Rizkan Chandra Berpulang Setelah Merampungkan PR Besar

Oleh : Hariyanto | Minggu, 16 Juli 2017 - 11:33 WIB

Direktur Utama PT Semen Indonesia, Rizkan Chandra
Direktur Utama PT Semen Indonesia, Rizkan Chandra

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk periode 2016 - 2020, Rizkan Chandra, tutup usia pada Sabtu (15/7/2017). Pria kelahiran Jakarta, 27 Januari 1969 tersebut meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta pada pukul 15.45 WIB. Almarhum akan dimakamkan pada hari ini Minggu (16/7/2017) di pemakaman San Diego Hills.

Semasa hidupnya, alumnus jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1987 tersebut, dikenal sebagai sosok profesional muda yang berpengalaman dan memiliki banyak prestasi.

Sebelum bergabung dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, kepemimpinannya dalam dunia bisnis telah teruji selama menjabat sebagai Direktur Network, IT & Solution PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, Komisaris PT Telkomsel, dan Direktur Utama PT Sigma Cipta Caraka.

Pada Januari 2015, Rizkan Chandra mengemban tugas sebagai Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pada RUPS 2016, Rizkan yang belum lama di PT Semen Indonesia diangkat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk periode 2016-2020.

Meski belum lama menjabat sebagai direktur utama, Rizkan langsung berhasil meningkatkan kinerja Semen Indonesia secara signifikan sehingga membuatnya dinobatkan sebagai Best CEO 2016 oleh majalah Warta Ekonomi dan CEO Inspiratif Jawa Tengah 2016 oleh Suara Merdeka Network.

Tak hanya itu saja, Rizkan Chandra juga berhasil membawa PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyabet penghargaan sebagai Best Managed Companies di ajang Asia's Best Companies ditahun yang sama.

Di era kepemimpinannya di Semen Indonesia, Rizkan juga menghadapi tantangan tak ringan. Protes sejumlah kalangan atas pembangunan dan rencana operasi pabrik Semen Rembang milik PT Semen Indonesia tak kunjung reda. Dia menghadapi ini dengan smooth dan smart.

Kendati tak banyak memberikan komentar dan pernyataan di media massa, dia terus bekerja keras merealisasikan pembangunan dan operasi pabrik semen dengan kapasitas produksi 3 juta ton per tahun tersebut. Kini persoalan pabrik Semen Rembang rampung. Ini salah satu pekerjaan rumah (PR) besar Rizkan saat memimpin Semen Indonesia.

Ekspansi korporasi juga terus digenjot. Selain pabrik Semen Rembang di Kabupaten Rembang, di era kepemimpinan Rizkan korporasi juga sedang menjalankan aksi bisnisnya dengan pembangunan pabrik semen di Aceh dan Kupang (NTT).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seruan Masyarakat Menyelamatkan Tanah

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:52 WIB

Seruan Masyarakat Untuk Menyelamatkan Tanah Bergaung di Kota-Kota Besar Indonesia

Desakan ini terus menggaung seiring dengan diselenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) COP15 Perserikatan Bangsa-Bangsa Untuk Melawan Desertifikasi (UNCCD) di Abidjan, Pantai Gading, 9-20…

Danau Tekapo, Selandia Baru (www.tripzilla.id)

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:45 WIB

Mulai Juli 2022, Selandia Baru Buka Perbatasan sepenuhnya untuk Wisatawan Asing

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern baru-baru ini mengumumkan bahwa negara itu akan sepenuhnya membuka kembali perbatasan internasionalnya mulai 31 Juli 2022. Hal yang serupa juga berlaku…

Tim Indonesia, Arabic Braille Converter

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:44 WIB

Bikin Bangga, Tim Indonesia Masuk Lima Besar Hackathon Microsoft AI for Accessibility Tingkat Asia Pasifik

Tim dari Indonesia, Arabic Braille Converter, berhasil terpilih sebagai lima besar kompetisi Hackathon Microsoft AI for Accessibility (AI4A) tingkat Asia Pasifik. Di tahun ketiganya, Hackathon…

 Maybank Indonesia Hadirkan Solusi untuk Wujudkan Properti Idaman Melalui Pembiayaan Properti iB

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:38 WIB

Terungkap Cara Maybank Indonesia Wujudkan Properti Idaman Melalui Pembiayaan Properti iB

Jakarta – PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank menggiatkan kembali produk pembiayaan properti yang ditujukan bagi seluruh…

Peresmian PLTGU di Kawasan Industri Tenayan Riau

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:38 WIB

PLTGU di Kawasan Industri Tenayan Riau Beroperasi, Daya Kelistrikan Sumatera Bakal Naik Jadi 7.266 MW

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau berkapasitas 275 megawatt (MW) yang berlokasi di Kawasan Industri Tenayan, Pekanbaru, Riau telah diresmikan pada Kamis (12/5/2022).