Tingkatkan PAD, Pemkab Badung Bali Kembangkan Potensi Wisata MICE

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 16 Juli 2017 - 07:43 WIB

Soori Main pool , Bali
Soori Main pool , Bali

INDUSTRY.co.id - Mangupura- Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melirik potensi wisatawan "meeting, incentive, convention, and exhibition" (MICE) untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya contohkan Pemkab Badung melakukan investasi membangun ruang pertemuan di BNDCC, Nusa Dua, karena wisatawan MICE mulai meningkat ke Bali," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa di Mangupura, Kamis (14/7/2017)

Hal ini dapat dijadikan suatu langkah yang sebelumnya menjadi masukan DPRD Badung yang menginginkan Pemkab Badung melakukan investasi untuk meningkatkan PAD. Selain itu, cara lain untuk meningkatkan PAD dengan membangun stadion bertaraf internasional.

"Rencanan pembangunan stadion yang bertaraf internasional ini dilakukan, untuk membangkitkan rencana wisata olah raga. Ini saya setuju," ujarnya.

Terkait kajian rekayasa detail (detail engineering design/DED) untuk induk perusahaan (holding company) dalam investasi yang dilakukan Pemkab Badung, kata dia, sudah dirancang, namun, akan segera dilakukan pengecekan proses dan tindak lanjutnya.

"Saya akan melakukan kroscek lagi di Litbang, karena sampai saat ini saya belum melihat berapa anggaran kajian untuk `holding company` ini," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Badung Made Sunarta mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Badung dapat meningkatkan perolehan pendapatan.

"Upaya ini diyakini, karena Badung adalah kabupaten yang sedang memperoleh pendapatan yang bayak dari sektor jasa pariwisatanya," ujarnya.

Apabila ingin menambah pendapatan tersebut, pihaknya menyaranka agar Pemkab Badung lebih meningkatkan PAD melalui inovasi dengan melakukan investasi.

Sunarta yang merupakan, Bendesa Adat Abianbase ini mengharapkan, ke depannya Pemerintah Kabupaten Badung memikirkan sumber pendapatan baru selain sektor pariwisata itu sendiri.

"Selama ini, memang Pemerintah sudah melakukan investasi seperti ikut dalam penyertaan modal di BPD Bali, Jalan Tol. Namun, hal itu masih kurang," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi investai yang akan dilakukan pemerintah untuk tetap mempertahankan iklim pariwisata di Badung. Namun, untuk menjaga iklim pariwisata ini tetap baik, perlu dengan membangun sejumlah jalan baru untuk memecah kemacetan di Badung Selatan. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…