Tingkatkan PAD, Pemkab Badung Bali Kembangkan Potensi Wisata MICE

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 16 Juli 2017 - 07:43 WIB

Soori Main pool , Bali
Soori Main pool , Bali

INDUSTRY.co.id - Mangupura- Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melirik potensi wisatawan "meeting, incentive, convention, and exhibition" (MICE) untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya contohkan Pemkab Badung melakukan investasi membangun ruang pertemuan di BNDCC, Nusa Dua, karena wisatawan MICE mulai meningkat ke Bali," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa di Mangupura, Kamis (14/7/2017)

Hal ini dapat dijadikan suatu langkah yang sebelumnya menjadi masukan DPRD Badung yang menginginkan Pemkab Badung melakukan investasi untuk meningkatkan PAD. Selain itu, cara lain untuk meningkatkan PAD dengan membangun stadion bertaraf internasional.

"Rencanan pembangunan stadion yang bertaraf internasional ini dilakukan, untuk membangkitkan rencana wisata olah raga. Ini saya setuju," ujarnya.

Terkait kajian rekayasa detail (detail engineering design/DED) untuk induk perusahaan (holding company) dalam investasi yang dilakukan Pemkab Badung, kata dia, sudah dirancang, namun, akan segera dilakukan pengecekan proses dan tindak lanjutnya.

"Saya akan melakukan kroscek lagi di Litbang, karena sampai saat ini saya belum melihat berapa anggaran kajian untuk `holding company` ini," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Badung Made Sunarta mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Badung dapat meningkatkan perolehan pendapatan.

"Upaya ini diyakini, karena Badung adalah kabupaten yang sedang memperoleh pendapatan yang bayak dari sektor jasa pariwisatanya," ujarnya.

Apabila ingin menambah pendapatan tersebut, pihaknya menyaranka agar Pemkab Badung lebih meningkatkan PAD melalui inovasi dengan melakukan investasi.

Sunarta yang merupakan, Bendesa Adat Abianbase ini mengharapkan, ke depannya Pemerintah Kabupaten Badung memikirkan sumber pendapatan baru selain sektor pariwisata itu sendiri.

"Selama ini, memang Pemerintah sudah melakukan investasi seperti ikut dalam penyertaan modal di BPD Bali, Jalan Tol. Namun, hal itu masih kurang," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi investai yang akan dilakukan pemerintah untuk tetap mempertahankan iklim pariwisata di Badung. Namun, untuk menjaga iklim pariwisata ini tetap baik, perlu dengan membangun sejumlah jalan baru untuk memecah kemacetan di Badung Selatan. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Kementan tinjau Duren yang akan diekspor

Senin, 23 September 2019 - 22:06 WIB

Inovasi Satu Klik Dukung Pertumbuhan Ekspor Pertanian Sumut

Belawan -- Ekspor sejumlah komoditas hortikultura asal Sumatera Utara (Sumut) terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data pada sistem IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) di…

Salah satu tanaman hortikultura

Senin, 23 September 2019 - 22:01 WIB

Buka Lahan Tanpa Dibakar, Petani Riau Kembangkan Hortikultura

Pekanbaru - Tengku Rafli, Petani kebun di Kelurahan Agro Wisata, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru sukses mengubah lahan 10 hektar milik negara menjadi lahan produktif untuk tanaman hortikultura.…

Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kanan) dan Juara 2 Point Blank Woman Championship 2019 Moscow Indri Sherlyana Tunggal (kiri)

Senin, 23 September 2019 - 21:53 WIB

Telkom Luncurkan IndiHome Paket Premium Kecepatan Hingga 300 Mbps

Surabaya – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berupaya memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi seluruh segmen pelanggannya. Kali ini, Telkom mempersembahkan IndiHome…

President PT Samsung Electronics Indonesia JaeHoon Kwon dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Didik Suhardi seusai penandatanganan Samsung Indonesia Cerdas (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 23 September 2019 - 21:15 WIB

Samsung Indonesia Cerdas Dongkrak Kompetensi Pendidikan di Indonesia

Samsung Electronics Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia menandatangani kesepakatan "Samsung Indonesia Cerdas" dan memperkuat kemitraan pemerintah dan swasta di bidang…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Senin, 23 September 2019 - 21:00 WIB

Pancaroba Politik, Rizal Ramli: Perubahan di Indonesia Bisa Maju Atau Justru Mundur

Tokoh nasional Rizal Ramli mengatakan, Indonesia tengah memasuki pancaroba. Namun, yang dimaksud bukan terkait dengan perubahan cuaca, melainkan perubahan politik.