Layanan Ninja Xpress Seller Booster Bantu Optimalkan Penjualan UKM Selama Ramadan 2023

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 Mei 2023 - 09:58 WIB

Layanan Ninja Xpress Seller Booster
Layanan Ninja Xpress Seller Booster

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia mencatatkan peningkatan pengiriman lebih dari 30% pada periode Ramadan tahun 2023 dibandingkan dengan periode yang sama pada hari biasa. Selain itu, selama Ramadan, layanan Ninja Xpress Seller Booster yang terdiri dari Creative Business Solutions juga mendukung UKM melalui live selling, endorsement, serta foto dan video produk di Creative Hub. Layanan ini dipercaya dapat membantu pelaku UKM meningkatkan penjualan mereka selama Ramadan tahun ini.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress mengatakan, "Seiring dengan terus meningkatnya akselerasi transformasi digital, pelaku UKM atau Shipper Ninja Xpress mempercayakan inovasi pemasaran bisnisnya kepada Ninja Xpress melalui layanan Ninja Xpress Seller Booster. Layanan ini hadir untuk membantu shipper mengembangkan bisnis mereka dengan memberikan solusi pemasaran. Sebagai perusahaan jasa pengiriman, Ninja Xpress juga mencatatkan peningkatan jumlah pengiriman dibandingkan hari biasa. Terima kasih kepada driver kami yang telah bekerja tanpa lelah selama periode  ini untuk memastikan semua paket diterima tepat waktu. Selain itu, selama Ramadan hingga Idulfitri lalu customer service kami tetap beroperasi penuh untuk memberikan respon cepat dan resolusi tepat bagi setiap kebutuhan shipper.”

Catatan Pengiriman Ninja Xpress

Berdasarkan catatan Ninja Xpress, lebih dari 90% paket yang dikirimkan oleh Ninja Xpress pada periode Ramadan 2023 merupakan paket yang berukuran kecil (paket yang berukuran maksimal 20x11x7cm) yang didominasi kosmetik, aksesoris fashion seperti baju, jam tangan, kacamata, sepatu dan lain-lain. Adapun kategori jenis paket lainnya dibagi menjadi paket medium (30x20x12cm) dan paket besar (35x30x20) mengalami peningkatan lebih dari 10% selama Ramadan tahun ini.

Selama Ramadan tahun ini, UKM/shipper Ninja Xpress dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menjadi daerah pengiriman terbanyak. Sementara, Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah menjadi daerah tujuan pengiriman terbanyak selama Ramadan 2023.

Layanan Ninja Xpress Seller Booster siap bantu shipper menjalankan operasional bisnis dari awal hingga akhir (end-to-end solution), sehingga mereka bisa lebih mengefisienkan biaya sekaligus membantu untuk naik kelas. Shipper bisa memanfaatkan layanan ini untuk membantu mengadopsi tren penjualan terkini, seperti live selling, endorsement, hingga membuat foto dan video produk secara profesional untuk meningkatkan penjualan.

Ninja Xpress Seller Booster Spesial Ramadan

Gita, Marketplace Specialist PT Ethix Distribusi Nusantara, yang menjadi salah satu shipper Ninja Xpress, mengatakan layanan Ninja Xpress Seller Booster, khususnya live selling membantu menyelesaikan tantangan-tantangan yang dihadapi selama proses live selling berlangsung.

"Ada dua produk herbal yang menggunakan layanan live selling dari Ninja Xpress, yaitu Freshmag dan Etawalin. Sebelumnya, kami pernah live selling menggunakan vendor lain namun kami memilih menggunakan layanan live selling Ninja Xpress yang menyediakan alat-alat yang lengkap, host yang professional, hingga studio yang real dan bukan green screen, sehingga hasilnya lebih bagus dan memuaskan. Bahkan, perbandingan penjualannya mencapai 10:80 persen, dibandingkan saat live selling menggunakan vendor sebelumnya," jelas Gita.

Shipper lainnya, Mafa Co dan Ghazmart yang merupakan shipper Ninja Xpress yang menggunakan fasilitas foto produk dan endorsement dari Ninja Xpress untuk meningkatkan penjualan juga mengalami peningkatan pemesanan produk yang signifikan selama Ramadan.

"Kami menggunakan foto dan video produk di Creative Hub Ninja Xpress untuk konten iklan di Facebook Ads. Hasilnya, ada perubahan dari segi CTR (rasio klik-tayang) lebih bagus dan konversi penjualan yang meningkat. Bahkan selama Ramadan, penjualan produk naik drastis minimal 100-200 pengiriman, dibandingkan dengan hari biasanya yang hanya 100 pengiriman," ungkap Yadi, owner Mafa Co.

Senada dengan Yadi, owner Ghazmart, Faza Triawan, owner Ghazmart, juga menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, layanan endorsement dari Ninja Xpress membantu untuk meningkatkan branding dan penjualan produk mereka.

“Penjualan produk kami setiap bulannya meningkat. Salah faktornya karena menggunakan endorsement dari Ninja Xpress. Melalui endorsement, produk kami semakin dikenal dan kami bisa mempunyai konten dengan influencer terkenal yang dapat digunakan untuk iklan di media sosial," jelas Faza.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Workshop dan Raker Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:23 WIB

Indonesia Diproyeksi Menjadi Negara Produsen Wakaf di Dunia

Dengan potensinya yang besar, Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara produsen wakaf terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah bahkan telah memasukan keuangan syariah…

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:54 WIB

Danamon Ajak Nasabah Menavigasi Hidup Optimal dan Raih Kesejahteraan Finansial di IIMS 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) bersama dengan Fimela, Otoasia.com, dan KIS FM, menghadirkan edukasi tentang pencapaian hidup optimal melalui hobi dan kesejahteraan finansial.…

Big Bad Wolf Books gelar Pekan Grosir di ITC Kuningan Jakarta.

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:50 WIB

Big Bad Wolf Books Gelar Pekan Grosir Perdana di Jakarta

Big Bad Wolf Books (BBW) hadirkan Pekan Grosir BBW di ITC Kuningan Jakarta. Hadirkan koleksi buku-buku berkualitas dari berbagai genre dengan harga grosir yang mencengangkan.

Peserta Raker dan Workshop Forjukafi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:09 WIB

Wakaf Uang Perlu Akselerasi Agar Potensinya yang Sebesar Ro 180 Triliun Terserap

Wakaf uang merupakan salah satu jenis wakaf yang memiliki potensi sangat besar di Indonesia. Potensinya mencapai RP 180 triliun per tahun. Meski begitu sejak dicanangkan sejak 2010, potensi…

Petugas memberikan vaksinasi ke Sapi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:46 WIB

Kementan Kendalikan PMK di Pasuruan, Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rutin

Menindaklanjuti adanya pemberitaan terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Pasuruan, Jawa Timur, Kementerian Pertanian melalui Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen…