata di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Pauline Suharno, Sekretaris Jenderal GIPI sekaligus Ketua Umum DPP ASTINDO berharap event ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat jika para travel agent anggota ASTINDO memiliki paket-paket wisata dalam negeri yang tidak kalah menarik dibanding tour aoutbound.

“Di booth travel agent selain menjual paket wisata ke lima (5) destinasi super prioritas ke Danau Toba Jogya-Solo-Semarang, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang, mereka juga menawarkan paket event Moto GP, diving, batik tour, Jakarta student trip, desa wisata, walking tour, dan lainnya," katanya.

Menurut Pauline, pembelian paket wisata melalui travel agent legal selain menjadi jaminan kemudahan persiapan dan kenyamanan perjalanan customer, juga akan memberikan multiplier effect bagi ekosistem pelaku pariwisata.

“Maskapai, penyedia akomodasi, pengusaha transport, rumah makan, toko souvenir, pemandu wisata, sopir angkutan wisata, pengelola desa wisata, atraksi, dan lainnya akan mendapatkan benefit dari traveller," tambahnya. 

Promo Menarik

Dukungan dari pihak perbankan menjadi elemen penting untuk penyelenggaraan #DIATF 2023. Tak kurang dari 5 bank BUMN dan swasta Indonesia yakni BCA, BNI, BRI, Mandiri, CIMB Niaga.

Bank Mandiri berpartisipasi untuk menyukseskan event #DIATF 2023, dengan memberikan cashback Rp 500.000 untuk setiap pembelanjaan minimum Rp 3.000.000 dan cicilan 0% selama 3 bulan. 

Bank Mandiri juga memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin bertransaksi di dalam negeri melalui fitur pembayaran scan QRIS yang mudah diakses di aplikasi livin’ by mandiri. 

BCA menyediakan promo cashback hingga Rp500.000 dan cicilan 0% selama 3 bulan untuk mempermudah para wisatawan.

Dalam event ini, BNI mengajak pelanggan yang belum memiliki Kartu Kredit BNI untuk bisa langsung apply secara online melalui e-form dengan klik link bit.ly/BNICC-DiIATF dan bisa mendapatkan cashback Rp 1 juta dengan syarat transaksi minimum akumulasi Rp 2 juta dalam 2 bulan pertama sejak kartu disetujui.

Sementara itu, maskapai penerbangan domestik Air Asia, Citilink, Garuda Indonesia, Pelita Air pun memberikan potongan harga khusus agar harga tiket pesawat domestik semakin terjangkau. 

Selain itu, Sriwijaya, Nam Air dan Trans Nusa turut mendukung melalui penyediaan seat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…